, Saudara-saudara yang saya hormati,, Berita , biasa menggunakan judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu. lsi berita , pun bisa diambil dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat berita, . Apabila menjumpai berita dengan judul provokatif, sebaiknya kita mencari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi. Kemudian, kita membandingkan isinya sama atau berbeda. Dengan demikian, setidaknya kita sebagai pembaca berita bisa memperoleh informasi yang lebih berimbang.

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Perhatikan kutipan pidato berikut!
 

    Saudara-saudara yang saya hormati,

    Berita hoax biasa menggunakan judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu. lsi berita hoax pun bisa diambil dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat berita hoax. Apabila menjumpai berita dengan judul provokatif, sebaiknya kita mencari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi. Kemudian, kita membandingkan isinya sama atau berbeda. Dengan demikian, setidaknya kita sebagai pembaca berita bisa memperoleh informasi yang lebih berimbang.

Sumber: https://web.archive.org/web/20201101084642/https://kominfo.go.id/content/detail/8949/ini-cara-mengatasi-berita-hoax-di-dunia-maya/0/sorotan_media, diakses 1 Maret 2021.space 

- Daftar Isi -

Jawaban

simpulan pidato tersebut adalah pembaca sebaiknya tidak mudah percaya dengan berita sebelum mencari tahu kebenarannya karena bisa saja hoax.space


Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. lsi pidato persuasif menghadirkan berbagai macam argumen dari sudut pandang pembicara. Jadi, pembicara menyatakan beberapa argumen untuk mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar dengan kata-kata yang diucapkannya.

Simpulan merupakan hasil dari proses menyimpulkan untuk meringkas isi menjadi lebih singkat dan mudah dipahami. Cara menyimpulkan isi dalam pidato persuasif sebagai berikut.

1. Membaca atau mendengarkan pidato persuasif dengan saksama.

2. Mencatat pokok-pokok isi yang terkandung dalam pidato persuasif.

3. Mengambil inti sari dari setiap pokok informasi yang ditemukan.

4. Menyimpulkan isi pidato persuasif dalam beberapa kalimat.

Berikut ini adalah analisis pokok-pokok isi kutipan pidato tersebut.

1) Berita hoax yang menggunakan judul  provokatif untuk menarik pembaca. Hal tersebut dapat dilihat dalam kutipan: Berita hoax biasa menggunakan judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu.

2) Asal berita hoax. Dalam kutipan, dijelaskan bagaimana berita hoax dibuat: lsi berita hoax pun bisa diambil dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat berita hoaks.

3) Cara menangani ketika membaca berita hoax yang dapat dilihat dalam kutipan: Apabila menjumpai berita dengan judul provokatif, sebaiknya kita mencari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi. Kemudian, kita membandingkan isinya sama atau berbeda.

4) Walaupun banyak berita hoax, pembaca masih dapat menemukan informasi berimbang. Isi pokok tersebut dijelaskan dalam kalimat: Dengan demikian, setidaknya kita sebagai pembaca berita bisa memperoleh informasi yang lebih berimbang.

Dengan demikian, simpulan pidato tersebut adalah pembaca sebaiknya tidak mudah percaya dengan berita sebelum mencari tahu kebenarannya karena bisa saja hoax.space


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar