Keesokan harinya, si Bungsu telah bersiap-siap untuk kembali ke rumahnya. Namun, ia tak menjumpai seorang bidadari pun di dalam ruangan yang kemarin dipakai untuk menenun oleh para bidadari. Yang ditemuinya hanyalah permadani milik ibunya. Cepat-cepat, digulungnya permadani itu dan disandangkannya ke atas bahunya. la pun keluar dari ruangan itu., Cepat sekali ia mengendarai kudanya meninggalkan Istana Bukit Matahari. Meski demikian, ia tidak terus pulang, tetapi singgah di kuil tempat wanita sakti tinggal. la ingin mengucapkan terima kasih kepada wanita yang telah menolongnya itu.,

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Bacalah kutipan cerita fantasi berikut dengan saksama!

    Keesokan harinya, si Bungsu telah bersiap-siap untuk kembali ke rumahnya. Namun, ia tak menjumpai seorang bidadari pun di dalam ruangan yang kemarin dipakai untuk menenun oleh para bidadari. Yang ditemuinya hanyalah permadani milik ibunya. Cepat-cepat, digulungnya permadani itu dan disandangkannya ke atas bahunya. la pun keluar dari ruangan itu.

    Cepat sekali ia mengendarai kudanya meninggalkan Istana Bukit Matahari. Meski demikian, ia tidak terus pulang, tetapi singgah di kuil tempat wanita sakti tinggal. la ingin mengucapkan terima kasih kepada wanita yang telah menolongnya itu.space 

Pembahasan

Teks cerita fantasi adalah teks cerita yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita fantasi tidak nyata atau fiksi. Teks cerita fantasi dapat divariasikan. Memvariasikan teks dapat dilakukan dengan cara mengubah narasi ke dalam bentuk dialog atau mengubah akhir ceritanya. Adapun langlah-langkah mengubah narasi menjadi dialog sebagai berikut:

  1. Mengetahui dan memahami inti cerita.
  2. Menuliskan kembali menggunakan bahasa sendiri dalam bentuk dialog.

Berdasarkan penjelasan tersebut, teks narasi di atas dapat diubah menjadi dialog seperti:

    Keesokan harinya, si Bungsu bersiap-siap untuk kembali ke rumah. Ia pun melewati ruangan tempat bidadari-bidadari menenun kain. Akan tetapi, si Bungsu heran karena ruangan tersebut tampak sepi dan hanya tersisa permadani milik ibu yang dicarinya.

    “Hmmm, kemana perginya bidadari-bidadari itu ya?” gumam si Bungsu.

    “Aha, ini dia yang aku cari. Akhirnya aku menemukanmu permadani. Semoga kamu dapat membantu kesembuhan ibuku. Sekarang ayo kita pulang!” seru si Bungsu dengan girang dan segera melipat permadani tersebut.

    Si Bungsu pun segera meninggalkan Istana Bukit Matahari. Ia memacu kudanya dengan kencang. Sebelum tiba di rumah, ia tidak lupa berterima kasih kepada wanita sakti di kuil miliknya.

    “Terima kasih karena sudah membantu saya wanita sakti,” ucap si Bungsu.

    “Ya, kamu segera pulang dan berikan permadani itu pada ibumu agar ia segera sembuh,” balas wanita sakti sambil tersenyum kepada si Bungsu. 

    Si Bungsu pun pergi dari kuil dan memacu kudanya lebih cepat agar ia segera tiba di rumah.space 



Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar