Bocoran !!! Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 7 IPA Halaman 44 45 46 Semester 2

KUNCI JAWABAN BUKU PAKET- pada kunci jawaban Halaman 44, 45, 46, buku IPA Kelas V11 Semester 2 Kurikulum 2013, soal pada kunci jawaban ini bersumber dari buku ilmu pengetahuan alam (ipa) Siswa edisi revisi 2017. Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 7 Kunci Jawaban Buku Paket halaman 44 Kunci Jawaban Buku Paket halaman 45 Kunci Jawaban Buku Paket halaman 46 Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 kurikulum 2013 Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2 Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 terbaru Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 7 Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 buku ipa
KUNCI JAWABAN BUKU PAKET- pada kunci jawaban Halaman 44, 45, 46, buku IPA Kelas V11 Semester 2 Kurikulum 2013, soal pada kunci jawaban ini bersumber dari buku ilmu pengetahuan alam (ipa) Siswa edisi revisi 2017.

    Daftar Isi :
  1. Kunci Jawaban Halaman 44
  2. Kunci Jawaban Halaman 45
  3. Kunci Jawaban Halaman 45
Kunci Jawaban IPA kelas 7 semester 2 halaman 39, 40 ini terdiri dari satu halaman yang terdapat pada buku siswa. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kekampuan dan minat belajar siswa.

dalam pembahasan IPA kelas V11 semester 2 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi simplenews.me untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada halaman 39, 40 ini.

Kunci Jawaban IPA kelas 7 semester 2 halaman 39 40
Kunci Jawaban Buku Paket IPA kelas 7 semester 2 halaman 44 45 46 Kurikulum 2013




Kunci Jawaban Halaman 44


Uji kompetensi 

Perhatikan Gambar 2.13 berikut ini.

Ekosistem Sawah dan Berbagai Permasalahannya

Ekosistem Sawah dan Berbagai Permasalahannya


Ekosistem sawah merupakan salah satu ekosistem buatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Tumbuh-tumbuhan yang dikembangkan pada ekosistem sawah umumnya merupakan produk-produk pertanian, seperti padi. Namun, pada kenyataannya padi bukan hanya sumber makanan pokok bagi manusia, tetapi juga bagi makhluk hidup lainnya. Akibatnya, terjadi aliran energi dan materi dari padi ke beberapa makhluk hidup lainnya yang mengakibatkan menurunnya jumlah sumber makanan pokok manusia. Salah satu contoh makhluk hidup pemakan padi pada ekosistem sawah adalah serangga.

Banyaknya serangga yang mencari makanan pada ekosistem sawah mengundang kehadiran katak pemangsa serangga. Akibatnya, para petani juga harus berhadapan dengan katak yang banyak berada di sawah. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas pertanian masyarakat. Oleh karena itu, petani melakukan banyak upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berdasarkan uraian di atas, jawablah pertanyaan berikut dengan benar.

1. Jika para petani melakukan pemberantasan serangga, apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak? Jelaskan.

Jawaban :

Jika para petani melakukan pemberantasan serangga, maka populasi padi akan meningkat dan populasi katak akan menurun.

Wawasan Tambahan :

Jika para petani melakukan pemberantasan serangga, maka populasi padi akan meningkat dan populasi katak akan menurun. Factor yang mungkin mempengaruhi ekosistem sawah antara lain bencana alam seperti misalnya banjir atau kekeringan. Komponen abiotik pada ekosistem sawah antara lain tanah, air, udara, batu, cahaya matahari.




Kunci Jawaban Halaman 45


2. Apa saja yang mungkin memengaruhi keseimbangan ekosistem sawah tersebut? Coba identifikasikanlah 5 komponen abiotik yang ada.

Jawaban : Factor yang mungkin mempengaruhi ekosistem sawah antara lain bencana alam seperti misalnya banjir atau kekeringan yang akan mematikan padi sebagai produsen. Penggunaan pestisida oles para petani juga dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem karena matinya serangga.
Komponen abiotik pada ekosistem sawah antara lain tanah, air, udara, batu, cahaya matahari.

3. Apa yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena suatu bencana alam, misalnya terjadi banjir?

Jawaban : Jika produsen dalam ekosistem sawah rusak karena bencana alam misalnya banjir, maka serangga sebagai konsumen primer juga akan mengalami kekurangan makan sehingga akan banyak yang mati, demikian juga katak sebagai konsumen sekunder akan kekurangan makan karena serangga banyak yang mati. Ular sebagai konsumen ketiga juga akan banyak yang mati karena katak yang merupakan makanan ular banyak yang mati. Elang sebagai konsumen terakhir juga akan banyak yang mati karena ular sebagai makanan elang banyak yang mati. Kesimpulannya, jika produsen punah. Maka akan diikuti oleh kepunahan semua makhuk hidup pada rantai makanan tersebut.


4. Mengapa (padi, serangga, katak, ular, dan elang) dapat hidup di satu tempat yang sama, yaitu ekosistem sawah? Jelaskan jawabanmu berdasarkan Gambar 2.13.

Jawaban : Padi, serangga, katak, ular dan elang dapat hidup bersama di ekosistem sawah karena terjadi suatu perpindahan energy dalam bentuk rantai makanan yang menyediakan makanan untuk bertahan hidup.

5. Apabila pada ekosistem sawah tersebut tidak ada ular, coba jawab hal-hal yang akan terjadi berikut ini.
a. Apa yang akan terjadi dengan populasi katak pada ekosistem sawah tersebut?

b. Apa yang akan terjadi pada populasi elang pada ekosistem sawah tersebut?

c. Apa dampak yang ditimbulkan pada aktivitas pertanian yang dilakukan oleh para petani pada eksosistem sawah tersebut?

Jawaban :

A. Jika pada ekosistem sawah tidak ada ular, maka populasi katak akan sangat banyak dan jumlahnya menjadi tidak dapat dikendalikan.

B. Jika pada ekosistem sawah tidak ada ular, maka populasi elang akan punah karena elang mendapatkan energy untuk hidup dengan memakan ular.


C. Dampak yang ditimbulkan akibat aktivitas pertanian pada ekosistem sawah misalnya penyemprotan serangga adalah rusaknya ekosistem sawah karena salah satu anggota rantai makanan jumlahnya menurun atau jumlahnya menjadi tidak seimbang pada rantai makanan di ekosistem tersebut.


6. Perhatikan gambar berikut!

Perhatikan gambar berikut
Sebuah pabrik terletak berdekatan dengan sungai yang mengalir melalui perumahan. Pabrik ini beroperasi setiap hari. Penduduk perumahan yang terletak di sebelah timur sungai sering mengalami permasalahan iritasi pada mata mereka, sedangkan penduduk sebelah barat tidak mengalaminya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Jelaskan.

Jawaban :

Pabrik tersebut mengeluarkan gas buang dari cerobong asap berupa asap yang tebal, pekat dan berwarna hitam. Gas buang tersebut akan menyebabkan terjadi nya polusi udara di sekitar pabrik. Jika asap pabrik tersebut mengandung zat kimia berbahaya maka akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat di sekitarnya, misalny bila kena mata, maka akan menimbulkan iritasi mata.

Jika diperhatikan pada gambar denah yang tertera pada soal, dapat kita lihat bahwa arah angin bertiup dari barat ke timur sehingga gas buang dari pabrik otomatis akan mengarah ke timur sehingga masyarakat di sebelah timur pabrik akan mengalami iritasi mata sebagai dampak gas buang dari cerobong asap pabrik tersebut.



Kunci Jawaban Halaman 46


7. Gambar di bawah ini memperlihatkan contoh saling ketergantungan yang terjadi pada organisme perairan. Sepanjang hari, organisme-organisme tersebut memberi atau memanfaatkan (a) atau (b) seperti dalam gambar.

organisme perairan

Apakah gambar (a) dan (b) diatas dapat mewakili saling ketergantungan organisme? Jelaskan.

Jawaban :

A) merupakan oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan hijau atau alga sebagai produsen pada proses fotosintesis.

B) merupakan karbon dioksida yang merupakan hasil respirasi hewan sebagai konsumen.


Gambar tersebut dapat mewakili hubungan saling ketergantungan karena tumbuhan hijau atau alga memerlukan karbon dioksida sebagai bahan dasar fotosintesis dan akhirnya dapat menghasilkan oksigen, sedangkan hewan-hewan memerlukan oksigen untuk bernapas atau respirasi dan menghasilkan zat sisa berupa karbon dioksida yang dapat dipakai untuk fotosintesis oleh tumbuhan.


Demikian Kunci Jawaban IPA kelas 7 semester 2 halaman 39 40. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket.

kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban IPA kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 7
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 44
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 45
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 46
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 kurikulum 2013
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2 kurikulum 2013
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 terbaru
  • Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 7
  • Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 buku ipa