Hadirin, gelandangan (1) . . .tunawisma sering dijumpai di kota-kota besar Indonesia. Kurangnya lapangan pekerjaan menjadi salah satu penyebab banyaknya tunawisma di kota-kota besar. Akibatnya, mereka hidup di jalanan. Kadang-kadang mereka menimbulkan keresahan di masyarakat. (2) . . ., masalah tunawisma harus diatasi. Pemerintah harus memperbanyak lapangan pekerjaan (3) . . .mereka dapat bekerja. (4) . . ., pelatihan dan bimbingan perlu dilakukan (5) . . .mereka tidak kembali ke jalanan.

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Cermati kutipan pidato berikut!

Hadirin, gelandangan (1) . . . tunawisma sering dijumpai di kota-kota besar Indonesia. Kurangnya lapangan pekerjaan menjadi salah satu penyebab banyaknya tunawisma di kota-kota besar. Akibatnya, mereka hidup di jalanan. Kadang-kadang mereka menimbulkan keresahan di masyarakat. (2) . . ., masalah tunawisma harus diatasi. Pemerintah harus memperbanyak lapangan pekerjaan (3) . . . mereka dapat bekerja. (4) . . ., pelatihan dan bimbingan perlu dilakukan (5) . . . mereka tidak kembali ke jalanan.space

 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.space


Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. Teks pidato berisi pernyataan berupa pendapat atau gagasan yang disertai dengan argumen-argumen yang mendukung. Ciri-ciri kebahasaan yang muncul, antara lain kalimat langsung, kalimat sapaan, kalimat persuasif, kosakata bidang ilmu, kalimat aktif, kata hubung (konjungsi) dan kata benda abstrak.

Kata hubung atau konjungsi adalah kata yang berfungsi untuk menghubungkan antarkata, antarklausa, dan antarkalimat. Konjungsi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu konjungsi koordinatif (setara) dan konjungsi subordinatif (bertingkat). Contoh konjungsi koordinatif adalah dan, atau, sedangkan, tetapi, dan sebagainya. Contoh konjungsi subordinatif adalah jika, ketika, walaupun, sebelum, saat, dan sebagainya.

Baca Selanjutnya :  Kalimat langsung dalam pidato yang disampaikan Alfan Rizky, Ketua OSIS SMP Kasih lbu, pada Peringatan Hari Batik Nasional adalah ...

Berdasarkan penjelasan, konjungsi yang tepat untuk mengisi pidato rumpang adalah (1) atau, (2) oleh karena itu, (3) agar, (4) selain itu, (5) agar. Penggunaan konjungsi tersebut dapat dilihat pada:

Hadirin, gelandangan (1) atau tunawisma sering dijumpai di kota-kota besar Indonesia. Kurangnya lapangan pekerjaan menjadi salah satu penyebab banyaknya tunawisma di kota-kota besar. Akibatnya, mereka hidup di jalanan. Kadang-kadang mereka menimbulkan keresahan di masyarakat. (2) Oleh karena itu, masalah tunawisma harus diatasi. Pemerintah harus memperbanyak lapangan pekerjaan (3) agar mereka dapat bekerja. (4) Selain itu, pelatihan dan bimbingan perlu dilakukan (5) agar mereka tidak kembali ke jalanan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar