BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 11 Bahasa Indonesia Tugas Halaman 11 Semester 1

Jawabanbukupaket.com – hallo adik-adik, bagaimana kabar hari ini? semoga dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. berikut penjelasan kunci jawaban kelas 11 SMA/SMK/MA Tugas Halaman 11 Semester 1 Kurikulum 2013. soal-soal untuk kunci jawaban ini bersumber dari buku Bahasa Indonesia Siswa edisi revisi 2017.

Kunci Jawaban Kelas 11 SMA Bahasa Indonesia Tugas Halaman 11 Semester 1 www.jawabanbukupaket.com

 

Jawaban Kelas 11 Bahasa indonesia Tugas Halaman 11 Semester 1  ini terdapat Latihan  dengan pembahasan soal lengkap yang ada pada buku siswa kurikulum 2013.  artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal-soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kemampuan dan minat belajar siswa.

 

Didalam pembelajaran BAHASA INDONESIA kelas Xl Semester 1 ini terdiri berbagai macam latihan yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi jawabanbukupaket.com untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada Halaman 11 ini.

 

 

Kunci Jawaban Kelas 11 Halaman 11

 

 

1. Mengapa bagian atas dinamakan “penjelasan umum”?

jawaban :

Bagian atas disini adalah bagian awal (struktur pertama Teks prosedur)

DInamakan penjelasan umum karena semua hal diawali dengan penjelasan umum lalu lanjut ke penjelasan khusus.

Sturktur Teks Prosedur sendiri adalah sebagai berikut

(1) Tujuan => Berupa pengantar tentang suatu yang akan dijelaskan selanjutnya secara merinci. Bagian “Tujuan” ini adalah merupakan penjelasan umum. Dapat berupa penjelasan tentang suatu hal, manfaatnya, dan mengapa hal tersebut (yang langkah-langkah) harus dilakukan.

(2) Langkah-langkah yang merinci. Berisi step by step suatu hal yang (biasanya rumit/kompleks). Ini adalah isi utama Teks Prosedur.

(3) Penegasan ulang. Ini dapat berupa manfaat bila semua langkah diatas dilakukan secara sistematis dan sesuai. Bisa juga berupa harapan agar selalu dilakukan sesuai yang telah dicantumkan.

Apabila kita melakukan sesuatu tanpa tau panduan (tanpa membaca prosedurnya) maka kemungkinan besar kita akan gagal.

Jadi, bagian atas Teks dinamakan penjelasan umum karena menjabarkan suatu hal secara umum (general) berupa Tujuan inti. Sebelum ke langkah-langkah melakukan sesuatu harus dicantumkan pembukaan tentang hal tersebut terlebih dahulu.

2. Apakah tahapan-tahapan pada bagian selanjutnya sudah jelas?

jawaban :

Pada Teks cara menghidupkan dan mematikan komputer, tahapan sudah sistematis dan jelas.

3. Apakah perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya?

jawaban :

Dalam Teks Prosedur terdapat penjelasan umum dan tahapan-tahapan dalam melakukan suatu hal.

Tahapan dalam melakukan suatu hal adalah inti dari isi teks ini. Karena Manfaat Teks ini adalah agar sesuatu yang rumit bisa jadi lebih sederhana. Pemakaian barang (misal) yang cendrung rumit, dengan ada buku panduan yang berisi teks prosedur akan memudahkan kita untuk mengoperasikan barang tersebut.

Teks Prosedur berbeda dengan Teks Narasi karena bukan merupakan cerita.

Teks prosedur berbeda dengan Teks persuasi karena tidak bersifat mempngaruhi tapi lebih ke imperatif atau memerintah.

Teks Prosedur berbeda dengan Eksposisi karena bukan bertujuan memaparkan fakta.

Jadi, Teks prosedur berbeda dengan teks lainnya karena dalam Teks ini terdapat pemaparan umum dan langkah-langkah untuk melakukan suatu kegiatan.

 

 

4. Dari isinya, menjelaskan tentang apakah teks prosedur itu?

jawaban :

Secara general, Teks prosedur menjelaskan tentang langkah-langkah secara lengkap dan jelas dalam melakukan suatu kegiatan.

Yang dimaksud adalah Teks cara menghidupkan dan mematikan komputer, maka isi Teksnya adalah menjelaskan manfaat/tujuan awal (hal umum) ttg menghidupkan dan mematikan komputer lalu menjelaskan langkah-langkah melakukannya secara jelas.

 

5. Bagaimana karakteristik umum dari teks prosedur?

jawaban :

Karakteristik umum dari Teks prosedur adalah adanya bagian yang membahas penjelasan umum ttg suatu kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan langkah-langkah untuk melakukan suatu kegiatan.

 

6. Berdasarkan isinya, apakah fungsi teks prosedur itu?

jawaban :

berdasarkan isi Teks prosedur Cara menghidupkan dan mematikan komputer, maka fungsinya adalah untuk membuat cara menghidupkan dan mematikan dapat dilakukan secara baik dan benar dan juga mempermudah penggunanya.

 

7. Kemukakan sebuah contoh teks prosedur yang kamu temukan dari

koran atau majalah!

jawaban :

Contohnya, Cara memasak Nutrijell, Kiat-kiat lulus Ujian Nasional.

 

 

 

Kesimpulan

 

Itulah Kunci Jawaban Kelas 11 SMA/SMK/MA Bahasa Indonesia Tugas Halaman 11 Semester 1. Diharapkan dapat bermanfaat untuk adik-adik yang sudah membaca di jawaban buku paket. 
 
Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi Frequently Asked Questions dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari siswa Kunci Jawaban BAHASA INDONESIA kelas 11 semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017.
 
 
 

paling banyak dicari :

• Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 11

• Kunci Jawaban Buku Paket halaman 11

• Kunci Jawaban Buku Paket kelas 11 kurikulum 2013

• Kunci Jawaban Buku Paket kelas 11 semester 1

• Kunci Jawaban Buku Paket kelas 11 semester 1 kurikulum 2013

• Kunci Jawaban Buku Paket kelas 11 terbaru

• Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 11

• Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa

• Kunci Jawaban Buku Paket kelas 11 buku bahasa indonesia

• Kunci Jawaban Buku Paket terbaru