BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 7 PPKN Uji Kompetensi 2 Halaman 61 Semester 1

Kunci Jawaban Buku Paket – pada Kunci Jawaban Kelas 7 PPKN Uji Kompetensi 2 Halaman 61 Semester 1 ini bersumber dari buku siswa pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (ppkn) edisi revisi 2017. untuk artikel ini kita akan dibawa pada materi BAB 2 Norma Dan Keadilan

Kunci Jawaban PKN kelas 7 smp/mts semester 1 halaman 61 ini terdiri dari soal tabel mengenai Uji Kompetensi 2 yang terdapat pada buku siswa kurikulum 2013. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kekampuan dan minat belajar siswa.

dalam pembahasan PPKN Kelas VII semester 1 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi jawabanbukupaket.com untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada halaman 61 ini.

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 7 PPKN Uji Kompetensi 2 Halaman 61 Semester 1

Daftar Isi

Kunci Jawaban Kelas 7 Halaman 61

Uji Kompetensi 2.1

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

  1. Apa yang dimaksud dengan norma?

Jawaban :

Norma adalah suatu aturan atau kaidah yang disepakati sebagai pedoman perilaku masyarakat untuk mewujudkan sesuatu yang baik dan diinginkan atau lebih tepatnya norma merupakan pedoman bertingkah laku yang berisi perintah, anjuran, dan larangan.

Berikut adalah pembahasan lebih lanjut mengenai norma.

Pembahasan

Proses terbentuknya norma:

Kita sebagai makhluk sosial mempunyai sikap ketergantungan kepada manusia lain serta kebutuhan dan kepentingan manusia juga berbeda-beda, hal tersebut tentunya akan menimbulkan suatu masalah dan benturan, untuk menghindari hal tersebut dibuatlah sebuah aturan diantara individu dan  kelompok sehingga aturan tersebut menjadi sebuah pedoman perilaku yang berfungsi sebagai alat penyeimbang di masyarakat.

Macam-macam norma dan sumbernya

1. Norma agama

Merupakan sebuah perintah yang berasal dari Tuhan YME yang di sampaikan melalui utusannya (seperti Nabi) yang berisi perintah yang wajib dikerjakan atau dilakukan dan larangan yang harus ditinggalkan.

2.  Norma kesopanan

Norma kesopanan merupakan aturan yang berasal dari hasil pergaulan masyarakat  atau berasal dari adat masing-masing daerah dan dianggap sebagai aturan pergaulan dalam menjalani kehidupan.

3. Norma kesusilaan merupakan norma yang berasal dari hati manusia atau tentang baik buruknya suatu perilaku.

4. Norma hukum merupakan sebuah aturan yang dibuat oleh negara, tujuannya untuk menciptakan suasana aman dan damai dalam kehidupan masyarakat.

>>> Baca Juga : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 8 IPA Tabel 8.5 Halaman 71 Semester 2

>>> Baca Juga : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 8 SMP IPA Ayo, Kita Selesaikan Halaman 7 Semester 1

2. Mengapa norma diperlukan dalam masyarakat?

Jawaban :

Norma diperlukan dalam masyarakat karena untuk mewujudkan ketertiban dalam masyarakat. Supaya kehidupan bersama dalam masyarakat dapat berjalan aman dan tertib. Itulah tujuan utama dari norma. Sedangkan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat adalah karena dengan adanya norma maka kehidupan bermasyarakat menjadi lebih tertib dan tercipta keamanan dalam masyarakat.

3. Bagaimana proses terbentuknya norma dalam masyarakat?

Jawaban :

Terbentuknya norma didasari dari manusia yang hidup sebagai makhluk sosial, dimana ia akan senantiasa hidup bersama orang lain karena manusia tidak dapat hidup dengan sendirinya. Untuk menghindari berbagai benturan, maka dibentuklah norma guna menjaga keseimbangan kepentingan dan kebutuhan antar anggota masyarakat.

