BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 IPA Aktivitas 6.2 Halaman 268 269 270 Semester 1

KUNCI JAWABAN BUKU PAKET– pada kunci jawaban Halaman 268 269 270 buku IPA Kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013, soal pada kunci jawaban ini bersumber dari buku siswa ilmu pengetahuan alam (ipa) edisi revisi 2017. untuk artikel ini kita akan dibawa pada materi BAB 6 Sistem …

Photo of author

Written by: Pak Guru

Published on:

bocoran kunci jawaban kelas 8 ipa 5 2109734080

KUNCI JAWABAN BUKU PAKET– pada kunci jawaban Halaman 268 269 270 buku IPA Kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013, soal pada kunci jawaban ini bersumber dari buku siswa ilmu pengetahuan alam (ipa) edisi revisi 2017. untuk artikel ini kita akan dibawa pada materi BAB 6 Sistem Peredaran Darah Manusia.

Kunci Jawaban Kelas 8 IPA Aktivitas 6.2 Halaman 268 269 270 Semester 1 www.jawabanbukupaket.com

Kunci Jawaban IPA kelas 8 smp/mts semester 1 halaman 268 269 270 ini terdiri dari soal 10 pilihan ganda dan 5 essai mengenai Aktivitas 6.2 Menyelidiki Faktor-faktor yang Memengaruhi Frekuensi Denyut Jantung yang terdapat pada buku siswa kurikulum 2013. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kekampuan dan minat belajar siswa.

dalam pembahasan IPA Kelas VIII semester 1 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi jawabanbukupaket.com untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada halaman 268 269 270 ini.

Aktivitas 6.2 Menyelidiki Faktor-faktor yang Memengaruhi Frekuensi Denyut Jantung www.jawabanbukupaket.com


Daftar Isi :

  • Kunci Jawaban Halaman 268
  • Kunci Jawaban Halaman 269
  • Kunci Jawaban Halaman 270
  • Kunci Jawaban Halaman 268

    Ayo kita Lakukkan
    Aktivitas 6.2 Menyelidiki Faktor-faktor yang Memengaruhi Frekuensi Denyut Jantung
    Apa yang kamu perlukan? 
    1. Alat tulis 
    2. Stopwatch 

    Apa yang harus kalian lakukan? 
    Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 orang. Tentukan di antara anggota kelompokmu siapa yang akan menghitung denyut nadi, siapa yang memerhatikan stopwatch, dan yang akan melakukan beberapa aktivitas. Bekerja samalah dengan baik bersama teman satu kelompokmu dalam melakukan pembagian tugas!
    Kegiatan I 
    1. Mintalah temanmu untuk duduk dengan tenang selama 1 menit. 
    2. Temukan denyut nadi pada pergelangan tangan temanmu. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk menemukannya. Agar kamu mengetahuinya, perhatikan Gambar 6.10! 
    3. Hitung denyut nadi temanmu selama 1 menit. Selanjutnya catatlah hasilnya pada Tabel 6.5. Lakukan penghitungan dengan cermat dan teliti agar data yang kamu peroleh benar. 
    4. Ulangi langkah 1-3, tetapi kegiatan tersebut dilakukan setelah temanmu duduk dengan tenang selama 2 menit.







    Kunci Jawaban Halaman 269

    Kegiatan II 
    1. Mintalah temanmu untuk berjalan santai selama 1 menit. Setelah itu mintalah temanmu untuk duduk. 
    2. Temukan denyut nadi pada pergelangan tangan temanmu. 
    3. Hitung denyut nadinya selama 1 menit. Selanjutnya catatlah hasilnya pada Tabel 6.5. Lakukan penghitungan dengan cermat dan teliti agar data yang kamu peroleh benar. 
    Gambar 6.10 Menghitung Frekuensi Denyut Jantung www.jawabanbukupaket.com
    4. Ulangi langkah 1-3, tetapi kegiatan tersebut dilakukan setelah temanmu berjalan santai selama 2 menit. 
    Kegiatan III 
    1. Mintalah temanmu untuk berlari-lari kecil selama 1 menit. Setelah itu mintalah temanmu untuk duduk. 
    2. Temukan denyut nadi pada pergelangan tangan temanmu. 
    3. Hitung denyut nadinya selama 1 menit. Selanjutnya catatlah hasilnya pada Tabel 6.5. Lakukan penghitungan dengan cermat dan teliti agar data yang kamu peroleh benar.
    4. Ulangi langkah 1-3, tetapi kegiatan tersebut dilakukan setelah temanmu berlari kecil selama 2 menit.
    Tabel 6.5 Frekuensi Nadi Jantung pada Beberapa Aktivitas Fisik dengan Intensitas yang Berbeda
    Tabel 6.5 Frekuensi Nadi Jantung pada Beberapa Aktivitas Fisik dengan Intensitas yang Berbeda www.jawabanbukupaket.com
    Jawaban :
    jawaban Tabel 6.5 Frekuensi Nadi Jantung pada Beberapa Aktivitas Fisik dengan Intensitas yang Berbeda www.jawabanbukupaket.com




    Kunci Jawaban Halaman 270

    Apa yang perlu kamu diskusikan? 

    1. Mengapa kita dapat menghitung denyut jantung dengan cara menghitung denyut nadi? Apakah frekuensi denyut jantung sama dengan denyut nadi? 

    Jawaban :

    Karena darah dari jantung akan dipompa ke seluruh tubuh sesuai dengan siklus jantung berkontraksi (berkerut) untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga frekuensi denyut jantung sama dengan denyut nadi.

    2. Pada saat duduk tenang, manakah yang lebih tinggi frekuensi denyut jantung laki-laki atau perempuan? Menurutmu mengapa demikian?

    Jawaban :

    Lebih tinggi frekuensi denyut jantung laki-laki, karena pengaruh hormon testosteron pada laki-laki yang meningkatkan denyut jantung.

    3. Manakah di antara kegiatan berjalan selama 1 menit dan berlari selama 1 menit yang menyebabkan frekuensi denyut jantung paling tinggi? Mengapa demikian? 

    Jawaban :

    yang menyebabkan frekuensi denyut jantung lebih tinggi adalah berlari selama 1 menit. karena berjalan membutuh otot yang bergerak lebih sedikit daripada ketika berlari. banyaknya otot yang bergerak menyebabkan metabolisme semakin meningkat, sehingga, membutuhkan oksigen lebih banyak maka jantung dan paru paru bekerja 2x lebih cepat.

    4. Manakah di antara kegiatan berlari selama 1 menit dan berlari selama 2 menit yang menyebabkan frekuensi denyut jantung paling tinggi? Mengapa demikian? 

    Jawaban :

    Berlari selama 2 menit karena ketika kita berlari jatung kita akan berdetak kencang dan tidak seperti dalam keadaan normal.

    5. Menurutmu apakah jenis kelamin, jenis dan intensitas dalam beraktivitas memengaruhi frekuensi denyut jantung? Jelaskan! 

    Jawaban :

    Ya, jenis kelamin, jenis dan intensitas dalam beraktivitas memengaruhi frekuensi denyut jantung, karena frekuensi denyut jantung ditentukan oleh hormon (yang berbeda antara jenis kelamin) dan kebutuhan oksigen tubuh (yang meningkat saat beraktivitas denga intensitas tinggi seperti saat berolah raga).

    Apa yang dapat kamu simpulkan? 

    Berdasarkan hasil penyelidikan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa saja yang dapat kamu simpulkan? 

    Jawaban :

    Kesimpulan nya

    Jantung adalah organ vital yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini membuat peredaran darah yang kaya oksigen dapat mencapai seluruh sel-sel dalam tubuh. Jantung memompa darah dengan cara berdenyut. Denyut jantung dihitung sebagai banyaknya jantung berdenyut setiap menitnya dan frekuensi denyut jantung normal bervariasi pada setiap orang. 

    Frekuensi detak jantung normal untuk orang dewasa berkisar 60-100 kali per menit. Faktor yang bisa memengaruhi frekuensi denyut jantung setiap orang yaitu usia, aktivitas fisik, tingkat kebugaran, suhu udara, emosi, posisi dan ukuran tubuh, serta konsumsi obat-obatan tertentu.

    Jadi faktor yang mempengaruhi frekuensi denyut jantung adalah usia, aktivitas fisik, tingkat kebugaran, suhu udara, emosi, posisi dan ukuran tubuh, serta konsumsi obat-obatan tertentu.

    Apa yang harus kamu lakukan selanjutnya? 

    Setelah selesai melakukan penyelidikan, buatlah artikel tentang hasil penyelidikamu! Selanjutnya, kamu dapat menempelkan artikelmu di majalah dinding kelas.
    Demikian Kunci Jawaban buku paket siswa SMP/MTS IPA kelas 8 semester 1 halaman 268 269 270. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket.

    kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban IPA kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

    Pencarian yang paling banyak dicari :

    • Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 8
    • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 268
    • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 269
    • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 270
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 kurikulum 2013
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 semester 1
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 terbaru
    • Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 8
    • Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 buku ipa
    • Kunci Jawaban Buku Paket SMP/MTS
    • Kunci Jawaban Buku Paket semester 1
    • Kunci Jawaban Buku Paket lengkap
    • Kunci Jawaban Buku Paket terbaru
    • Kelas 8 BAB 6 Sistem Peredaran Darah Manusia.
    • Aktivitas 6.1 Model Komponen Penyusun Darah

    Previous

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 IPA Aktivitas 6.1 Halaman 256 257 Semester 1

    Next

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 IPA Tabel 6.6 Halaman 278 279 Semester 1