Advertisement
Categories: Tak Berkategori

Benarkah semua awan berada di langit? Sesungguhnya, tidak semua awan berada di langit. Ada juga awan yang menyentuh permukaan bumi. Awan yang menyentuh permukaan bumi disebut mega atau halimun., Udara mengandung zat lengas dalam bentuk uap air. Zat lengas dalam bentuk uap air tidak mampu ditahan jika udara yang lengas dan hangat itu menjadi dingin. Zat lengas yang berlebihan itu akan berubah menjadi tetes-tetes air yang memutih. Tetes-tetes air kecil yang memutih ini disebut awan., Awan di langit didesak oleh udara. Namun, jika suhu awan itu turun, banyak uap yang berubah menjadi tetesan air. Kemudian, tetesan kecil itu bertambah besar karena terdapat banyak lengas. Jika tetesan air kecil-kecil itu membesar, ia tidak dapat bertahan di atas karena dipengaruhi tekanan udara. Akibatnya, hujan turun ke permukaan bumi., Awan dapat terbentuk di berbagai tingkat ketinggian di atas bumi. Jenis awan pun dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat ketinggiannya masing-masing, yaitu kelompok awan tinggi, kelompok awan menengah, kelompok awan rendah, dan kelompok awan yang melintasi ketiga tingkat ketinggian itu.,

Advertisement
Published by
Guru B.indonesia
Advertisement

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Bacalah kutipan teks berikut ini! 

Benarkah semua awan berada di langit? Sesungguhnya, tidak semua awan berada di langit. Ada juga awan yang menyentuh permukaan bumi. Awan yang menyentuh permukaan bumi disebut mega atau halimun.

Udara mengandung zat lengas dalam bentuk uap air. Zat lengas dalam bentuk uap air tidak mampu ditahan jika udara yang lengas dan hangat itu menjadi dingin. Zat lengas yang berlebihan itu akan berubah menjadi tetes-tetes air yang memutih. Tetes-tetes air kecil yang memutih ini disebut awan.

Awan di langit didesak oleh udara. Namun, jika suhu awan itu turun, banyak uap yang berubah menjadi tetesan air. Kemudian, tetesan kecil itu bertambah besar karena terdapat banyak lengas. Jika tetesan air kecil-kecil itu membesar, ia tidak dapat bertahan di atas karena dipengaruhi tekanan udara. Akibatnya, hujan turun ke permukaan bumi.

Awan dapat terbentuk di berbagai tingkat ketinggian di atas bumi. Jenis awan pun dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat ketinggiannya masing-masing, yaitu kelompok awan tinggi, kelompok awan menengah, kelompok awan rendah, dan kelompok awan yang melintasi ketiga tingkat ketinggian itu. 

Related Post

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A. 

Pembahasan

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial.

Ringkasan adalah suatu penyajian karangan atau tulisan dalam bentuk yang lebih ringkas atau singkat dengan tetap mempertahankan urutan tertentu (baik isi maupun sudut pandang) dari karangan/tulisan yang diringkas tersebut. 

Langkah-langkah meringkas teks eksplanasi: 

  1. Membaca teks yang akan diringkas secara menyeluruh
  2. Mencari ide ide pokok dalam teks tersebut
  3. Menyusun ide-ide pokok tersebut
  4. Susun menjadi teks baru yang lebih ringkas. 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka ringkasan teks di atas adalah Awan tidak hanya berada di langit. Awan dapat pula berada di permukaan bumi. Awan berada di udara yang mengandung zat lengas dalam bentuk uap air. Zat lengas yang berlebihan itu akan berubah menjadi tetes-tetes air kecil yang memutih. Tetes-tetes air yang memutih tersebut disebut awan. Awan di langit didesak oleh udara. Jika suhu awan itu turun, banyak uap yang berubah menjadi tetesan air. Awan dapat dibedakan berdasarkan tingkat ketinggiannya dari bumi. Ringkasan ini mengandung semua ide pokok tiap paragraf.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Advertisement
Guru B.indonesia

Share
Published by
Guru B.indonesia
Advertisement
  • Recent Posts

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 190 191 192 Semester 2

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 190 191 192 Semester 2…

    14 jam ago

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 171 172 173 Semester 2

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 171 172 173 Semester 2…

    14 jam ago

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 241 242 243 Semester 2

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 241 242 243 Semester 2…

    14 jam ago

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 154 155 156 Semester 2

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 154 155 156 Semester 2…

    2 hari ago
    Advertisement