, (1) Dr.Rupali Datta mengemukakan bahwa konsumsi air hangat sangat bagus untuk pembersihan sistem pencernaan internal. (2) Tujuannya adalah mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit. (3) Berkaitan dengan pencernaan, minum air hangat di pagi hari membantu meningkatkan fungsi hati dan ginjal sebagai organ utama metabolisme untuk membantu menghancurkan zat makanan. (4) Oleh karena itu, tubuh menjadi lebih segar saat memulai aktivitas., (4) Seorang ahli gizi, Anju Sood menjelaskan: apabila mengkonsumsi air hangat, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menurunkan suhunya. (5) Dengan demikian, sistem metabolisme akan mulai bekerja. (6} Hal tersebut dapat memicu pikiran untuk menuntut makanan dan merangsang rasa Iapar.

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

space

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 1–3.
 

    (1) Dr.Rupali Datta mengemukakan bahwa konsumsi air hangat sangat bagus untuk pembersihan sistem pencernaan internal. (2) Tujuannya adalah mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit. (3) Berkaitan dengan pencernaan, minum air hangat di pagi hari membantu meningkatkan fungsi hati dan ginjal sebagai organ utama metabolisme untuk membantu menghancurkan zat makanan. (4) Oleh karena itu, tubuh menjadi lebih segar saat memulai aktivitas.

    (4) Seorang ahli gizi, Anju Sood menjelaskan: apabila mengkonsumsi air hangat, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menurunkan suhunya. (5) Dengan demikian, sistem metabolisme akan mulai bekerja. (6} Hal tersebut dapat memicu pikiran untuk menuntut makanan dan merangsang rasa Iapar.

(Sumber: food.detik.com)

Jawaban

kalimat (4) tidak baku karena tidak sesuai kaidah atau pedoman bahasa Indonesia.space


Pembahasan

    Kalimat baku adalah kalimat yang memiliki kesesuaian dengan kaidah bahasa Indonesia, baik dalam diksi (pilihan kata), struktur kalimat, ejaan, maupun penggunaan tanda baca. Untuk memahami hal tersebut, kalian dapat membaca Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yang terdapat di media seperti Google.

Baca Selanjutnya :  , Yang kami hormati, Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, dan rekan-rekan yang saya cintai., Pertama-tama kami sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas curahan nikmat-Nya yang diberikan kepada kita sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan yang baik ini., Rekan-rekan yang saya cintai., Kita tahu bahwa masa muda adalah masa yang sangat rawan dipengaruhi oleh berbagai hal, baik yang positif maupun negatif. Namun, biasanya, pengaruh negatiflah yang lebih cepat diserap oleh kawan-kawan kita. Hal tersebut jelas berdampak buruk terhadap kehidupannya pada masa yang akan datang. Fakta yang terjadi di lapangan, banyak generasi muda yang terjerumus ke dalam perilaku-perilaku negatif dengan melakukan perbuatan yang tidak terpuji. Contohnya adalah perilaku generasi muda yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas, penggunaan narkoba, terlibat dalam kegiatan geng motor yang membahayakan, serta kegiatan-kegiatan negatif lainnya. Kita sebagai satu generasi sungguh sangat menyayangkan hal tersebut., Rekan-rekan yang saya banggakan., Kita, sebagai generasi muda, sudah seharusnya meningkatkan kesadaran untuk selalu saling mengingatkan kepada sesama mengenai bahaya-bahaya akibat perilaku negatif tersebut. Jangan sampai, kita menjadi korban dan tidak merasa bahwa kita telah menjadi korban., Sudah saatnya, kita menguatkan diri dan memantapkan prinsip hidup agar tidak mudah tergoda dan terbujuk melakukan tindakan yang tidak terpuji. Kita harus menyadari bahwa hidup yang sekali ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan sampai, kita menyia-nyiakan masa muda ini dan menyesalinya di kemudian hari., Kita harus selalu memegang prinsip dalam hidup, harus mampu mandiri, dan mampu membawa diri sehingga kita tidak menjadi korban zaman. Kita harus menjadi generasi yang mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik bagi masyarakat., Membawa perubahan ke arah yang lebih baik dapat dilakukan dengan cara, yakni selalu rajin dan tekun belajar serta menunjukkan kepada orang tua bahwa kita dapat meraih nilai yang baik di sekolah, selalu bertanggung jawab dalam melakukan sesuatu, dan bergaulah dengan orang-orang yang memberikan dampak positif untuk kita karena secara tidak langsung pergaulan secara perlahan akan membentuk karakter kita., Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya, saya mohon maaf. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

    Dalam hal ini, kalimat tidak baku ialah kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah atau pedoman bahasa Indonesia. Kalimat tidak baku dalam teks eksposisi di atas terdapat dalam kalimat (4) bagian “Seorang ahli gizi, Anju Sood menjelaskan: apabila mengkonsumsi air hangat, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menurunkan suhunya.” Kesalahan kalimat tersebut terletak pada penggunaan tanda titik dua (:) yang tidak sesuai kaidah. Menurut PUEBI, tanda titik dua  dipakai untuk keperluan sebagai berikut.

  1. dipakai pada akhir suatu pernyataan lengkap yang diikuti pemerincian atau penjelasan,
  2. dipakai sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemerian,
  3. dipakai dalam naskah drama sesudah kata yang menunjukkan pelaku dalam percakapan,
  4. dipakai di antara (a) jilid atau nomor dan halaman, (b) surah dan ayat dalam kitab suci, (c) judul dan anak judul suatu karangan, serta (d) nama kota dan penerbit dalam daftar pustaka.

    Berdasarkan empat poin di atas, penggunaan tanda titik dua dalam kalimat (4) yang berisi “Seorang ahli gizi, Anju Sood menjelaskan: apabila mengkonsumsi air hangat, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menurunkan suhunya.” dapat disimpulkan tidak tepat.

    Dengan demikian, kalimat (4) tidak baku karena tidak sesuai kaidah atau pedoman bahasa Indonesia.space


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar