Akhirnya, setelah kedua anaknya tidak juga pulang, punahlah harapannya untuk mendapatkan kembali permadaninya. Ia tak tega mengutus anak bungsunya karenamasih terlampau kecil. Namun, si Bungsu mendesak ibunya agar diperbolehkan mencari permadani yang hilang., “Tidak, Nak. Ibu tidak tega melepaskanmu untuk mencari permadani itu. Biarlah permadani itu hilang. Toh umurku tak akan panjang,” kata ibunya setelah mendengar maksud anaknya., “Tetapi, Ibu. Bagaimanapun juga permadani itu harus ditemukan agar Ibu kembali sembuh. Betapa Ibu telah susah payah menenunnya,” kata si Bungsu., Karena didesak terus-menerus, akhirnya janda itu melepaskan kepergian anaknya dengan berat hati., Dalam perantauannya, ia pun sampai di kuil yang dihuni oleh wanita sakti. Seperti halnya kepada kedua kakaknya, wanita sakti memberikan penjelasan setelah mengetahui maksud si Bungsu. “Tetapi saya tak akan pulang dengan tangan hampa. Bagaimanapun permadani itu harus kembali,” kata si Bungsu tegas., Wanita saktiitu tersenyum lalu berkata, “Kembali sajalah dan engkau akan kuberi sekotak uang emas.”, “Tidak, ibuku tak akan sembuh dengan sekotak uang emas.”, Melihat tekad bulat si Bungsu, ibalah hati wanita sakti itu.,

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Cermatilah kutipan teks cerita fantasi berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!

    Akhirnya, setelah kedua anaknya tidak juga pulang, punahlah harapannya untuk mendapatkan kembali permadaninya. Ia tak tega mengutus anak bungsunya karena masih terlampau kecil. Namun, si Bungsu mendesak ibunya agar diperbolehkan mencari permadani yang hilang.

    “Tidak, Nak. Ibu tidak tega melepaskanmu untuk mencari permadani itu. Biarlah permadani itu hilang. Toh umurku tak akan panjang,” kata ibunya setelah mendengar maksud anaknya.

    “Tetapi, Ibu. Bagaimanapun juga permadani itu harus ditemukan agar Ibu kembali sembuh. Betapa Ibu telah susah payah menenunnya,” kata si Bungsu.

    Karena didesak terus-menerus, akhirnya janda itu melepaskan kepergian anaknya dengan berat hati.

    Dalam perantauannya, ia pun sampai di kuil yang dihuni oleh wanita sakti. Seperti halnya kepada kedua kakaknya, wanita sakti memberikan penjelasan setelah mengetahui maksud si Bungsu. “Tetapi saya tak akan pulang dengan tangan hampa. Bagaimanapun permadani itu harus kembali,” kata si Bungsu tegas.

    Wanita sakti itu tersenyum lalu berkata, “Kembali sajalah dan engkau akan kuberi sekotak uang emas.”

    “Tidak, ibuku tak akan sembuh dengan sekotak uang emas.”

    Melihat tekad bulat si Bungsu, ibalah hati wanita sakti itu.space 

- Daftar Isi -

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan C.space 


Pembahasan

Teks cerita fantasi adalah teks cerita yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita fantasi tidak nyata atau fiksi. Struktur teks cerita fantasi sebagai berikut:

  1. Orientasi: berisi pengenalan tokoh, penokohan, dan latar dalam cerita.
  2. Komplikasi: berisi masalah dan puncak permasalahan yang terjadi dalam cerita.
  3. Resolusi: berisi penyelesaian masalah yang terjadi dalam cerita.
  4. Koda: berisi pesan pengarang kepada pembaca. Bagian ini bersifat optional (boleh ada, boleh tidak).

Berdasarkan kutipan:

“Tidak, Nak. Ibu tidak tega melepaskanmu untuk mencari permadani itu. Biarlah permadani itu hilang. Toh umurku tak akan panjang,” kata ibunya setelah mendengar maksud anaknya.

Dapat disimpulkan, konflik pada kutipan cerita tersebut adalah ketika anak bungsu seorang ibu yang sedang sakit ingin membantu kesembuhan ibunya dengan pergi mencari permadani, tetapi sang ibu tidak tega melepasnya pergi.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.space 


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.