Dina Mariana telah melakukan pengujian boraks dan formalin pada dua sampel, yakni bakso Dewa Nagara dan bakso Angkasa Langit. Kedua bakso tersebut dicurigai mengandung zat berbahaya, yakni boraks dan formalin. Berdasarkan percobaan yang dilakukan Dina Mariana didapat beberapa simpulan sebagai berikut.

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Kutipan teks laporan percobaan berikut untuk menjawab soal di bawah ini!

Dina Mariana telah melakukan pengujian boraks dan formalin pada dua sampel, yakni bakso Dewa Nagara dan bakso Angkasa Langit. Kedua bakso tersebut dicurigai mengandung zat berbahaya, yakni boraks dan formalin. Berdasarkan percobaan yang dilakukan Dina Mariana didapat beberapa simpulan sebagai berikut.

    \t

  1. Setelah dicampur dengan larutan KMN04 bakso Dewa Nagara berubah warna dari ungu menjadi bening. Perubahan warna tersebut mengindikasikan bakso Dewa Nagara mengandung formalin.
  2. \t

  3. Setelah dicampur dengan larutan KMN04, bakso Angkasa Langit tidak berubah warna menjadi bening. Kondisi itu menandakan bakso Angkasa Langit tidak mengandung formalin.
  4. \t

  5. Baik bakso Dewa Nagara maupun bakso Angkasa Langit saat dicampur etanol dan dibakar, tidak mengalami perubahan spesifik. Kondisi tersebut membuktikan kedua sampel bakso tidak mengandung boraks.space 

Pembahasan

Teks laporan percobaan merupakan teks yang berisi penjelasan mengenai suatu percobaan meliputi alat dan bahan yang digunakan, tujuan percobaan, langkah-langkah yang dilakukan, dan hasil percobaan. Struktur teks laporan percobaan terdiri atas judul, objek, pelaku percobaan, tempat dan waktu percobaan, tujuan, alat dan bahan percobaan, langkah percobaan, hasil, simpulan, serta daftar pustaka.

Simpulan merupakan inti sari dari pembahasan dan hasil percobaan. Penulisan simpulan harus menyesuaikan tujuan percobaan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Cuplikan laporan percobaan di atas merupakan bagian simpulan. Hal ini dapat diidentifikasi melalui kalimat pada teks tersebut, yaitu Berdasarkan percobaan yang dilakukan Dina Mariana didapat beberapa simpulan sebagai berikut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.space 



Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.