, 1) Berikanlah uang itu kepada orang yang lebih berhak!, 2) Ayo, sisihkan sebagian harta kita untuk anak yatim piatu!, 3) Jangan memberikan uang kepada tunawisma!, 4) Marilah belajar menyisihkan sedikit rezeki!

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya. …

Photo of author

Written by: Guru B.indonesia

Published on:

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
 

1) Berikanlah uang itu kepada orang yang lebih berhak!

2) Ayo, sisihkan sebagian harta kita untuk anak yatim piatu!

3) Jangan memberikan uang kepada tunawisma!

4) Marilah belajar menyisihkan sedikit rezeki!space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.space


Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. lsi pidato persuasif menghadirkan berbagai macam argumen dari sudut pandang pembicara. Jadi, pembicara menyatakan beberapa argumen untuk mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar dengan kata-kata yang diucapkannya.

Aspek kebahasaan yang sering muncul dalam pidato persuasif adalah kalimat persuasif. Kalimat persuasif sering digunakan karena tujuan pidato persuasif memang untuk membujuk pendengar. Kalimat persuasif adalah kalimat yang berisi ajakan dan bertujuan untuk memengaruhi pembaca atau pendengar. Penggunaan kalimat persuasif dilakukan agar pendengar mau melakukan sesuatu sesuai dengan kehendak penulis atau pembicara. Biasanya, kalimat persuasif menggunakan kata mari, ayo, atau kata-kata yang bersifat mengajak lainnya.

Kalimat yang termasuk jenis kalimat persuasif adalah kalimat nomor 2) dan 4) karena memiliki tujuan mengajak seseorang. Selain itu, adanya kata ayo dan mari sebagai penanda kalimat tersebut adalah kalimat persuasif:

2) Ayo, sisihkan sebagian harta kita untuk anak yatim piatu!

4) Marilah belajar menyisihkan sedikit rezeki!

Berbeda dengan kalimat nomor 3) dan 4) adalah kalimat perintah karena memiliki tujuan memerintah atau membuat seseorang melakukan apa yang diminta.

1) Berikanlah uang itu kepada orang yang lebih berhak!

3) Jangan memberikan uang kepada tunawisma!space

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar

Previous

, Saya berharap semua pihak mampu bekerja sama untuk mengatasi masalah banjir ini. … Namun, tindakan Pemerintah tersebut tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh masyarakat. Seharusnya masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan sungai. Salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat adalah menghilangkan kebiasaan membuang sampah ke sungai. Masyarakat harus dapat mengelola sampahnya. Kalau masyarakat masih membuang sampah rumah tangganya ke sungai, program Pemerintah itu pun tidak akan berhasil. Akhirnya, banjir pun masih akan terus terjadi pada masa yang akan datang.

Next

1) Hadirin yang berbahagia,, 2) Air sungai selalu meluap saat hujan deras turun., 3) Sebenarnya, banjir yang selalu terjadi di kota kita ini tidak lepas dari kebersihan sungai yang mengalir di tengah kota., 4) Keadaan itu berawal dari kebiasaan buruk kita, yakni membuang sampah ke sungai., 5) Mengapa keadaan itu terjadi?, 6) Keadaan itu terjadi karena adanya sampah yang memenuhi sungai.