Advertisement
Categories: Tak Berkategori

, Mengubah pola pikir masyarakat Indonesia soal sumber karbohidrat selain nasi bukan perkara mudah. Apalagi ada anggapan bahwa kalau belum makan nasi maka perut belum kenyang. Direktur SEAFAST Center Pusat Pengembangan llmu Pengetahuan Teknologi Pangan & Pertanian Asia Tenggara), Prof. Dr. Nuri andarwulan, mengatakan pemikiran tersebut bagian dari sisi psikologis. Hal ini disebabkan pemikiran mengenai kebutuhan nasi tersebut berasal dari pola asuh dan sudah terekam di otak sejak kecil., Ada ragam sumber karbohidrat pengganti nasi yang dapat diperoleh dari sumber pangan lokal seperti ubi, talas, singkong, dan sagu. sebagai perbandingan, jumlah karbohidrat dalam 100 gram sagu mencapai 87,55 gram. Untuk 100 gram talas, kandungan karbohidratnya mencapai 26,46 gram. Dalam 100 gram nasi terkandung 27,9 gram karbohidrat.,

Advertisement
Published by
Guru B.indonesia
Advertisement

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 4-6.
 

    Mengubah pola pikir masyarakat Indonesia soal sumber karbohidrat selain nasi bukan perkara mudah. Apalagi ada anggapan bahwa kalau belum makan nasi maka perut belum kenyang. Direktur SEAFAST Center Pusat Pengembangan llmu Pengetahuan Teknologi Pangan & Pertanian Asia Tenggara), Prof. Dr. Nuri andarwulan, mengatakan pemikiran tersebut bagian dari sisi psikologis. Hal ini disebabkan pemikiran mengenai kebutuhan nasi tersebut berasal dari pola asuh dan sudah terekam di otak sejak kecil.

    Ada ragam sumber karbohidrat pengganti nasi yang dapat diperoleh dari sumber pangan lokal seperti ubi, talas, singkong, dan sagu. sebagai perbandingan, jumlah karbohidrat dalam 100 gram sagu mencapai 87,55 gram. Untuk 100 gram talas, kandungan karbohidratnya mencapai 26,46 gram. Dalam 100 gram nasi terkandung 27,9 gram karbohidrat.
 

(Sumber: lifestyle.kompas.com)

Daftar Isi

Related Post

Jawaban

jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah D.

Pembahasan

    Teks eksposisi adalah suatu paragraf atau tulisan berisi informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat, dan disertai dengan pendapat (argumen) penulis.. Selain itu, teks eksposisi juga dapat diartikan sebagai teks yang memiliki fungsi menyampaikan gagasan atau pemikiran tentang suatu topik tertentu. Infomasi yang disampaikan dalam teks eksposisi diperoleh berdasarkan fakta atau kejadian yang benar-benar terjadi.

    Berdasarkan KBBI, simpulan adalah sesuatu yang disimpulkan atau diikatkan; hasil menyimpulkan; kesimpulan. Simpulan juga bisa berarti pendapat akhir yang disampaikan baik secara lisan maupun tulisan.

    Simpulan dapat diperoleh menggunakan dua cara. Pertama, langsung mengambil kalimat simpulan dalam paragraf, biasanya ditandai dengan kata jadi, dengan demikian, oleh karena itu, atau oleh sebab itu. Kedua, menggabungkan kalimat utama yang ada pada setiap paragraf.

    Langkah-langkah menyimpulkan isi teks eksposisi adalah sebagai berikut.
 

  1. Membaca atau mendengarkan teks eksposisi dengan saksama.
  2. Mencatat isi pokok teks eksposisi. lsi teks eksposisi merupakan gagasan pokok teks. Gagasan pokok merupakan informasi penting yang disampaikan penulis. Jadi, penentuan isi pokok informasi berdasarkan gagasan pokok tiap paragraf dalam teks eksposisi.
  3. Merangkaikan isi pokok teks menjadi sebuah simpulan.

    Berdasarkan teks eksposisi di atas dapat disimpulkan bahwa kandungan ubi dan talas tidak jauh berbeda dengan nasi sehingga dapat digunakan sebagai bahan pengganti yang juga sebagai sumber karbohidrat. Disamping itu, masyarakat juga perlu mencoba sagu.

    Dengan demikian, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah D.

Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Advertisement
Guru B.indonesia

Share
Published by
Guru B.indonesia
Advertisement
  • Recent Posts

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 190 191 192 Semester 2

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 190 191 192 Semester 2…

    14 jam ago

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 171 172 173 Semester 2

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 171 172 173 Semester 2…

    14 jam ago

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 241 242 243 Semester 2

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 241 242 243 Semester 2…

    14 jam ago

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 154 155 156 Semester 2

    BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PAI Ayo Berlatih Halaman 154 155 156 Semester 2…

    2 hari ago
    Advertisement