Hadirin yang berbahagia,, Perkembangan zaman saat ini menuntut kita untuk aktif dan terus berjuang keras. Akan tetapi, pada kenyataannya masyarakat kita justru terlena dengan globalisasi yang merupakan bagian dari perkembangan zaman. Sebagai contoh, anak-anak muda lebih peduli dengan budaya pop daripada melestarikan kesenian tradisional yang merupakan warisan bagi bangsa Indonesia. Ketidakpedulian anak-anak muda tersebut terjadi karena masyarakat kita tidak aktif menyeleksi budaya asing yang masuk ke negeri ini. Fenomena tersebut tentu menjadi tantangan kita untuk kembali melestarikan dan mengajarkan budaya Indonesia kepada generasi muda. Jika kita tidak mampu menjawab tantangan tersebut, tentu kemusnahan budaya Indonesia akan segera terjadi. Jika kita mampu melestarikannya, budaya Indonesia akan dihormati oleh bangsa lain.

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Perhatikan kutipan pidato berikut!

    Hadirin yang berbahagia,

    Perkembangan zaman saat ini menuntut kita untuk aktif dan terus berjuang keras. Akan tetapi, pada kenyataannya masyarakat kita justru terlena dengan globalisasi yang merupakan bagian dari perkembangan zaman. Sebagai contoh, anak-anak muda lebih peduli dengan budaya pop daripada melestarikan kesenian tradisional yang merupakan warisan bagi bangsa Indonesia. Ketidakpedulian anak-anak muda tersebut terjadi karena masyarakat kita tidak aktif menyeleksi budaya asing yang masuk ke negeri ini. Fenomena tersebut tentu menjadi tantangan kita untuk kembali melestarikan dan mengajarkan budaya Indonesia kepada generasi muda. Jika kita tidak mampu menjawab tantangan tersebut, tentu kemusnahan budaya Indonesia akan segera terjadi. Jika kita mampu melestarikannya, budaya Indonesia akan dihormati oleh bangsa lain.space

 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.space


Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. lsi pidato persuasif menghadirkan berbagai macam argumen dari sudut pandang pembicara. Jadi, pembicara menyatakan beberapa argumen untuk mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar dengan kata-kata yang diucapkannya.

Baca Selanjutnya :  " Hello, Miss Smith. Would you like a cup of coffee? Im just making some.", Oh. Yes, please! , How do you take it?, With milk and sugar please., Here you are., Thank you., The underlined expression expresses ....

Penyusunan pidato persuasif harus berdasarkan gagasan utama atau ide pokok. Gagasan utama atau ide pokok merupakan inti dari kalimat utama pada sebuah paragraf. Adapun kalimat utama merupakan simpulan dari sebuah paragraf. Kalimat utama berbentuk pernyataan umum yang akan didukung oleh kalimat-kalimat penjelas. Kalimat utama dibedakan menjadi tiga berdasarkan letaknya, yaitu di awal (deduktif), di akhir (induktif), dan awal-akhir (campuran).

Kalimat utama kutipan pidato tersebut terletak di awal, yaitu Perkembangan zaman saat ini menuntut kita untuk aktif dan terus berjuang keras. Hal itu terlihat pada kalimat selanjutnya yang menjelaskan tentang dampak globalisasi merupakan bagian dari perkembangan zaman yang ditunjukkan pada kalimat:

Akan tetapi, pada kenyataannya masyarakat kita justru terlena dengan globalisasi yang merupakan bagian dari perkembangan zaman. Sebagai contoh, anak-anak muda lebih peduli dengan budaya pop daripada melestarikan kesenian tradisional yang merupakan warisan bagi bangsa Indonesia. Ketidakpedulian anak-anak muda tersebut terjadi karena masyarakat kita tidak aktif menyeleksi budaya asing yang masuk ke negeri ini. Fenomena tersebut tentu menjadi tantangan kita untuk kembali melestarikan dan mengajarkan budaya Indonesia kepada generasi muda. Jika kita tidak mampu menjawab tantangan tersebut, tentu kemusnahan budaya Indonesia akan segera terjadi. Jika kita mampu melestarikannya, budaya Indonesia akan dihormati oleh bangsa lain.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar