BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 IPA Aktivitas 7.1 Halaman 4 5 Semester 2

KUNCI JAWABAN BUKU PAKET– pada kunci jawaban Halaman 4 5 buku IPA Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013, soal pada kunci jawaban ini bersumber dari buku siswa ilmu pengetahuan alam (ipa) edisi revisi 2017. untuk artikel ini kita akan dibawa pada materi BAB 7 Tekanan Zat dan penerapanya Dalama Kehidupan Sehari-hari.

Kunci Jawaban Kelas 8 IPA Aktivitas 7.1 Halaman 4 5 Semester 2 www.jawabanbukupaket.com

Kunci Jawaban IPA kelas 8 smp/mts semester 2 halaman 4 5 ini terdiri dari soal tabel mengenai Aktivitas 7.1 Menyelidiki Tekanan Benda padat yang terdapat pada buku siswa kurikulum 2013. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kekampuan dan minat belajar siswa.

dalam pembahasan IPA Kelas VIII semester 2 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi jawabanbukupaket.com untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada halaman 4 5 ini.

Aktivitas 7.1 Menyelidiki Tekanan Benda padat www.jawabanbukupaket.com


Daftar Isi :

  • Kunci Jawaban Halaman 4
  • Kunci Jawaban Halaman 5
  • Kunci Jawaban Halaman 4

    Ayo, kita lakukkan
    Aktivitas 7.1 Menyelidiki Tekanan Benda padat
    Apa yang kamu perlukan? 
    1. 2 buah plastisin ukuran besar/ tanah liat/ tepung terigu 
    2. 2 keping uang logam (Rp.500) 
    Apa yang harus kamu lakukan? 
    1. Letakkan uang logam pertama pada plastisin dengan posisi horizontal dan uang logam kedua dengan posisi vertikal seperti Gambar 7. 3!

    Gambar 7.3 Posisi Uang Logam pada Plastisin, (a) Vertikal, (b) Horizontal 

    Gambar 7.3 Posisi Uang Logam pada Plastisin, (a) Vertikal, (b) Horizontal www.jawabanbukupaket.com
    2. Berilah dorongan pada kedua uang logam tersebut dengan besar dorongan atau kekuatan yang sama! Kamu dapat menggunakan suatu benda sebagai beban, sehingga gaya yang diberikan dapat sama besar. 
    3. Ambil kedua uang logam tersebut dari plastisin, kemudian amati kedalaman bekas uang logam itu! 
    4. Siapkan kembali plastisin dan uang logam! 
    5. Letakkan uang logam pada masing-masing plastisin dengan posisi vertikal! 
    6. Berilah dorongan pada uang logam pertama dengan dorongan yang kuat (gaya besar) dan pada uang logam kedua dengan dorongan lemah (gaya kecil)! 
    7. Ambil kedua uang logam tersebut dari plastisin, kemudian amati kedalaman bekas uang logam itu!




    Kunci Jawaban Halaman 5


    Apa yang perlu kamu diskusikan? 

    1. Posisi uang logam yang manakah yang memiliki luas permukaan pijakan tempat gaya bekerja yang lebih kecil? 

    Jawaban :

    yang lebih luas permukaanya atau uang logam yang direbahkan.

    2. Ketika kamu mendorong kedua uang logam dengan posisi horizontal dan posisi vertikal dengan besar dorongan gaya yang sama, uang logam dengan posisi manakah yang memiliki bekas lebih dalam? Mengapa demikian? 

    Jawaban :

    Yang memiliki bekas lebih dalam adalah logam yang di susun secara vertical. karena jika di susun secara vertikal, luas permukaan yang di dapatkan lebih kecil.
    (P = F / A)

    3. Ketika kamu mendorong kedua uang logam yang posisinya vertikal, tetapi dengan besar dorongan gaya yang berbeda, uang logam yang manakah yang memiliki bekas lebih dalam? Mengapa demikian? 

    Jawaban :

    gaya yang lebih besar, karena uang logam tersebut kedua-duanya memiliki luas penampang yang sama sehinnga yang memiliki tekanan paling besar atau bekas yang lebih dalam adalah yang memiliki gaya yang lebih besar.

    4. Bekas pada plastisin yang dalam berarti plastisin tersebut mendapatkan tekanan yang lebih besar. Dari kedua perlakuan tersebut, manakah yang mampu menghasilkan tekanan yang lebih besar? Apa yang dapat kamu simpulkan? Berdasarkan Aktivitas 7.1, dapatkah kamu menyebutkan faktor-faktor apa sajakah yang memengaruhi besarnya tekanan? Bagaimanakah hubungan antara tekanan dan luas permukaan dengan gaya? 

    Jawaban :

    Besarnya tekanan pada usatu benda padat akan memenuhi persamaan berikut P=F/A dimna F adalah gaya tekan dan A adalah luas permukaan tekannya. maka pada pratikum tersebut .

    1. Gaya sama posisi beda uang logam yang posisinya vertikal akan memberi tekanan lebih besar karena luas permukaannya lebih kecil, sehingga akan terperangkap lebih dalam. 

    2. Gaya beda posisi sama Hubungan antara tekanan dengan luas permukaan adalah berbanding terbalik, sedangkan Hubungan antara tekanan dengan gaya adalah berbanding lurus maka gaya yang paling besar bekasnya lebih dalam.



    Demikian Kunci Jawaban buku paket siswa SMP/MTS IPA kelas 8 semester 2 halaman 4 5. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket.

    kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban IPA kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

    Pencarian yang paling banyak dicari :

    • Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 8
    • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 4
    • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 5
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 kurikulum 2013
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 semester 2
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 terbaru
    • Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 8
    • Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa
    • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 buku ipa
    • Kunci Jawaban Buku Paket SMP/MTS
    • Kunci Jawaban Buku Paket semester 2
    • Kunci Jawaban Buku Paket lengkap
    • Kunci Jawaban Buku Paket terbaru
    • Kelas 8 BAB 7 Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    • Aktivitas 7.1 Menyelidiki Tekanan Benda padat

    Sharing is caring!