Cermatilah teks, kemudian tentukan kalimat utama dan gagasan pokok setiap paragraf dalam kolom berikut., ,

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Cermatilah teks, kemudian tentukan kalimat utama dan gagasan pokok setiap paragraf dalam kolom berikut.

space

space 

Pembahasan

    Teks eksposisi adalah suatu paragraf atau tulisan berisi informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat, dan disertai dengan pendapat (argumen) penulis.. Selain itu, teks eksposisi juga dapat diartikan sebagai teks yang memiliki fungsi menyampaikan gagasan atau pemikiran tentang suatu topik tertentu. Infomasi yang disampaikan dalam teks eksposisi diperoleh berdasarkan fakta atau kejadian yang benar-benar terjadi.

    Kalimat utama adalah kalimat yang berisi pokok pikiran utama atau ide pokok utama dan menjadi dasar untuk mengembangkan paragraf. Umumnya, kalimat utama berada di awal paragraf. Meskipun demikian, ada juga kalimat utama yang terletak di akhir paragraf atau pun di awal dan akhir paragraf.

    Kalimat utama memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
 

  1. Kalimat utama mengandung topik permasalahan yang dapat dijelaskan lebih lanjut dalam kalimat setelahnya.
  2. Kalimat utama biasanya berupa kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri.
  3. Kalimat utama memiliki arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain.
     

    Gagasan pokok disebut juga gagasan umum, ide pokok, gagasan utama, pikiran utama, pokok pembiacaraan, tema, atau topik. Gagasan pokok berperan menjadi pengendali suatu paragraf dan menjadi dasar dalam mengembangkan paragraf. Dalam hal ini, gagasan pokok merupakan pokok permasalahan yang dibahas dalam suatu paragraf. Oleh karena itu, gagasan pokok biasanya dapat merupakan suatu simpulan dalam paragraf.

    Gagasan pokok dapat ditemukan dalam kalimat utama. Biasanya, gagasan pokok dinyatakan secara eksplisit (tersurat dengan gamblang) dalam kalimat utama. Gagasan pokok dapat ditemukan dengan menghilangkan atau membuang kata-kata tidak penting dalam kalimat utama.

    Kalimat utama dalam paragraf di atas ialah “Tujuh puluh persen tubuh kita terdiri atas air.”

    Berdasarkan kalimat utama tersebut, gagasan pokoknya ialah “Tujuh puluh persen tubuh kita terdiri atas air.”

    Dengan demikian, kalimat utama dalam paragraf di atas ialah “Tujuh puluh persen tubuh kita terdiri atas air.” dan gagasan pokoknya ialah “Tujuh puluh persen tubuh kita terdiri atas air.”

space 



Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.