Bocoran !!! Kunci Jawaban Buku Paket Halaman 39 40 Kelas 7 IPA semester 2

KUNCI JAWABAN BUKU PAKET- pada kunci jawaban Halaman 39, 40, buku IPA Kelas V11 Semester 2 Kurikulum 2013, soal pada kunci jawaban ini bersumber dari buku ilmu pengetahuan alam (ipa) Siswa edisi revisi 2017. Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 7 Kunci Jawaban Buku Paket halaman 39 Kunci Jawaban Buku Paket halaman 40 Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 kurikulum 2013 Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2 Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 terbaru Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 7 Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 buku ipa
KUNCI JAWABAN BUKU PAKET- pada kunci jawaban Halaman 39, 40, buku IPA Kelas V11 Semester 2 Kurikulum 2013, soal pada kunci jawaban ini bersumber dari buku ilmu pengetahuan alam (ipa) Siswa edisi revisi 2017.

    Daftar Isi :
  1. Kunci Jawaban Halaman 39
  2. Kunci Jawaban Halaman 40
Kunci Jawaban IPA kelas 7 semester 2 halaman 39, 40 ini terdiri dari satu halaman yang terdapat pada buku siswa. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kekampuan dan minat belajar siswa.

dalam pembahasan IPA kelas V11 semester 2 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi simplenews.me untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada halaman 39, 40 ini.

Kunci Jawaban IPA kelas 7 semester 2 halaman 39 40
Kunci Jawaban Buku Paket IPA kelas 7 semester 2 halaman 39 40 Kurikulum 2013



Kunci Jawaban Halaman 39


Kegiatan 2.4 Mengetahui bentuk saling ketergantungan

Setiap makhluk hidup memiliki kebutuhan yang berbeda dari makhluk hidup atau komponen ekosistem yang satu dengan yang lain. Oleh karena itu, ada berbagai macam bentuk saling ketergantungan antarmakhluk hidup. Buatlah pertanyaan berdasarkan deskripsi tersebut.

Bahan atau alat yang dibutuhkan

1. Alat tulis
2. Kaca pembesar (bila perlu)

Lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Perhatikan dan amatilah ekosistem sawah, kolam ikan, lapangan rumput, atau ekosistem lain di sekitar sekolahmu.

2. Dapatkah kamu menentukan bentuk saling ketergantungan antara komponen-komponen dalam ekosistem?

Jawaban :

1. Kita akan melakukan pengamatan terhadap ekosistem sawah, kolam ikan, lapangan rumput dll. Kita mengamati hal - hal tersebut.

2. Iya, karena komponen komponen dalam ekosistem tersebut saling membutuhkan satu sama lain.




Kunci Jawaban Halaman 40


Petunjuk Keselamatan Kerja Hati-hatilah dalam melakukan pengamatan, jangan memetik tumbuhan dan jangan melakukan kontak langsung dengan hewan yang kamu temui, cucilah tangan kamu setelah melakukan kegiatan ini.

3. Catat hasil pengamatanmu pada tabel berikut.

Catat hasil pengamatanmu pada tabel berikut
Jawaban :

1.Kupu kupu dengan bunga
Simbiosis mutualisme: kupu" mendapatkan sari dari bunga,sedangkan bunga mendapatkan keuntungan berupa penyerbukan. 

2.Ikan hiu dengan ikan Remora
Simbiosis mutualisme:Ikan Remora mendapat makanan dari ikan hiu berupa lumut/bakteri,sedangkan ikan hiu badannya akan bersih

3.Cacing Pita dengan usus manusia
Simbiosis Parasitisme:Cacing Pita mendapat makanan dari usus,sedangkan usus mendapatkan kerugian

4.Tanaman Benalu dengan Pohon Mangga (inangnya)
Simbiosis Komensalisme:Tanaman benalu akan mendapatkan sari makanan dan inangnya akan diambil sari sari makanannya.Sehingga tanaman benalu mendapatkan keuntungan,sedangka pohon mangga (inangnya) mengalami kerugian.

5.Tali Putri dengan Tanaman Beluntas
Simbiosis Parasitisme:Tanaman Beluntas dapat menyerap air hara dalam Tali Putri sehingga Tanaman Beluntas mendapatkan untungan, sedangkan Tali Putri mengalami kerugiaan.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

1. Bentuk saling ketergantungan organisme-organisme yang kamu temukan adalah...

2. Contoh bentuk saling ketergantungan adalah...

Presentasi Presentasikan hasil pengamatanmu di depan kelas.

Jawaban :

1. - mutualisme
- komensalisme
- parasitisme

2.kerbau dgn jalak (mutualisme)
pohon mangga dgn bunga anggrek (komensalisme)

Jawaban Alternatif 1 :


1. Mutualisme, komensalisme, parasitisme dan amensalisme 

2. Mutualisme = lebah/ kupu kupu menghisap nektar bunga. Parasitisme = tali putri yg hidup menempel pada tanaman beluntas, cacing gelang yg hidup diusus manusia. Komensalime = tanaman anggrek dengan pohon yg ditumpanginya, ikan remora yg berenang disekitar ikan hiu. Amensalisme = tanaman Eucalyptus dengan tanaman yang ada disekitarnya


Jawaban Alternatif 2 :

1.) - Simbiosis Mutualisme -Simbiosis Komensalisme -Simbiosis Parasitisme 

2.) Simbiosis Mutualisme = Bunga dan lebah. Simbiosis Komensalisme = Hiu dan ikan remora. Simbiosis Parasitisme = Cacing pita dan Usus.

Wawasan Tambahan:

 Interaksi antara makhluk hidup dalam suatu ekosistem dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu hubungan yang merugikan salah satu makhluk hidup (antagonisme) serta hubungan hubungan yang menguntungkan salah satu makhluk hidup (protagonisme).

Hubungan Protagonisme dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Mutualisme

Yaitu hubungan antar spesies dimana kedua spesies yang ebrinteraksi saling diuntungkan.

Misalnya adalah lumut kerak, yang terbentuk akibat interaksi jamur dan alga. Alga mendapatkan sumber air dan zat hara dari jamur, dan jamur mendapatkan hasil fotosintesis dari alga.

2. Komensalisme

Yaitu hubungan antar spesies dimana satu spesies untuk, namun spesien lain tidak dirugikan.

Misalnya adalah kerang-kerang yang menempel di tubuh ikan paus. Kerang mendapat tempat inggal, namun paus tidak dirugikan.

Hubungan antagosnime dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Kompetisi

Yaitu hubungan antar spesies dimana spesies-spesies ini bersaing dalam memperebutkan sumber daya, seperti mangsa, sumber minum, tempat tinggal, dan sebagainya. Akibat kompetisi, akan terjadi seleksi alam..

Contoh kompetisi adalah macan tutul dan singa yang sama-sama berburu antelop.

2. Parasitisme

Yaitu hubungan antar spesies dimana satu spesies mendapat untung, namun spesies lain mendapat kerugian, bahkan kematian.

Contoh parasitisme adalah cacing pitayang hidup di dalam lambung sapi, babi dan manusia.

3. Amensalisme

Yaitu hubungan antar spesies dimana satu spesies mendapat kerugian, atau bahkan kematian. Namun spesies lainya tidak mendapatkan keuntungan apapun.

Contoh amensalisme adalah pohon mangga yang rindang, yang menutupi pohon kecil dibawahnya sehingga layu.

4. Predasi

Yaitu hubungan antar spesies dimana satu spesies memangsa spesies lainya. Umumnya ini adalah hewan karnivora yang memangsa hewan lain tuntuk mendapatkan makanan. Pada kasus-kasus khusus dimana hewan pemangsa dan dimangsa berada dalam satu spesies, maka predasi ini disebut dengan kanibalisme.

Contoh predatisme adalah singa yang memakan antelop. Sementara bila singa ini memangsa sesama singa maka disebut dengan kanibalisme.

Demikian Kunci Jawaban IPA kelas 7 semester 2 halaman 39 40. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket.

kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban IPA kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 7
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 39
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 40
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 kurikulum 2013
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2 kurikulum 2013
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 terbaru
  • Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 7
  • Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 buku ipa