  1. Jelaskan 4 (empat) macam norma menurut bidangnya dan berilah
    masing-masing 2 (dua) contohnya!

Jawaban :

  • Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang berkaitan dengan bisikan kalbu atau suara hati manusia. Contohnya: (1) tidak mencontek saat ujian, (2) tidak mengambil dan menyimpan sendiri uang teman yang terjatuh saat berlarian.
  • Norma Kespanan adalah peraturan hidup yang berkaitan / bersumber dari pergaulan hidup manusia. Contohnya: (1) Mengucapkan permisi ketika lewat tepat di depan orang, (2) Berkata sopan pada orangtua dan guru.
  • Norma Agama adalah peraturan hidup yang bersumber dari wahyu Tuhan. Contohnya: (1) melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama yang dianut, (2) menjauhi larangan yang diperintahkan Tuhan lewat kitab suci.
  • Norma Hukum adalah peraturan hidup yang dibuat oleh badan-badan remsi negara yang bersifat mengatur dan memaksa setiap warga negara. Contohnya: (1) Kewajiban memiliki SIM bagi pengendara bermotor, (2) Menggunakan helm bagi pendengara bermotor roda dua.

5. Apakah perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat?

Jawaban :

Perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiada adalah:

  • Sanksi kebiasaan tidak mengikat dan berlaku masyarakat secara umum, sedangkan adat sanksi adat istiadat bersifat mengikat dan hanya berlaku bagi sekelompok orang yang memahami adat tertentu saja
  • Sanksi kebiasaan tidak tertulis, sedangkan sanksi adat istiadat bersifat tertulis secara rinci dan ada juga ynag tidak tertulis.
  • Sanksi kebiasaan memiliki beban hukuman yang ringan, sedangkan sanksi adat istiadat hukumnya lebih berat.
  • Sanksi kebiasan dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman, sedangkan sanksi adat istiadat bersifat kaku dan tidak dapat diubah – ubah.
  • Sanksi kebiasaan hanya bersifat mendidik dan menegur, sedangkan sanksi adat istiadat menegur atau menghukum dengan lebih keras.

Pembahasan

Sanksi adalah hukuman yang diberikan kepada seseorang yang melanggar hukum tertentu. Sanksi dapat diberikan susai dengan jenis pelanggarannya.

  • Kebiasaan adalah suatu perbuatan atau tidakan yang dilakukan secara berulang ulang dalam peristiwa dan kejadian yang sama sehingga diakui oleh masyarakat.
  • Adat istiadat adalah kebiasaan dan aturan yang dianggap baik dalam masyarakat yang telah terjadi selama turun temurun.

Contoh sanksi kebiasaan yang dapat dilakukan disekolah:

  • Berlari mengelilingi lapangan
  • Melakukan push up
  • Hormat kepada bendera
  • Menyapu dan mengepel lantai
  • Berdiri didepan kelas

Contoh sanksi adat istiadat dalam lingkungan masyarakat:

  • Dikeluarkan dari masyarakat
  • Dikucilkan oleh masyarakat
  • Dicemooh
  • Diturunkan status sosial dalam masyarakat
  • Membayar denda

>>> Baca Juga : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 8 SMP IPA Aktivitas 1.1 Percobaan Gerak Lurus (GLB) Halaman 3 Semester 1

>>> Baca Juga : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 7 SMP Matematika Ayo Kita Berlatih 1.7 Halaman 86 87 Semester 1

Uji Kompetensi 2.2

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

  1. Jelaskan 3 (tiga) manfaat mentaati norma bagi diri sendiri!

Jawaban :

manfaat yng akan didapatkan apabila mentaati norma yang berlaku di masyarakat bagi diri sendiri:

1. Norma akan membuat kita lebih menjaga akan ketertiban dan juga keamanan yang ada di lingkungan kita dan masyarakat sekitar.

2. Mematuhi norma tidak akan membuat kita akan menjadi seseorang yang dimana akan berada dalam keadaan yang bersalah.

3. Apabila kita sangat sering mengikuti norma yang berlaku, maka pada kemudian hari hal tersebut akan membuat kita dijadikan sebagai seorang teladan yang ada dan berada di dalam masyarakat.

2. Jelaskan 3 (tiga) akibat pelanggaran terhadap norma bagi masyarakat!

Jawaban :

3 Akibat Pelanggaran terhadap Norma bagi Masyarakat

Apabila seseorang atau Individu melakukan sebuah tindakan yang dimana melakukan pelanggaaran dimana akan melanggar sebuah norma bagi masyarakat. Hal berikut adalah yang akan terjadi:

1. Dilakukan pengucilan bagi masyarakat didaerah tersebut

Hal ini dapat dipahami sebagai seorang manusia yang dimana melakukan pelanggaran terhadap sebuah norma yang pada sanksinya diberikan sebuah kegiatan dimana sanksi tersebut akan berbentuk seperti sebuah pengucilan dimana tindakan dilakukan pemenjaraan ataupun dilakukan pengcuilan yang diakukan secara psikis yang dimana masyarakat sendiri yang akan menjauhi orang maupun individu tersebut hingga menjadi stress.

2. Menerima celaan dan juga hinaan yang dimana berasal dari masyarakat

Dikarenakan oleh tersebut yang melakukan sebuah pelanggaran norma yang berada di masyarakat dianggap sebagai orang yang telah hilang akal sehatnya dimana terdapat sebuah gangguan terhadap mental dari orang tersebut dan juga stress dan atau sebuah depresi yang dimana berasaldari celaan dan juga hinaan yang dimana hal tersebut sebagai sebuah celaan dan hinaan.

3. Menerima sebuah hukuman fisik dan atau melakukan pembayaran denda kepada kepala negara

Hal ini memiliki sebuah makna dimana bagi setiap individu yang terlibat sebuah pelanggaran norma yang dimana memilki hubungan dengan sebuah hukum yang telah berlaku, maka indiviu tersebut dapat pula diberikan sebuah hukuman yang diberlakukan secara fisik atau dapat melakukan sebuah pembayaran denda kepada kepala negara.

  1. Apa pengertian keadilan?

Jawaban :

pengertian keadilan adalah memberikan sesuatu kepada orang yang berhak menerimanya , atau meletakkan sesuatu pada tempatnya , bukan berarti sama rata .

  1. Apa arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan?

Jawaban :

Arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan adalah sebagai berikut.

Hukum dapat digunakan untuk memastikan bahwa semua peraturan perundang-undangan telah terlaksana dengan baik. hukum juga memastikan bahwa semua kalangan telah melakukan hak dan kewajibannya dengan baik pada proporsi masing-masing. Dengan cara inilah kewajiban dapat tercipta.

  1. Sebutkan dua contoh perilaku sesuai norma dalam kehidupan di
    sekolah!

Jawaban :

  • Mengajak teman untuk shalat berjamaah.
  • Saling menghormati teman yang berbeda agama.

>>> Baca Juga : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 7 Matematika Ayo Kita Berlatih 1.6 Halaman 74 75 76 77 78 79 80 Semester 1

>>> Baca Juga : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 7 PPKN Uji Kompetensi 2 Halaman 61 Semester 1

Demikian Kunci Jawaban buku paket siswa SMP/MTS PPKN kelas 7 semester 1 halaman 61. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket.

kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban PPKN kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 7
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 61
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 kurikulum 2013
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 semester 1
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 terbaru
  • Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 7
  • Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 7 buku ppkn
  • Kunci Jawaban Buku Paket SMP/MTS
  • Kunci Jawaban Buku Paket semester 1
  • Kunci Jawaban Buku Paket lengkap
  • Kunci Jawaban Buku Paket terbaru
  • Kunci Jawaban Uji Kompetensi 2
  • Kelas 7 BAB 2 Norma Dan Keadilan