, Assalamualaikum Wr. Wb., Yang saya hormati, lbu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, dan rekan-rekan yang saya cintai., Hadirin yang saya hormati,, Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya menyampaikan pidato dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup untuk dijadikan renungan bagi Saudara-saudaraku semua. Namun, sebelumnya, marilah, kita panjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini, Hadirin yang saya hormati,, Hampir setiap hari, kita melihat dan menyaksikan berita mengenai penebangan liar yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka yang secara membabi buta melakukan penebangan liar tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi akibat perbuatannya. Kebiasaan buruk tersebut dilakukan oleh orang-orang, yang mengatasnamakan bisnis kemudian mengesampingkan kelestarian hutan yang merupakan titipan untuk anak cucu kita nanti., Mereka yang tidak peduli akan lingkungannya dengan melakukan penebangan liar sungguh tidak menyadari kekeliruannya. Padahal, perbuatan mereka jelas berdampak buruk bagi lingkungan yang mungkin akan merugikan mereka sendiri. Berapa ribu meter kubik kayu telah mereka jarah. Tak sampai di situ, tindakan mereka (penebangan liar) pun meninggalkan jejak lahan yang sudah sedemikian kritis yang dapat menyebabkan terjadinya bencana, seperti tanah longsor dan banjir bandang yang mengancam setiap saat., Hadirin yang saya hormati,, Sudah sepatutnya, kita menyadari bahwa lingkungan kita ini merupakan sebuah sistem yang saling terkait antara yang satu dengan yang lain. Jika salah satu bagiannya dirusak akan berdampak pada sistem yang lain. Oleh karena itu, sudahilah kegiatan merusak hutan, penebangan liar, dan pembabatan hutan yang hanya mementingkan aspekbisnis tanpa mau peduli terhadap kelestarian lingkungan., Hadirin yang saya hormati,, Mari, lestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta. Berikan hak-hak anak cucu kita berupa alam yang lestari untuk kelangsungan hidup segenap komponen alam., Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Semoga, hal tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas perhatian hadirin sekalian. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekhilafan. Kurang lebihnya, saya mohon maaf. Semoga, apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua., Wassalamualaikum Wr. Wb.

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Perhatikan pidato berikut!
 

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Yang saya hormati, lbu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, dan rekan-rekan yang saya cintai.

   Hadirin yang saya hormati,

    Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya menyampaikan pidato dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup untuk dijadikan renungan bagi Saudara-saudaraku semua. Namun, sebelumnya, marilah, kita panjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini

    Hadirin yang saya hormati,

    Hampir setiap hari, kita melihat dan menyaksikan berita mengenai penebangan liar yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka yang secara membabi buta melakukan penebangan liar tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi akibat perbuatannya. Kebiasaan buruk tersebut dilakukan oleh orang-orang, yang mengatasnamakan bisnis kemudian mengesampingkan kelestarian hutan yang merupakan titipan untuk anak cucu kita nanti.

   Mereka yang tidak peduli akan lingkungannya dengan melakukan penebangan liar sungguh tidak menyadari kekeliruannya. Padahal, perbuatan mereka jelas berdampak buruk bagi lingkungan yang mungkin akan merugikan mereka sendiri. Berapa ribu meter kubik kayu telah mereka jarah. Tak sampai di situ, tindakan mereka (penebangan liar) pun meninggalkan jejak lahan yang sudah sedemikian kritis yang dapat menyebabkan terjadinya bencana, seperti tanah longsor dan banjir bandang yang mengancam setiap saat.

Baca Selanjutnya :  Unsur yang membedakan antara slogan dan poster adalah ...,

    Hadirin yang saya hormati,

    Sudah sepatutnya, kita menyadari bahwa lingkungan kita ini merupakan sebuah sistem yang saling terkait antara yang satu dengan yang lain. Jika salah satu bagiannya dirusak akan berdampak pada sistem yang lain. Oleh karena itu, sudahilah kegiatan merusak hutan, penebangan liar, dan pembabatan hutan yang hanya mementingkan aspek bisnis tanpa mau peduli terhadap kelestarian lingkungan.

    Hadirin yang saya hormati,

    Mari, lestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta. Berikan hak-hak anak cucu kita berupa alam yang lestari untuk kelangsungan hidup segenap komponen alam.

    Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Semoga, hal tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas perhatian hadirin sekalian. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekhilafan. Kurang lebihnya, saya mohon maaf. Semoga, apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

(Diolah dari berbagai sumber)space

 

Jawaban

dua kata benda abstrak pada kutipan pidato tersebut adalah: 1) kata bisnis pada kutipan:  …. Kebiasaan buruk tersebut dilakukan oleh orang-orang, yang mengatasnamakan bisnis ….; dan  2) kata kekeliruan pada kutipan:  …. Mereka yang tidak peduli akan lingkungannya dengan melakukan penebangan liar sungguh tidak menyadari kekeliruannya.space


Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. Teks pidato berisi pernyataan berupa pendapat atau gagasan yang disertai dengan argumen-argumen yang mendukung. Ciri-ciri kebahasaan yang muncul, antara lain kalimat langsung, kalimat sapaan, kalimat persuasif, kosakata bidang ilmu, kalimat aktif, kata benda abstrak, dan kata hubung (konjungsi).

Baca Selanjutnya :  Kerjakan soal-soal berikut dengan benar!, Tentukan luas permukaan bangun di bawah ini!,

Kata benda abstrak adalah kata yang menyatakan nama dari sebuah benda. Benda yang dimaksud merupakan benda yang tak kasat mata atau tidak dapat ditangkap oleh pancaindra. Berdasarkan penjelasan tersebut, dua kata benda abstrak dalam teks pidato adalah:

1. Kata bisnis pada kutipan:  …. Kebiasaan buruk tersebut dilakukan oleh orang-orang, yang mengatasnamakan bisnis …. Kata bisnis merupakan jenis kata benda abstrak karena tidak dapat ditangkap oleh pancaindra.

2. Kata kekeliruan pada kutipan:  …. Mereka yang tidak peduli akan lingkungannya dengan melakukan penebangan liar sungguh tidak menyadari kekeliruannya …. Kata kekeliruan merupakan jenis kata benda abstrak karena tidak dapat ditangkap oleh pancaindra.

Dengan demikian, dua kata benda abstrak pada kutipan pidato tersebut adalah: 1) kata bisnis pada kutipan:  …. Kebiasaan buruk tersebut dilakukan oleh orang-orang, yang mengatasnamakan bisnis ….; dan  2) kata kekeliruan pada kutipan:  …. Mereka yang tidak peduli akan lingkungannya dengan melakukan penebangan liar sungguh tidak menyadari kekeliruannya.space


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar