Bocoran !!! Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 7 SMP IPA Uji Kopetensi Halaman 167 168 Semester 2

Bocoran !!! Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 7 SMP IPA Uji Kopetensi Halaman 167 168 Semester 2 Semester 2 kurikulum 2013 revisi 2017 terbaru .

KUNCI JAWABAN BUKU PAKET- pada kunci jawaban Halaman 167 168 buku IPA Kelas V11 Semester 2 Kurikulum 2013, soal pada kunci jawaban ini bersumber dari buku ilmu pengetahuan alam (ipa) Siswa edisi revisi 2017. kita akan dibawa pada materi pembelajaran Bab 6 Tata Surya.

Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 7 SMP IPA Uji Kopetensi Halaman 167 168 Semester 2 www.jawabanbukupaket.com

Kunci Jawaban IPA kelas 7 smp/mts semester 2 halaman 167 168 ini terdiri dari 1 soal mengenai Ayo Kita Lakukan yang terdapat pada buku siswa. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kemampuan dan minat belajar siswa.

dalam pembahasan Kunci Jawaban IPA kelas 7 SMP semester 2 halaman 167 168 IPA kelas V11 semester 2 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi jawabanbukupaket.com untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada halaman 167 168 ini.


Daftar Isi :
  • Kunci Jawaban Halaman 167
  • Kunci Jawaban Halaman 168

  • Kunci Jawaban Halaman 167


    Uji kompetensi

    Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.

    1. Jelaskan susunan Tata Surya.

    Jawaban :

    Tata surya terdiri dari atas benda2 langit seperti matahari, planet, komet, meteoroid, dan asteoroid yang mengalilingi matahari.

    2. Mengapa Matahari yang menjadi pusat Tata Surya? Jelaskan.

    Jawaban :

    Matahari menjadi pusat tata surya karena gaya gravitasi Matahari yang sangat besar, akibat massa Matahari yang besar, yang mengakibatkan planet-planet di Tata Surya bergerak menegelilingi Matahari

    3. Dari manakah energi Matahari dihasilkan?

    Jawaban :

    Matahari adalah bintang yang berupa bola gas panas dan bercahaya yang menjadi pusat sistem tata surya. Matahari memiliki 4 lapisan, yaitu inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona. Energi matahari dihasilkan dari inti matahari.

    dari reaksi yang terjadi didalam inti yang didalamnya terjadi reaksi nuklir yang menghasilkan hidrogen yang kemudian akan diubah menjadi helium secara terus menerus.





    Kunci Jawaban Halaman 168

    4. Jelaskan perbedaan antara planet luar dan planet dalam.

    Jawaban :

    planet dalam adalah planet yang paling dekat dengan matahari yaitu 4 planet pertama (merkurius, venus, bumi, mars) dan planet luar adalah planet yang jaraknya jauh dari matahari (jupiter, saturnus, uranus, neptunus).

    5. Jelaskan perbedaan antara meteoroid, meteor, dan meteorit.

    Jawaban :

    meteoroid: pecahan dari komet/asteroid yang sifatnya melayang dengan bebas 
    meteor: batuan/benda langit yang bergesekan dengan atmosfer bumi dan habis terbakar sebelum sampai ke bumi
    meteorit: batuan/benda langit yang tidak habis terbakar dan sampai ke bumi

    6. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pasang surut air laut.

    Jawaban :

    Faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya pasang surut air laut antara lain adalah revolusi bulan terhadap matahari, rotasi bumi pada sumbunya, revolusi bumi terhadap matahari, kedalaman dan luas perairan, pengaruh rotasi bumi, dan gesekan dasar.

    7. Selain berotasi dan berevolusi terhadap Bumi, Bulan juga bersama-sama dengan Bumi mengelilingi Matahari. Apabila ditentukan kala rotasi Bumi 1 (satu) hari, kala revolusi Bumi 366 hari, serta kala revolusi dan rotasi Bulan sama, yaitu 29,5 hari. Ketika Bumi telah menempuh seperempat lintasan revolusinya, maka berapa kali Bumi telah berotasi dan berapa kali Bulan telah berevolusi dan berotasi? Jelaskan jawabanmu.

