Jika dua lempeng bertemu pada suatu sesar, keduanya dapat bergerak saling menjauhi, saling mendekati, atau saling bergeser. Umumnya, gerakan ini berlangsung lambat dan tidak dapat dirasakan oleh manusia , tetapi terukur sebesar 0-15 cm per tahun. Kadang-kadang, gerakan lempeng ini macet dan saling mengunci sehingga terjadi pengumpulan energi yang berlangsung terus sampai pada suatu saat batuan pada lempeng tektonik tersebut tidak lagi kuat menahan gerakan tersebut. Oleh karena itu, terjadi pelepasan mendadak yang kita kenai sebagai gempa bumi. Begitulah proses terjadinya gempa bumi., , Informasi dalam paragraf tersebut adalah ….,

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 1-3!

    Jika dua lempeng bertemu pada suatu sesar, keduanya dapat bergerak saling menjauhi, saling mendekati, atau saling bergeser. Umumnya, gerakan ini berlangsung lambat dan tidak dapat dirasakan oleh manusia , tetapi terukur sebesar 0-15 cm per tahun. Kadang-kadang, gerakan lempeng ini macet dan saling mengunci sehingga terjadi pengumpulan energi yang berlangsung terus sampai pada suatu saat batuan pada lempeng tektonik tersebut tidak lagi kuat menahan gerakan tersebut. Oleh karena itu, terjadi pelepasan mendadak yang kita kenai sebagai gempa bumi. Begitulah proses terjadinya gempa bumi.space 

(Sumber: id. wikipedia.org).

Informasi dalam paragraf tersebut adalah ….space 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.space 


Teks eksplanasi adalah sebuah tulisan yang berisi penjelasan lengkap tentang suatu topik yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Teks eksplanasi bertujuan menyampaikan informasi dengan jelas agar pembaca mengerti tentang suatu fenomena baik alam maupun sosial yang terjadi. Informasi yang disampaikan dalam teks eksplanasi merupakan fakta. Fenomena yang dibahas pun bersifat keilmuan atau ilmiah. 

Untuk dapat mengidentifikasi informasi dalam sebuah teks eksplanasi, maka kita harus menemukan gagasan utama. 
Langkah-langkah menentukan gagasan utama adalah:

  1. Membaca dan mencermati seluruh kalimat.
  2. Tandai kata kunci dalam paragraf.
  3. Temukan kalimat utama.
  4. Temukan gagasan utama dari kalimat utama.

Kalimat utama dalam bacaan di atas adalah “Begitulah proses terjadinya gempa bumi.” Dari kalimat utama tersebut, dapat ditentukan gagasan utamanya, yaitu “Proses terjadinya gempa bumi.”

Jadi, Informasi yang disampaikan pada teks eksplanasi di atas adalah proses terjadinya gempa bumi. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar