Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya. Namun, tindakan yang paling penting dilakukan adalah menumbuhkan kesadaran serta rasa memiliki akan budaya tersebut. Dengan rasa memiliki serta mencintai budaya sendiri, orang akan termotivasi untuk mempelajarinya. Dengan demikian, budaya akan tetap ada dan pewaris kebudayaannya akan tetap terus ada. Ada berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya lokal. Salah satunya mendorong masyarakat untuk memaksimalkan potensi budaya lokal, serta pemberdayaan dan pelestariannya. Kita harus mempertahankan budaya Indonesia agar tidak punah. Kita juga mengusahakan agar masyarakat mampu mengelola keanekaragaman budaya lokal. Mari, kita berusaha menghidupkan kembali semangat toleransi, kekeluargaan, keramahtamahan, dan solidaritas yang tinggi demi melestarikan budaya Indonesia.,

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya. Namun, tindakan yang paling penting dilakukan adalah menumbuhkan kesadaran serta rasa memiliki akan budaya tersebut. Dengan rasa memiliki serta mencintai budaya sendiri, orang akan termotivasi untuk mempelajarinya. Dengan demikian, budaya akan tetap ada dan pewaris kebudayaannya akan tetap terus ada. Ada berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya lokal. Salah satunya mendorong masyarakat untuk memaksimalkan potensi budaya lokal, serta pemberdayaan dan pelestariannya. Kita harus mempertahankan budaya Indonesia agar tidak punah. Kita juga mengusahakan agar masyarakat mampu mengelola keanekaragaman budaya lokal. Mari, kita berusaha menghidupkan kembali semangat toleransi, kekeluargaan, keramahtamahan, dan solidaritas yang tinggi demi melestarikan budaya Indonesia.space 

Sumber: https:llweb.archive. org/web/202 1 030 1 0348 1 8/https://garuda. rstekbrin.go.iddocumentsdetail/1052362.space

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.space


Pembahasan

Pidato merupakan kegiatan berbicara di depan umum dengan tujuan  mengajak, menghibur, atau menyampaikan informasi kepada khalayak.

Pidato yang bertujuan untuk membujuk atau mengajak disebut pidato persuasif. Cara menentukan masalah yang dibahas dalam pidato persuasif adalah:

Baca Selanjutnya :  Perubahan yang teramati adalah membesarnya ukuran biji yang disebut tahap imbibisi. Biji menyerap air dari lingkungan sekelilingnya, baik itu dari tanah maupun dari udara (dalam bentuk uap air ataupun embun). Efek yang terjadi adalah membesarnya ukuran biji. Hal ini disebabkan sel-sel embrio membesar dan bijinya yang melunak., Berdasarkan hubungan antara kalimatnya, cuplikan itu dikembangkan dengan gaya...,

1) mendengarkan atau membaca pidato dengan seksama,

2) mencatat pokok-pokok penting, dan

3) menentukan masalah/topik yang dibahas berdasarkan pokok-pokok penting.

Berdasarkan penjalasan, masalah yang dibahas pada kutipan pidato tersebut adalah menumbuhkan kesadaran dan rasa memiliki akan budaya untuk melestarikan budaya. Topik tersebut jelas terlihat pada kalimat:

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya. Namun, tindakan yang paling penting dilakukan adalah menumbuhkan kesadaran serta rasa memiliki akan budaya tersebut. Dengan rasa memiliki serta mencintai budaya sendiri, orang akan termotivasi untuk mempelajarinya. Dengan demikian, budaya akan tetap ada dan pewaris kebudayaannya akan tetap terus ada. Ada berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya lokal. Salah satunya mendorong masyarakat untuk memaksimalkan potensi budaya lokal, serta pemberdayaan dan pelestariannya. Kita harus mempertahankan budaya Indonesia agar tidak punah. Kita juga mengusahakan agar masyarakat mampu mengelola keanekaragaman budaya lokal. Mari, kita berusaha menghidupkan kembali semangat toleransi, kekeluargaan, keramahtamahan, dan solidaritas yang tinggi demi melestarikan budaya Indonesia.

Kutipan tersebut menjelaskan bahwa cara paling penting melestarikan budaya adalah menumbuhkan kesadaran serta rasa memiliki akan budaya tersebut. Dengan rasa tersebut, budaya lokal akan tetap terjaga. Pernyataan tersebut kembali dikuatkan dalam kalimat terakhir yang mengajak pendengarnya untuk menghidupkan kembali semangat toleransi, kekeluargaan, keramahtamahan, dan solidaritas tinggi. Sikap-sikap tersebut merupakan bagian dari kesadaran serta rasa memiliki akan budayanya. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

Baca Selanjutnya :  1) Hadirin yang berbahagia,, 2) Air sungai selalu meluap saat hujan deras turun., 3) Sebenarnya, banjir yang selalu terjadi di kota kita ini tidak lepas dari kebersihan sungai yang mengalir di tengah kota., 4) Keadaan itu berawal dari kebiasaan buruk kita, yakni membuang sampah ke sungai., 5) Mengapa keadaan itu terjadi?, 6) Keadaan itu terjadi karena adanya sampah yang memenuhi sungai.

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar