Bocoran !!! Kunci Jawaban Buku Paket Halaman 26 27 Kelas 7 IPA Uji Kopetensi

KUNCI JAWABAN BUKU PAKET- pada kunci jawaban Halaman 26, 27, buku IPA Kelas V11 Semester 2 Kurikulum 2013, soal pada kunci jawaban ini bersumber dari buku ilmu pengetahuan alam (ipa) Siswa edisi revisi 2017. Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 7 Kunci Jawaban Buku Paket halaman 26 Kunci Jawaban Buku Paket halaman 27 Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 kurikulum 2013 Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2 Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 terbaru Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 7 Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 buku ipa
KUNCI JAWABAN BUKU PAKET- pada kunci jawaban Halaman 26, 27, buku IPA Kelas V11 Semester 2 Kurikulum 2013, soal pada kunci jawaban ini bersumber dari buku ilmu pengetahuan alam (ipa) Siswa edisi revisi 2017.

    Daftar Isi :
  1. Kunci Jawaban Halaman 26
  2. Kunci Jawaban Halaman 27
Kunci Jawaban IPA kelas 7 semester 2 halaman 26, 27 ini terdiri dari satu halaman yang terdapat pada buku siswa. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kekampuan dan minat belajar siswa.

dalam pembahasan IPA kelas V11 semester 2 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi simplenews.me untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada halaman 26, 27 ini.

Kunci Jawaban IPA kelas 7 semester 2 halaman 26 27



Kunci Jawaban Buku Paket IPA Uji Kopetensi kelas 7 semester 2 halaman 26 27 Kurikulum 2013




Kunci Jawaban Halaman 26


Uji kompetensi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.

1. Perhatikan gambar sel di bawah ini. Identifikasilah bagian-bagiannya.

Sel

Bagian-bagian yang menyusun sel tumbuhan

A. .............................................
B. .............................................
C. .............................................
D. .............................................
E. .............................................
F. .............................................
G. .............................................
H. .............................................
I. .............................................
J. .............................................
K. .............................................
L. .............................................
M. .............................................
N. .............................................

Jawaban :

Gambar tersebut merupakan sel tumbuhan.

A. Nukleus
B. Pori nukleus
C. Nukleolus
D. Selubung nukleus
E. Retikulum endoplasma kasar
F. Retikulum endoplasma halus
G. Vakuola
H. Sitoplasma
I. Kloroplas
J. Dinding sel
K. Membran sel
L. Mitokondria
M. Peroksisom
N. Badan golgi.

WAWASAN TAMBAHAN:

Struktur sel tumbuhan berbeda dengan struktur sel hewan. Berikut bagian-bagian sel tumbuhan beserta fungsinya.

gambar sel tumbuhan


Nukleus: organel inti pada sel. Nukleus ini terdiri dari nukleolus, pori nukleus, dan selubung nukleus. Dalam nukleus terkandung materi genetik  berupa kromosom yang mengandung DNA dan RNA. Nukleus ini memiliki fungsi sebagai pengatur semua aktivitas sel dengan mengkoordinasikan proses metabolisme sel berupa pertumbuhan, pembelahan, dan sintesis protein.

Retikulum endoplasma: organel yang berbentuk seperti labirin, tersusun atas membran yang berliku-liku membentuk seperti ruang-ruang. Permukaan retikulum endoplasma ada yang ditempeli oleh butiran-butiran ribosom, sehingga retikulum endoplasma ini disebut RE Kasar. Dan RE halus merupakan bagian retikulum endoplasma yang tidak ditempeli ribosom. Retikulum endoplasma ini berfungsi sebagai penghubung nukleus dan sitoplasma, selain itu juga berperan dalam manufaktur, penyimpanan, dan pengangkutan struktur glikogen, protein, steroid, dan senyawa lainnya.

Vakuola: organel terbesar pada sel tumbuhan, di bagian dalam vakuola terdapat cairan yang mengandung senyawa organik dan anorganik, serta mengandung pigmen daun, buah, bunga. Vakuola memiliki lapisan membran yang disebut sebagai tonoplas. Vakuola berfungsi sebagai tempat penyimpan protein dan zat gula, mengatur tekanan dalam sel, menstabilkan tingkat nilai PH dan mengisolasi zat sisa-sisa metabolisme sel.

Sitoplasma: yaitu cairan sel yang mengisi rongga di dalam sel. Sitoplasma mengandung banyak air dengan presentase sebesar 80%. Sitoplasma berperan sebagai media suspensi bagi partikel-partikel kecil dan organel-organel sel. Fungsi Sitoplasma adalah menyalurkan dan melarutkan zat-zat makanan yang dibutuhkan organel sel lain untuk melakukan aktivitas sel.

Kloroplas: organel sel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan. Kloroplas berbentuk bulat lonjong dan berwarna hijau, didalamnya terdapat cairan yang disebut stroma. Kloroplas memiliki 2 membran yaitu membran luar dan dalam. Bagian membran dalam terdapat stroma dan tilakoid, yaitu kantung kecil yang ditumpuk secara vertikal di dalam kloroplas. Kloroplas ini berfungsi sebagai tempat fotosintesis, sintesis asam-asam lemak, serta beberapa fungsi sehari-hari sel.

Dinding sel:  lapisan terluar sel tumbuhan yang tersusun dari selulosa yang berfungsi untuk menjaga tekanan dalam sel.

Membran sel: bagian dalam dinding sel yang melapisi sel.  Membran sel ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya zat serta berperan dalam mengatur keseimbangan internal sel.

Mitokondria: organel sel dengan bentuk bulat lonjong dengan bagian dalamnya terdapat membran yang tersusun meliuk-liuk. Mitokondria iniberfungsi untuk menghasilkan energi, mengubah oksigen dan zat gula menjadi karbondioksida dan energi melalui proses respirasi selular.

Peroksisom: organel sel berukuran kecil yang dilapisi oleh membran tunggal. Peroksisom berfungsi dalam proses fotorespirasi untuk menguraikan hidrogen peroksida, serta mengubah racun menjadi air dan oksigen serta mengubah asam lemak menjadi zat gula.

Badan golgi: organel sel dengan bentuk kantung tipis dan tersusun secara berlapis-lapis. Badan golgi ini berfungsi sebagai alat sekresi sel. Badan golgi juga berperan sebagai tempat penyimpanan sekunder protein dan zat-zat lainnya yang berasal dari retikulum endoplasma, serta juga berpedan dalam proses perubahan dari enzim yang tidak aktif menjadi enzim aktif.

2. Apa yang terjadi dengan sistem organ tertentu, jika salah satu organ penyusunnya mengalami kerusakan? Dapatkah sistem organ tersebut berfungsi dengan baik?

a. Bagian sel manakah yang menjadi penentu sel tersebut menjadi sel hidup atau sel mati?

Jawaban : Bagian sel A atau inti sel.nukleus yang menjadi penentu sel tersebut menjadi sel hidup atau sel mati.

b. Apa yang terjadi apabila organ yang ditunjuk dengan huruf (I) pada Gambar 1.21 tidak berfungsi dengan baik?

Jawaban : Yang terjadi apabila organ yang ditunjuk dengan huruf (I), yaitu kloroplas pada Gambar 1.21 tidak berfungsi dengan baik adalah proses fotosintesis pada tumbuhan akan terganggu.

c. Bagian manakah yang disebut dinding sel? Mengapa sel ini memiliki dinding sel? Jelaskan.
Bagian J yang disebut dinding sel.

Jawaban : Sel ini memiliki dinding sel karena dinding sel berfungsi untuk melindungi organel dan bagian dalam sel tersebut, dan juga berfungsi dalam mengokohkan struktur sel dari tumbuhan tersebut.




Kunci Jawaban Halaman 27


3. Perhatikan gambar sistem pencernaan di bawah ini. Sebutkan bagian-bagian yang diberi tanda dengan huruf a sampai dengan r.

gambar sistem pencernaan

Organ-organ penyusun sistem pencernaan
a . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
c . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
d . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
e . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
f . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
g . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
h . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
i . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
j . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
k . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
l . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
m . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
o . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
p . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
q . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
r . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Jawaban :

A) mulut
B) esofagus
C) lambung
D) hati
E) pankreas
F) kantung empedu 
G) duodenum
H) saluran empedu 
I) kolon transversum 
J) kolon ascenden
K) ileum
L) kolon descenden
M) ileum 
N) sekum 
O) appendiks/umbai cacing
P) kolon descenden
Q) rektrum/poros usus
R) anus

4. Mengapa mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel? Jelaskan.

Jawaban :

Mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel karena mikroskop dapat membantu melihat obyek kecil (mikroskopis) seperti sel.

WAWASAN TAMBAHAN :

Mikroskop terdiri bermacam-macam bagian dimana setiap bagian mempunyai fungsinya masing-masing. Mikroskop membantu manusia untuk melihat organisme atau benda yang berukuran kecil (mikroskopis).

Ilmu yang mempelajari benda kecil (mikro) dengan menggunakan mikroskop disebut dengan mikroskopi. Kata mikroskopik artinya adalah sangat kecil dan tidak mudah terlihat oleh mata telanjang.  

Mikroskop optis merupakan jenis paling umum dari mikroskop dan yang pertama diciptakan. Mikroskop cahaya dibedakan menjadi mikroskop diseksi dan mikroskop monokuler serta binokuler.
Mikroskop diseksi digunakan untuk mengamati bagian permukaan benda, sedangkan monokuler serta binokuler digunakan untuk mengamati bagian dalam sel.

Mikroskop monokuler merupakan mikroskop yang hanya mempunyai satu lensa okuler dan binokuler mempunyai 2 lensa okuler.

Terdapat dua bagian utama yang biasanya menyusun mikroskop, antara lain:


  1. Bagian optik yang terdiri atas lensa okuler dan lensa objektif.
  2. Bagian non optik yang terdiri atas kaki dan lengan mikroskop, diafragma, meja objek atau meja preparat, pemutar halus dan kasar, penjepit kaca objek (preparat), kondensor, cermin, dan sumber cahaya.


Fungsi bagian-bagian mikroskop sebagai berikut:

1. Lensa okuler merupakan lensa yang terletak dekat dengan mata observer. Lensa okuler berfungsi untuk membentuk bayangan maya, tegak, diperbesar dari lensa objektif.
2. Tabung mikroskop (tubus) merupakan bagian mikroskop berbentuk tabung yang berfungsi mengatur fokus dan menghubungkan lensa okuler dengan lensa objektif.
3. Revolver merupakan bagian mikroskop yang berfungsi mengatur perbesaran lensa objektif.
4. Lensa objektif merupakan lensa yang berada dekat dengan objek yang diamati. Lensa objektif berfungsi untuk membentuk bayangan nyata, terbalik, diperbesar. Pembesaran dari lensa objektif dapat dipilih dengan memutar bagian revolver yang ada pada mikroskop.
5. Meja preparat merupakan bagian mikroskop yang berfungsi untuk meletakkan objek yang diamati (preparat).
6. Kondensor merupakan bagian mikroskop yang berfungsi mengumpulkan cahaya. Bagian kondensor bisa diputar dan dinaik-turunkan.
7. Diafragma merupakan bagian mikroskop yang berfungsi mengatur sedikit banyaknya cahaya yang masuk.
8. Makrometer (pemutar kasar) merupakan bagian mikroskop yang berfungsi memfokuskan benda yang diamati dengan cepat.
9. Mikrometer (pemutar halus) merupakan bagian mikroskop yang berfungsi memfokuskan benda yang diamati dengan lambat. Ukuran mikrometer lebih kecil dibandingkan dengan makrometer.
10. Reflektor merupakan bagian mikroskop yang berfungsi memantulkan cahaya dari cermin ke objek yang diamati melewati lubang yang ada di meja objek. Reflektor terdiri dari dua macam cermin, yaitu cermin datar dan juga cermin cekung. Cermin datar digunakan pada saat cahaya yang dibutuhkan terpenuhi, sedangkan cermin cekung digunakan saat kondisi kurang cahaya karena cermin cekung dapat mengumpulkan cahaya.
11. Penjepit kaca berguna untuk menjepit objek (preparat) agar tidak bergeser-geser ketika diamati.
12. Lengan mikroskop berguna untuk pegangan pada mikroskop.
13. Sendi inklinasi atau pengatur sudut merupakan alat atau bagian dari mikroskop yang berfungsi untuk mengatur sudut tegaknya mikroskop.
14. Kaki mikroskop berguna untuk penyangga atau penopang mikroskop.



Demikian Kunci Jawaban IPA kelas 7 semester 2 halaman 26 27. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket.

kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban IPA kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 7
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 26
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 27
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 kurikulum 2013
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2 kurikulum 2013
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 terbaru
  • Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 7
  • Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 buku ipa