BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 7 SMP Matematika Ayo Kita Berlatih 8.7 Halaman 282 283 Semester 2

Jawabanbukupaket.com – pada Jawaban Ayo Kita Berlatih 8.7 Semester 2 Matematika Kelas 7 Halaman 282 283 Semester 2 Kurikulum 2013. soal pada kunci jawaban ini bersumber dari buku Matematika Siswa edisi revisi 2017. mari siswa giat belajar dan dipandu orangtua dalam mengerjakan soal dan jawaban ini.

 

Kunci Jawaban Kelas 7 SMP Matematika Ayo Kita Berlatih 8.7 Halaman 282 283 Semester 2 www.jawabanbukupaket.com

 

Jawaban Ayo Kita Berlatih 8.7 Matematika Kelas 7 Semester 2 Halaman 282 283 Kurikulum 2013 ini terdiri dari 10 soal uraian dengan pembahasan soal lengkap yang terdapat pada buku siswa. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kemampuan dan minat belajar siswa.

 

dalam pembahasan MATEMATIKA kelas Vll Semester 2 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi jawabanbukupaket.com untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada Halaman 282 283 ini.

 

Kunci Jawaban Kelas 7 Halaman 282

Kerjakan soal-soal berikut.
1. Dengan menggunakan jangka dan penggaris, salin dan lukislah garis yang tegak lurus CD melalui titik A berikut
jawaban :
 

Keterangan :

Langkah – langkah:

1. Gunakan jangka sorong dengan memasang jarum tepat di titik C dan D, dengan me-rentangkan jangka sesuai dengan jarak AD.
2. Kemudian jangkakan atau arahkan pensil dari jangka ke arah titik A dengan jarum jangka tetap terletak pada titik D sebagai titik pusat hingga membentuk busur pertama.
3. Pasang jarum jangka pada titik C, kemudian rentangkan jangka sesuai dengan jarak AC
4. Arahkan pensil dari jangka hingga terbentuk garis yang berpotongan dengan pada garis busur pertama yaitu berpotongan dengan titik Y.
3. Hubungkan titik-titik hasil perpotongan ke-2 lingkaran, yaitu titik A dan titik Y dengan penggaris.

Perhatikan gambar berikut agar lebih jelas:

Perhatikan gambar berikut agar lebih jelas

2. Gambarlah ABC siku-siku di titik A dengan AB = 6 cm dan AC = 5 cm. Kemudian lukislah ketiga garis berat pada ΔABC tersebut dan tentukan titik perpotongannya.
jawaban :
 
Garis berat adalah garis yang ditarik dari salah satu titik sudut segitiga menuju sisi di depannya sehingga sisi terbagi menjadi dua sama panjang.
 
Langkah-langkah Melukis Garis Berat.
 
Garis berat melalui sudut C.
 
Langkah 1: Lukislah busur lingkaran dengan pusat titik A dan jari-jari lebih besar dari setengah AB.
 
1/2 AB = 1/2 . 6
       = 3 cm
 
Misalkan jari-jari lingkaran dengan pusat A adalah 4.
 
Langkah 2: Dengan jari-jari yang sama pada langkah 1, lukislah busur lingkaran dengan titik pusat B. Akan diperoleh dua titik yaitu titik D dan titik E (perpotongan busur lingkaran).
 
 
 
 
Langkah 3: Hubungkan titik D dan titik E sehingga diperoleh titik F (perpotongan garis DE dengan AB).
 
 
 
Langkah 4: Hubungkan titik C dan titik F.
 
Langkah 5: CF adalah garis berat untuk segitiga ABC.
 
Dengan cara yang sama tentukan pula garis berat yang melalui sudut A dan sudut B. Sehingga diperoleh ketiga garis berat segitiga tersebut.
 
Garis berat segitiga ABC adalah CF, BI, dan AL serta titik perpotongan ketiga garis berat tersebut adalah titik M.
 
Jadi, titik perpotongan ketiga garis berat tersebut adalah titik M.

