Air susu sangat diperlukan dalam produk pangan, terutama dalam produk susu. Hal tersebut karena air susu adalah bahan baku dari semua produk susu. Dipandang dari segi gizi, susu merupakan makanan yang hampir sempurna karena mengandung protein, lemak, vitamin, mineral dan laktosa (karbohidrat). Tidaklah sempurna suatu makanan tanpa adanya susu. Sesuai dengan istilah pangan, “Empat Sehat Lima Sempurna”.Susu adalah suatu sekresi yang komposisinya sangat berbeda dari komposisi darah yang merupakan asal susu. Misalnya, lemak susu, kafein, laktosa yang disintesis oleh alveoli dalam kambing, tidak terdapat di tempat lain mana pun dalam tubuh sapi. Sejumlah besar darah mengalir melalui alveoli dalam pembuatan susu. Sekitar 50 kg darah dibutuhkan untuk menghasilkan 30 liter., Di dalam air susu, banyak sekali komponen-komponen seperti penyusun di antaranya laktosa, yang terdiri dari gabungan antara glukosa dan galaktosa. Air susu adalah salah satu produk hasil pertanian yang mengandung nilai gizi yang cukup tinggi dan sangat luas penggunaannya dalam bidang kehidupan. Susu merupakan larutan yang bersifat mudah larut dalam air karena memiliki sifat hidrofil. Jika dilarutkan di dalam air dengan suhu yang cukup tinggi pun, susu akan lebih cepat larut., Susu dapat menjadi sumber penyakit bagi manusia apabila tidak diolah dengan higienis. Oleh karena itu, diperlukan uji-uji tertentu untuk mengetahui apakah susu tersebut layak untuk dikonsumsi. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengetahui mutu dari susu adalah dengan uji mikrobiologi susu., Tujuan praktikum uji susu adalah sebagai berikut.

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Bacalah kutipan teks percobaan berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 6-10.

    Air susu sangat diperlukan dalam produk pangan, terutama dalam produk susu. Hal tersebut karena air susu adalah bahan baku dari semua produk susu. Dipandang dari segi gizi, susu merupakan makanan yang hampir sempurna karena mengandung protein, lemak, vitamin, mineral dan laktosa (karbohidrat). Tidaklah sempurna suatu makanan tanpa adanya susu. Sesuai dengan istilah pangan, “Empat Sehat Lima Sempurna”. Susu adalah suatu sekresi yang komposisinya sangat berbeda dari komposisi darah yang merupakan asal susu. Misalnya, lemak susu, kafein, laktosa yang disintesis oleh alveoli dalam kambing, tidak terdapat di tempat lain mana pun dalam tubuh sapi. Sejumlah besar darah mengalir melalui alveoli dalam pembuatan susu. Sekitar 50 kg darah dibutuhkan untuk menghasilkan 30 liter.

    Di dalam air susu, banyak sekali komponen-komponen seperti penyusun di antaranya laktosa, yang terdiri dari gabungan antara glukosa dan galaktosa. Air susu adalah salah satu produk hasil pertanian yang mengandung nilai gizi yang cukup tinggi dan sangat luas penggunaannya dalam bidang kehidupan. Susu merupakan larutan yang bersifat mudah larut dalam air karena memiliki sifat hidrofil. Jika dilarutkan di dalam air dengan suhu yang cukup tinggi pun, susu akan lebih cepat larut.

Baca Selanjutnya :  Kerjakan soal dibawah ini dengan teliti. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat, 1. Bentuk yang sederhana dari perbandingan , adalah..., , ,

   Susu dapat menjadi sumber penyakit bagi manusia apabila tidak diolah dengan higienis. Oleh karena itu, diperlukan uji-uji tertentu untuk mengetahui apakah susu tersebut layak untuk dikonsumsi. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengetahui mutu dari susu adalah dengan uji mikrobiologi susu.

Tujuan praktikum uji susu adalah sebagai berikut.

    \t

  1. Untuk memprediksi jumlah mikroorganisme yang terdapat dalam susu melalui uji reduktase.
  2. \t

  3. Untuk memprediksi jumlah mikroorganisme yang terdapat dalam susu melalui pertumbuhan koloni dari media agar.
  4. \t

  5. Untuk mengetahui berat jenis susu.
  6. \t

  7. Untuk mengetahui derajat keasaman susu.space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.space
 


Pembahasan

Teks laporan percobaan merupakan teks yang berisi penjelasan mengenai suatu percobaan meliputi alat dan bahan yang digunakan, tujuan percobaan, langkah-langkah yang dilakukan, dan hasil percobaan. Teks laporan percobaan memiliki struktur yang terdiri atas:

  1. Pendahuluan berupa latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat percobaan.
  2. Landasan Teori/Kajian Pustaka.
  3. Metode Percobaan meliputi waktu dan tempat, alat, bahan, langkah-langkah percobaan.
  4. Hasil Percobaan (paparan data hasil penelitian dan pembahasan hasil percobaan.
  5. Penutup berupa kesimpulan dan saran.
  6. Daftar Pustaka yang berkaitan dengan buku dan referensi yang digunakan dalam penelitian.

Teks di atas berisi penjelasan mengenai susu yang memiliki banyak manfaat namun juga menjadi sumber penyakit apabila tidak dioleh dengan higienis. Oleh karena itu, dilakukan pengujian terhadap susu. Pengujian tersebut memiliki beberapa tujuan.

Berdasarkan penjelasan di atas, kutipan teks laporan percobaan tersebut merupakan bagian pendahuluan karena berisi latar belakang dan tujuan percobaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

Baca Selanjutnya :  Sebuah gabus naik-turun pada permukaan air ketika suatu gelombang melaluinya.Puncak-puncak gelombang yang berurutan terpisah sejauh 2 m. Gabus menempuhempat gelombang lengkap setiap 10 s. Hitung cepat rambat gelombang!

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar