Advertisement
Categories: Tak Berkategori

, Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi kelangsungan dan perkembangan makhluk hidup di Bumi. Ada beberapa sumber air, salah satunya adalah air hujan. Hujan merupakan peristiwa alami di bumi, yaitu turunnya tetesan-tetesan air dari langit ke bumi., Hujan dapat terjadi setelah melalui beberapa tahapan. Air dari danau, sungai, dan laut mengalami penguapan akibat adanya panas matahari. Air tersebut kemudian menjadi uap yang terus bergerak menuju langit. Proses ini dinamakan evaporasi atau penguapan., Sesampainya di atas, uap air mengalami proses pengembunan atau biasa disebut kondensasi membentuk butiran es dan air sehingga terbentuklah awan. Akibat terbawa angin yang bergerak, awan-awan saling bertemu dan membesar. Awan-awan yang berkumpul akan semakin berat dan tidak mampu lagi menopang air dan butiran es. Akhirnya, butiran-butiran air atau es tersebut jatuh ke permukaan bumi. Proses ini dikenal sebagai proses presipitasi. Saat menuju ke permukaan bumi, kadang-kadang suhu semakin tinggi sehingga es meleleh dan terjadilah hujan.

Advertisement
Published by
Guru B.indonesia
Advertisement

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Bacalah teks berikut!

Proses Terjadinya Hujan

    Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi kelangsungan dan perkembangan makhluk hidup di Bumi. Ada beberapa sumber air, salah satunya adalah air hujan. Hujan merupakan peristiwa alami di bumi, yaitu turunnya tetesan-tetesan air dari langit ke bumi.
    Hujan dapat terjadi setelah melalui beberapa tahapan. Air dari danau, sungai, dan laut mengalami penguapan akibat adanya panas matahari. Air tersebut kemudian menjadi uap yang terus bergerak menuju langit. Proses ini dinamakan evaporasi atau penguapan.
    Sesampainya di atas, uap air mengalami proses pengembunan atau biasa disebut kondensasi membentuk butiran es dan air sehingga terbentuklah awan. Akibat terbawa angin yang bergerak, awan-awan saling bertemu dan membesar. Awan-awan yang berkumpul akan semakin berat dan tidak mampu lagi menopang air dan butiran es. Akhirnya, butiran-butiran air atau es tersebut jatuh ke permukaan bumi. Proses ini dikenal sebagai proses presipitasi. Saat menuju ke permukaan bumi, kadang-kadang suhu semakin tinggi sehingga es meleleh dan terjadilah hujan.

Sumber: http.//ilmupengetahuan.org/terjadinya-hujan/ dengan penyesuaian. 

Jawaban

ada beberapa tahapan sebelum turunnya hujan, yakni tahap evaporasi, kondensasi, dan presipitasi. 

Pembahasan

Teks eksplanasi adalah teks yang menggambarkan proses dari sesuatu yang terjadi atau sedang dibentuk. Teks eksplanasi dapat dirangkum dengan menuliskan gagasan pokok dan bagian penting dari teksnya. Rangkuman dari teks di atas adalah sebagai berikut.

Ada beberapa tahapan sebelum turunnya hujan. Pertama, yakni tahap evaporasi atau perubahan air dari danau, sungai, dan laut menjadi uap yang terus bergerak menuju langit. Kedua, yakni kondensasi yang merupakan proses pengembunan uap air sehingga terbentuk awan. Terakhir, adalah tahap presipitasi yang merupakan proses ketika awan-awan saling bertemu dan membesar akibat terbawa angin yang bergerak. Awan-awan tersebut semakin berat dan tak mampu menahan air dari butiran es sehingga butiran-butiran tersebut jatuh ke permukaan bumi. Saat jatuh ke permukaan bumi, suhu udara kadang-kadang semakin tinggi sehingga es meleleh dan terjadilah hujan.

Dengan demikian, ada beberapa tahapan sebelum turunnya hujan, yakni tahap evaporasi, kondensasi, dan presipitasi. 

Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Advertisement
Guru B.indonesia

Share
Published by
Guru B.indonesia
Advertisement
  • Recent Posts

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia Tugas 1 Halaman 111 Semester 1

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia Tugas 1 Halaman 111 Semester 1 kurikulum…

    8 jam ago

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 172 173 Semester 2

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 172 173 Semester 2 kurikulum…

    2 hari ago

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 130 131 132 Semester 1

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 130 131 132 Semester 1…

    2 hari ago

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 153 154 155 156 Semester 1

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 153 154 155 156 Semester…

    2 hari ago
    Advertisement