 

 
3. Gambarlah ΔDEF sama kaki dengan DE = DF. Lukislah ketiga garis sumbu pada segitiga tersebut.
jawaban :
 
Adapun langkah langkah untuk membuat garis sumbu:
1. Gambar   dengan ketentuan :
 
 
2. Buat garis sumbu pada garis DF dengan cara buat busur lingkaran dengan titik D sebagai titik pusat dan jari-jari lebih setengah dari sisi DF yaitu DC. Langkah selanjutnya buat busur lingkaran dengan titik F sebagai pusat lingkaran dengan jari-jari tetap sama seperti busur yang titik pusatnya di titik D yaitu sejauh FB sehingga memotong kedua busur di titik M dan N. Maka garis MN adalah garis sumbu pada sisi DF.
 
3. Buat garis sumbu pada garis DE dengan cara buat busur lingkaran dengan titik D sebagai titik pusat dan jari-jari lebih setengah dari sisi DE (sejauh DP). Langkah selanjutnya buat busur lingkaran dengan titik E sebagai pusat lingkaran dengan jari-jari tetap sama seperti busur yang titik pusatnya di titik D (sejauh ER), sehingga memotong kedua busur di titik V dan Z. Lalu hubungkan titik V dan Z hingga memotong garis EF di titik W. Maka garis VW adalah garis sumbu pada sisi ED.
 
4. Buat garis sumbu pada garis EF dengan cara buat busur lingkaran dengan titik E sebagai titik pusat dan jari-jari lebih setengah dari sisi EF (sejauh EQ). Langkah selanjutnya buat busur lingkaran dengan titik F sebagai pusat lingkaran dengan jari-jari tetap sama seperti busur yang titik pusatnya di titik E (sejauh FC), sehingga memotong kedua busur di titik X dan G. Lalu hubungkan titik X dan G hingga memotong garis ED di titik Y. Maka garis GY adalah garis sumbu pada sisi EF.
 
Dari gambar terlampir garis sumbu yakni garis  EO YG, WV
 
4. Gambarlah segitiga tumpul KLM, kemudian lukislah ketiga garis tinggi pada segitiga tersebut.
jawaban :
 
 
5. Lukislah ketiga garis tinggi
a. pada segitiga lancip.
b. pada segitiga tumpul.
c. Kemudian apakah yang dapat kalian simpulkan tentang ketiga garis tinggi pada suatu segitiga?
jawaban :
 
 
Keterangan :

a. Ketiga garis tinggi pada segitiga lancip  tertera pada gambar berikut, dimana garis tingginya adalah garis AM, garis CE, dan garis BJ.

 

a. Ketiga garis tinggi pada segitiga lancip  tertera pada gambar berikut
a. Ketiga garis tinggi pada segitiga lancip  tertera pada gambar berikut

 

b. Ketiga garis tinggi pada segitiga tumpul KLM tertera pada gambar berikut, dimana garis tingginya adalah garis LM, garis KM, dan garis KL.

b. Ketiga garis tinggi pada segitiga tumpul KLM tertera pada gambar berikut
b. Ketiga garis tinggi pada segitiga tumpul KLM tertera pada gambar berikut
6. Lukislah ketiga garis bagi
a. pada segitiga siku-siku.
b. pada segitiga tumpul.
c. Kemudian apakah yang dapat kalian simpulkan tentang ketiga garis bagi pada suatu segitiga?
jawaban :
 

 

Keterangan : 

a. Ketiga garis berat pada segitiga siku-siku  tertera pada gambar berikut, dimana garis bagi-nya adalah garis BN, garis CR, dan garis AH.

a. Ketiga garis berat pada segitiga siku-siku  tertera pada gambar berikut, dimana garis bagi-nya adalah garis BN, garis CR, dan garis AH.

 

b. Ketiga garis berat pada segitiga tumpul  tertera pada gambar berikut, dimana garis beratnya adalah garis TF, garis SC, dan garis UK.

b. Ketiga garis berat pada segitiga tumpul  tertera pada gambar berikut, dimana garis beratnya adalah garis TF, garis SC, dan garis UK.

c. kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil dari gambar (a) dan gambar (b) mengenai garis tinggi adalah garis bagi pada suatu segitiga adalah garis yang ditarik dari titik sudut segitiga dan membagi sudut tersebut menjadi dua sama besar.

 
 

Kunci Jawaban Kelas 7 Halaman 283

7. a. Lukislah ketiga garis sumbu sisi-sisi segitiga ABC!
b. Apakah ketiga sumbu segitiga ABC saling berpotongan di satu titik?
c. Lukislah lingkaran dengan pusat pada titik potong ketiga sumbu
dan melalui ketiga titik sudut segitiga.
jawaban :
 
 
Keterangan : 
a. Ketiga garis sumbu pada segitiga  tertera pada gambar berikut, dimana garis sumbu-nya adalah garis BN, garis CR, dan garis AH.

a. Ketiga garis sumbu pada segitiga  tertera pada gambar berikut, dimana garis sumbu-nya adalah garis BN, garis CR, dan garis AH.

b. Ketiga sumbu segitiga ABC saling berpotongan di satu titik, yaitu pada titik W

c. Hasil lukisan lingkaran dengan pusat pada titik potong ketiga sumbu (titik W) dan melalui ketiga titik sudut segitiga 

c. Hasil lukisan lingkaran dengan pusat pada titik potong ketiga sumbu (titik W) dan melalui ketiga titik sudut segitiga 

 
8. Lukislah sebuah belahketupat yang panjang diagonalnya 6 cm dan 8 cm. Berapakah panjang sisi belahketupat dan berapakah luasnya?
jawaban :
 
panjang sisi belahketupat
panjang sisi belahketupat
panjang sisi pake phitagoras
s = √4² + 3²
s = √25
s = 5 cm
 
luas = 1/2 . d1 . d2
luas = 1/2 . 6 . 8
luas = 24 cm2
 
 
9. Pada segitiga ABC (siku-siku di C), titik Q pada AC, titik P pada AB,
dan PQ sejajar BC. Panjang sisi AQ = 3, AP = 5, BC = 8, maka luas
ΔABC adalah …
a. 48
b. 36
c. 24
d. 22
e. 12
jawaban :
 

 

Keterangan :

Perhatikan gambar berikut.

Perhatikan gambar berikut

Diketahui :
begin mathsize 14px style P Q divided by divided by B C end style
begin mathsize 14px style A Q equals 3 A P equals 5 B C equals 8 end style

Ditanya :
Luas begin mathsize 14px style bold increment bold italic A bold italic B bold italic C end style

Jawab:
Pada segitiga APQ siku-siku di Q, maka panjang PQ dapat dicari dengan rumus phytagoras:

begin mathsize 14px style P Q equals square root of A P squared minus A Q squared end root P Q equals square root of 5 squared minus 3 squared end root P Q equals square root of 25 minus 9 end root P Q equals square root of 16 P Q equals 4 end style

Karena begin mathsize 14px style increment A P Q end style dan begin mathsize 14px style increment A B C end style sebangun, maka untuk mencari panjang AC dapat digunakan rumus berikut :

begin mathsize 14px style AQ over AC equals PQ over BC 3 over AC equals 4 over 8 8 cross times 3 equals AC cross times 4 24 equals AC cross times 4 AC equals 24 over 4 AC equals 6 end style

Luas undefined adalah :

begin mathsize 14px style L. increment A B C equals 1 half cross times a l a s cross times t i n g g i L. increment A B C equals 1 half cross times B C cross times A C L. increment A B C equals 1 half cross times 8 cross times 6 L. increment A B C equals 4 cross times 6 L. increment A B C equals 24 space c m squared end style

Jadi, luas  undefined adalah undefined

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C. 

10. Soal Tantangan Pada gambar berikut ini, diketahui AB = BC = 10 cm dan garis AD
adalah garis bagi. Panjang, tentukan panjang BD
jawaban :
 
Garis bagi membagi sebuah garis menjadi sama panjang jadi
BD = BC : 2
       = 10 cm : 2
= 5cm

Demikian Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Ayo Kita Berlatih 8.7 Semester 2 Halaman 282 283 kurikulum 2013. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket.

kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi Frequently Asked Questions dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban MATEMATIKA kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

 

paling banyak dicari :

• Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 7

• Kunci Jawaban Buku Paket halaman 282

• Kunci Jawaban Buku Paket halaman 283

• Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 kurikulum 2013

• Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2

• Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 2 kurikulum 2013

• Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 terbaru

• Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 7

• Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa

• Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 buku matematika

• Kunci Jawaban Buku Paket Ayo Kita Berlatih 8.7