, Bapak-Bapak dan lbu-ibu sekalian yang terhormat. Saya sangat berterima kasih kepada para hadirin yang telah bersedia hadir pada kesempatan yang berbahagia ini. Pidato ini saya sampaikan dengan tujuan agar supaya kita bisa menghargai budaya Indonesia sebagai warisan bangsa.

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Cermati kutipan teks berikut!
 

Bapak-Bapak dan lbu-ibu sekalian yang terhormat. Saya sangat berterima kasih kepada para hadirin yang telah bersedia hadir pada kesempatan yang berbahagia ini. Pidato ini saya sampaikan dengan tujuan agar supaya kita bisa menghargai budaya Indonesia sebagai warisan bangsa.space

 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.space


Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. lsi pidato persuasif menghadirkan berbagai macam argumen dari sudut pandang pembicara. Jadi, pembicara menyatakan beberapa argumen untuk mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar dengan kata-kata yang diucapkannya.

Penyusunan teks pidato persuasif harus sesuai dengan kaidah penulisannya, terutama penggunaan kalimat efektif. Kalimat efektif merupakan kalimat yang disusun berdasarkan kaidah kebahasaan bahasa Indonesia, yaitu ejaan, tanda baca, hemaat/tidak bertele-tele, dan minimaal memiliki dua unsur kalimat subjek daan kalimat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kesalahan yang terdapat pada kutipan pidato adalah kesalahan dalam penggunaan kata yang tidak hemat. Kesalahan terdapat pada:

Baca Selanjutnya :  Jelaskan pengertian dari kelainan sistem peredaran darah thalasemia!,

Bapak-Bapak dan lbu-ibu sekalian yang terhormat. Saya sangat berterima kasih kepada para hadirin yang telah bersedia hadir pada kesempatan yang berbahagia ini. Pidato ini saya sampaikan dengan tujuan agar supaya kita bisa menghargai budaya Indonesia sebagai warisan bangsa.

Berikut analisis setiap perbaikannya:

1. Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang saya hormati. Saya berterima kasih kepada hadirin yang telah bersedia hadir pada kesempatan yang berbahagia ini. Pidato ini saya sampaikan dengan tujuan agar kita bisa menghargai budaya Indonesia sebagai warisan bangsa. Kutipan ini tidak memiliki kesalahan karena sudah sesuai dengan kaidah kebahasaan

2. Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang saya hormati. Saya berterima kasih kepada hadirin yang telah bersedia hadir pada kesempatan yang berbahagia ini. Pidato ini saya sampaikan dengan tujuan agar supaya kita bisa menghargai budaya Indonesia sebagai warisan bangsa. Kesalahan kutipan tersebut terdapat pada penggunaan konjungsi yang berlebihan, yaitu agar supaya.

3. Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang saya hormati. Saya berterimakasih kepada hadirin yang telah bersedia hadir pada kesempatan yang berbahagia ini. Pidato ini saya sampaikan dengan tujuan agar kita bisa menghargai budaya Indonesia sebagai warisan bangsa. Kesalahan terdapat pada kata berterimakasih. Seharusnya kata tersebut ditulis secara terpisah menjadi berterima kasih.

4. Bapak-bapak dan lbu-ibu sekalian yang saya hormati. Saya berterimakasih kepada para hadirin yang telah bersedia hadir pada kesempatan yang berbahagia ini. Pidato ini saya sampaikan dengan tujuan agar kita bisa menghargai budaya Indonesia sebagai warisan bangsa. Kesalahan terdapat pada sekalian yang memiliki arti semua (jamak). Kata sekalian dinilai pleonasme karena kata sebelumnya sudah menggunakan reduplikasi yang berarti jamak. Selain itu, kata berterimakasih harusnya ditulis secara terpisah menjadi berterima kasih.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

Baca Selanjutnya :  Predikat kota Yogyakarta bukan hanya sekadar (1) kota pelajar dan pariwisata, melainkan gudangnya industri kecil, terutama kerajinan. Ribuan industri kecil kerajinan berkembang di daerah ini, mulai dari skala kecil, misalnya souvenir (2) hasil industri rumah tangga hingga skala besar yang bertaraf (3) internasional. Model-model yang dihasilkan juga sesuai dengan tren (4) dunia.

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar