Saat itu peri adalah makhluk mungil nan cantik yang bertugas memberikan keceriaan bagi anak-anak manusia. Mereka pergi ke bumi melalui pintu-pintu ceria yang akan mengantarkannya ke setiap kamar anak manusia. Kemudian, dengan sayapnya, para peri dengan lincah terbang dan melakukan atraksi yang membuat anak manusia tertawa girang. “Vixxio, kenapa kamu melamun?” Tiba-tiba dari atas datang peri tua, Pak Pettu. “Kenapa kau tidak bergegas ke Pintu Ceria?” Wajah Vixxio semakin sedih, “Tapi Pak Pettu, aku tidak mempunyai sayap untuk terbang dan beratraksi. Bagaimana aku bisa membuat anak-anak tertawa riang?”. Pak Pettu yang bijaksana terdiam. “Pak Pettu, kenapa Tuhan tidak memberiku sayap seperti yang lain? Bukankahjika aku memiliki sayap, aku pasti akan menebarkan keceriaanjuga.”,

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Cermatilah cerita fantasi berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!

Saat itu peri adalah makhluk mungil nan cantik yang bertugas memberikan keceriaan bagi anak-anak manusia. Mereka pergi ke bumi melalui pintu-pintu ceria yang akan mengantarkannya ke setiap kamar anak manusia. Kemudian, dengan sayapnya, para peri dengan lincah terbang dan melakukan atraksi yang membuat anak manusia tertawa girang. “Vixxio, kenapa kamu melamun?” Tiba-tiba dari atas datang peri tua, Pak Pettu. “Kenapa kau tidak bergegas ke Pintu Ceria?” Wajah Vixxio semakin sedih, “Tapi Pak Pettu, aku tidak mempunyai sayap untuk terbang dan beratraksi. Bagaimana aku bisa membuat anak-anak tertawa riang?”. Pak Pettu yang bijaksana terdiam. “Pak Pettu, kenapa Tuhan tidak memberiku sayap seperti yang lain? Bukankah jika aku memiliki sayap, aku pasti akan menebarkan keceriaan juga.”space 

- Daftar Isi -

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan A.space 


Pembahasan

Teks cerita fantasi adalah teks cerita yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita fantasi tidak nyata atau fiksi. Karakteristik cerita fantasi sebagai berikut:

  1. Ceritaya bertema magi (magic) dan supernatural (futuristik)
  2. Ide cerita diangkat dari gabungan dunia nyata dan dunia imajinasi
  3. Latar kehidupan nyata dan latar imajinasi yang dapat menembus dimensi ruang dan waktu
  4. Tokoh memiliki kekuatan yang fantastis
  5. Cerita dapat bersumber dari murni imajinasi penulis atau kejadian nyata yang dimasukkan unsur-unsur fantasi.

 

Berdasarkan kutipan:

Kemudian, dengan sayapnya, para peri dengan lincah terbang dan melakukan atraksi yang membuat anak manusia tertawa girang.

Dapat disimpulkan, kutipan tersebut merupakan gabungan peristiwa yang terjadi di dunia nyata dan imajinasi. Peristiwa nyata dalam kutipan tersebut ditandai dengan klausa anak manusia tertawa girang, sedangkan peristiwa fantasi ditandai dengan klausa kemudian, dengan sayapnya, para peri dengan lincah terbang dan melakukan atraksi karena peri hanya ada di dunia dongeng.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.space 


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar