BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 IPA Uji Kompetensi Halaman 204 205 206 Semester 1

KUNCI JAWABAN BUKU PAKET– pada kunci jawaban Halaman 204 205 206 buku IPA Kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013, soal pada kunci jawaban ini bersumber dari buku siswa ilmu pengetahuan alam (ipa) edisi revisi 2017. untuk artikel ini kita akan dibawa pada materi Bab 4 Sistem Pencernaan Manusia.

Kunci Jawaban Kelas 8 IPA Uji Kompetensi Halaman 204 205 206 Semester 1 www.jawabanbukupaket.com

Kunci Jawaban IPA kelas 8 smp/mts semester 1 halaman 204 205 206 ini terdiri dari soal essai mengenai Uji Kompetensi  yang terdapat pada buku siswa kurikulum 2013. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kekampuan dan minat belajar siswa.

dalam pembahasan IPA Kelas VIII semester 1 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi jawabanbukupaket.com untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada halaman 204 205 206 ini.


Kelas 8 IPA Uji Kompetensi Halaman 204 205 206 www.jawabanbukupaket.com


Daftar Isi :

  • Kunci Jawaban Halaman 204
  • Kunci Jawaban Halaman 205
  • Kunci Jawaban Halaman 206
  • Kunci Jawaban Halaman 204

    Uji Kompetensi

    A. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
    1. Bahan makanan yang dikonsumsi setiap hari harus mengandung sejumlah besar bahan ….
    A. vitamin dan air
    B. air dan mineral
    C. protein dan mineral
    D. karbohidrat dan protein
    Jawaban :

    Bahan makanan sehari – hari sebagian besar mengandung karbohidrat dan protein. Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh, sedangkan protein dapat pula menghasilkan energi tetapi fungsi utamanya untuk pertumbuhan dan mengganti sel – sel tubuh yang rusak.
    2. Ketika melakukan uji makanan dengan Biuret, tampak muncul warna ungu pada bahan makanan. Hal ini menunjukkan ….
    A. makanan mengandung lemak
    B. makanan mengandung protein
    C. makanan mengandung cukup air
    D. makanan tidak mengandung karbohidrat
    Jawaban :

    Larutan Biuret merupakan larutan yang digunakan untuk menguji kandungan protein pada makanan. Jika makanan mengandung protein, maka akan terjadi perubahan warna menjadi ungu.

    3. Ketika Siti membeli makanan di warung, penjualnya membungkus dengan menggunakan kertas, ternyata pada kertas tampak noda yang membuat kertas jadi terlihat transparan. Hal ini dapat terjadi karena ….
    A. karbohidrat dari makanan bereaksi dengan kertas
    B. lemak dalam makanan tersebut mengubah sifat kertas
    C. kertas tidak cocok untuk pembungkus makanan berprotein tinggi
    D. makanan tersebut sudah kedaluwarsa karena mengubah sifat kertas
    Jawaban :

    Makanan yang mengandung lemak biasanya akan cenderung berminyak atau memiliki rasa yang gurih, misalnya pada keripik kentang dan kacang-kacangan. Kertas pembungkus menjadi transparan menandakan makanan mengandung lemak.

    4. Seseorang yang hanya mengonsumsi nasi saja dalam menu makanannya menjadi tidak sehat, karena ….
    A. dalam jumlah banyak, nasi akan merusak sistem pencernaan
    B. nasi tidak mengandung cukup protein dan lemak untuk tubuh
    C. nasi termasuk bahan yang tidak dapat dicerna dengan sempurna
    D. nasi tidak mengandung cukup karbohidrat untuk aktivitas
    normal tubuh


    Jawaban :

    Hal ini dikarenakan bahwa nasi hanya memiliki karbohidrat saja. Sedangkan tubuh juga memerlukan protein dan lemak. Hal ini nasi tidak dapat mencukupi kebutuhan tubuh.




    Kunci Jawaban Halaman 205

    5. Pada saat masa pertumbuhan sebaiknya seorang anak mendapat asupan bahan makanan yang banyak mengandung ….
    A. lemak
    B. protein
    C. mineral
    D. karbohidrat
    Jawaban :

    Lemak, protein dan karbohidrat adalah tiga makronutrien yang dibutuhkan oleh manusia, yaitu nutrisi yang didiperlukan dalam jumlah banyak.

    Di antara ketiganya, protein adalah yang paling penting bagi pertumbuhan anak. Protein adalah kelompok nutrisi yang tersusun dari senyawa-senyawa asam amino.

    6. Saat berpuasa kadar gula dalam darah menjadi rendah. Makanan yang paling cocok untuk segera memulihkan kondisi tubuh adalah ….
    A. daging
    B. putih telur
    C. air gula
    D. kuning telur
    Jawaban :

    Air gula kaya akan karbohidrat yang akan cepat diserap tubuh dan mengembalikan kadar gula darah.

    Karena itu orang yang berpuasa sering berbuka dengan menggunakan sirup, kolak, atau minuman sejenis yang banyak mengandung gula.

    7. Sistem pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama adalah …
    A. usus
    B. mulut
    C. lambung
    D. kerongkongan
    Jawaban :

    Sistem pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama adalah kerongkongan.
    8. Organ pencernaan yang bersifat sangat asam, bertugas untuk membunuh bakteri dan mencerna protein adalah ….
    A. mulut
    B. lambung
    C. usus halus
    D. usus besar
    Jawaban :

    Lambung mengandung asam lambung, yang menyebabkan keasaman tinggi dan pH yang rendah, yang memungkinkan enzim pencerna protei bekerja

    Penyusun utama asam lambung adalah asam klorida (HCl) yang bersifat sangat asam dan memiliki pH sangat rendah.

    9. Pencernaan pada tubuh manusia meliputi pencernaan ….
    A. biologis dan kimiawi
    B. mekanis dan kimiawi
    C. mekanis dan biologis
    D. kimiawi dan enzimatis
    Jawaban :

    Pencernaan mekanis terjadi saat gigi mengunyah, sementara pencernaan kimiawi berlangsung dengan bantuan berbagai enzim di dalam perut. Misalnya enzim amilase yang memecah amilum menjadi maltosa.

    10. Proses pemecahan karbohidrat dalam tubuhmu terjadi pada ….
    A. mulut dan lambung
    B. mulut dan usus halus
    C. lambung dan usus halus
    D. usus halus dan usus besar
    Jawaban :

    Proses pemecahan karbohidrat dilakukan dengan amilase. Amilase ada jua jenis yaitu amilase sativa yang dihasilkan kelenjar ludah (yang bekerja di mulut) dan amilase pankreas yang dihasilkan oleh pankreas (yang bekerja di usus halus).



    Kunci Jawaban Halaman 206


    B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut! 

    1. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan Biuret memunculkan warna ungu, ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna, dan ketika diuji dengan Benedict memunculkan warna merah bata. Mengandung bahan apakah makanan tersebut? Berikan contoh makanan tersebut! 

    Jawaban :

    Bahan makanan diuji dengan biuret terjadi perubahan warna menjadi ungu berarti mengandung protein, dan diuji dengan Benedict terjadi perubahan warna menjadi merah bata berarti mengandung zat gula.

    2. Sebutkan urutan saluran pencernaan dari awal hingga akhir! Mengapa waktu yang diperlukan makanan untuk dicerna pada tiap organ pencernaan berbeda-beda? Jelaskan! 

    Jawaban :

    Mulut, kerongkongan, lambung, usus besar, rektum, dam anus. Waktu yang diperlukan berbeda-beda karena beberapa faktor diantaranya adalah kandungan bahan makanan yang berbeda, perbedaan struktur organ pencernaan, ukuran panjang setiap organ berbeda dan enzim yang dihasilkan pada tiap organ yang berbeda.

    3. Makanan yang dikonsumsi seseorang dapat mengandung bakteri. Untuk mencegah berkembangnya bakteri tersebut, organ apakah yang dapat membunuh bakteri tersebut? Bagaimana cara kerja organ tersebut? 

    Jawaban :

    Makanan yang di konsumsi manusia bisa saja mengandung bakteri, baik itu bakteri baik ataupun jahat. Organ yang dapat membunuh bakteri tersebut adalah lambung. Makanan yang masuk ke lambung akan bertahan selama 2-5 jam dalam lambung. Pada saat itulah makanan dicerna dengan proses kimiawi, dan lambung menghasilkan getah. Salah satu kandungan yang ada pada getah lambung tersebut adalah HCl (asam klorida) yang kemudian berfungsi untuk membunuh bakteri atau kuman penyakit yang teridentifikasi pada proses pencernaan, pada pH plus-or-minus 1 minus sign 3 dari HCl. Asam ini kemudian akan langsung menyerang inti sel bakteri yang notabennya bakteri tidak akan tahan pada keasaman, dan kemudian mati serta ikut terbuang bersama proses pencernaan selanjutnya.space 

    pencernaan di lambung www.jawabanbukupaket.com
    pencernaan di lambung



    4. Apabila seseorang makan daging ayam, organ apakah yang paling berperan untuk mencerna bahan makanan tersebut secara kimiawi? 

    Jawaban :

    Apabila seseorang makan daging ayam organ yang paling berperan untuk mencerna bahan makanan tersebut secara kimiawi adalah lambung dan usus halus. Pada lambung dihasilkan enzim pepsin untuk mencerna protein menjadi pepton. Pada usus halus terdapat enzim tripsin untuk mencerna pepton menjadi asam amino.

    5. Apa yang akan terjadi pada proses pencernaan makanan, jika pankreas tidak dapat berfungsi untuk menghasilkan enzimenzimnya ke dalam usus halus?

    Jawaban :

    Fungsi pankreas salah satunya adalah menghasilkan enzim-enzim pencernaan seperti amilase (memecah karbohidrat), lipase (memecah lemak), dan tripsin (memecah protein). Tujuan pemecahan karbohidrat, lemak dan protein tersebut adalah agar senyawa-senyawa tersebut berubah menjadi molekul kecil-kecil agar bisa diserap oleh sel-sel usus. 
    Jika pankreas terganggu sehingga tidak dapat menghasilkan enzim-enzim tersebut maka proses pencernaan akan terganggu (mal-absorpsi). Tubuh kita tidak dapat menyerap sari-sari makanan yang kita makan sehingga akan kekurangan energi dengan cepat, tubuh menjadi kurus, dan jika tidak segera ditangani akan menyebabkan berbagai komplikasi.





    Demikian Kunci Jawaban buku paket siswa SMP IPA kelas 8 semester 1 halaman 204 205 206. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket.

    kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban IPA kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

    Pencarian yang paling banyak dicari :

    • Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 8
    • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 204
    • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 205
    • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 206
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 kurikulum 2013
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 semester 1
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 terbaru
    • Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 8
    • Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 buku ipa
    • Kunci Jawaban Buku Paket SMP/MTS
    • Kunci Jawaban Buku Paket semester 1
    • Kunci Jawaban Buku Paket lengkap
    • Kunci Jawaban Buku Paket terbaru
    • Kelas 8 Bab 4 Sistem Pencernaan Manusia
    • Uji Kompetensi

    Sharing is caring!