    Jawaban :

    Pada soal telah diketahui data-data berikut ini:
    Kala Rotasi Bumi = 1 hari
    Kala Revolusi Bumi = 366 hari
    Kala Rotasi Bulan = Kala Revolusi Bulan = 29,5 hari
    Agar bumi dapat menempuh ¹/₄ lintasan revolusinya , maka diperlukan waktu selama :
    Selang Waktu ¹/₄ lintasan revolusi = ¹/₄ × 366 = 91,5 hari

    Berhubung 1 kali rotasi Bumi memerlukan waktu 1 hari , maka:
    Banyaknya rotasi Bumi selama 91,5 hari = 91,5 hari ÷ 1 hari = 91,5 kali

    Berhubung 1 kali rotasi atau revolusi Bulan memerlukan waktu 29,5 hari , maka:
    Banyaknya rotasi atau revolusi Bulan selama 91,5 hari = 91,5 ÷ 29,5 = 3,10 kali

    8. Jenis gerhana apakah yang terjadi berdasarkan gambar di bawah ini? Jelaskan.

    Jenis gerhana apakah yang terjadi berdasarkan gambar di bawah ini www.jawabanbukupaket.com

    Jawaban :

    Jenis gerhana yang terjadi pada gambar di atas adalah gerhana bulan. Gerhana bulan yang terjadi adalah gerhana bulan sebagian (jika bulan berada di wilayah penumbra) dan gerhana bulan total (jika bulan berada di wilayah umbra).

    9. Mengapa gerhana Matahari hanya terjadi kadang-kadang saja, meskipun fakta menunjukkan bahwa rotasi Bulan menyebabkan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari pada setiap bulannya? Jelaskan.

    Jawaban :

    Karena walaupun saat berotasi bulan terkadang berada diantara bumi dan matahari akan tetapi posisi bulan tidak selalu dalam satu garis lurus dengan matahari dan bumi, sehingga gerhana matahari tidak selalu terjadi.

    10. Mengapa ketika terjadi gerhana Matahari kamu tidak diperbolehkan untuk melihat Matahari secara langsung?

    Jawaban :

    karena matahari menghasilkan sinar ultraviolet yang berbahaya bagi mata.

    Penjelasan :

    Ketika gerhana matahari, kamu tidak boleh melihat secara langsung karena cahaya matahari memiliki intensitas yang sangat tinggi sehingga sangat berbahaya bagi mata.

    Akan tetapi gerhana matahari hanya nampak pada wilayah yang lebih sempit dari gerhana bulan, Hal ini karena bayangan bulan yang menutupi matahari saat gerhana matahari lebih kecil, dibanding bayangan bumi yang menghalangi bulan memantulkan cahaya matahari.

    Saat gerhana matahari, kita tidak boleh melihat langsung. Cahaya matahari mengandung sinar ultraviolet dapat menyebabkan sejumlah gangguan mata, seperti kerusakan lensa dan kornea. 

    Sinar berbahaya ini sebenarnya juga ada pada saat matahari normal (tidak gerhana). Namun saat normal, mata kita melakukan refleks menghindari matahari karena silau. Sementara saat gerhana, matahari tidak silau, sehingga mata kita terkecoh dan dapat melihat lama. Padahal, sinar berbahaya ini tetap ada. 

    Akibatnya, semakin lama kita menatap matahari, semakin banyak sinar berbahaya yang masuk, dan semakin besar kemungkinan kerusakan mata.





    Demikian Kunci Jawaban buku paket siswa IPA kelas 7 semester 2 halaman 167 168. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket.

    kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban IPA kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017

    Pencarian yang paling banyak dicari :

    • Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 7
    • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 167
    • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 168
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 kurikulum 2013
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2 kurikulum 2013
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 terbaru
    • Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 7
    • Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa
    • Kunci Jawaban Buku Paket buku ipa
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7
    • Kunci Jawaban Buku Paket SMP
    • Kunci Jawaban Buku Paket lengkap
    • Kunci Jawaban Buku Paket terbaru