Saudara-saudara yang saya hormati,, Mari kita ucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul dalam acara bertema “Cermati, Sebelum Membagi Berita”., Saudara-saudara yang saya hormati,, Akhir-akhir ini sering ditemukan penyebaran , melalui media sosial. , sangat berbahaya bagi keharmonisan bangsa Indonesia. , dapat menimbulkan perpecahan antarwarga. Lebih parah lagi, , dapat menimbulkan keributan yang dapat mengganggu kepentingan orang banyak. Sebenarnya perihal , sudah diatur dalam undang-undang. Penyebar , dapat dijerat Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang ITE. Dalam pasal tersebut disebutkan penyebar , dapat diancam pidana berdasarkan Pasal 45A Ayat (1) UU19/2016. Berdasarkan pasal tersebut, tersangka penyebar , dapat diancam hukuman penjara paling lama enam tahun dan denda paling banyak satu miliar rupiah. Walaupun hukumannya berat, , masih saja sering dijumpai., Saudara-saudara yang saya hormati,, Pada kesempatan ini saya ingin mengajak Saudara-saudara memerangi , . , dapat diatasi dari diri kita sendiri. Kita dapat menyaring informasi yang berkembang melalui media massa. Pahami terlebih dahulu informasi sebelum menyebarkannya. Pastikan kebenaran informasi tersebut. Jangan sampai tergiring oleh kabar yang belum pasti kebenarannya. Mari lebih teliti, mari hindari menyebarkan berita palsu. Bersama-sama, kita pasti dapat menghilangkan , di Indonesia., Saudara-saudara yang saya hormati,, Saya kira hanya ini yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Saudara-saudara, saya mengucapkan terima kasih. Apabila ada ucapan atau tindakan yang tidak berkenan di hati Saudara-saudara, saya mohon maaf.

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Perhatikan kutipan pidato berikut!

   
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Saudara-saudara yang saya hormati,

    Mari kita ucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul dalam acara bertema “Cermati, Sebelum Membagi Berita”.

    Saudara-saudara yang saya hormati,

    Akhir-akhir ini sering ditemukan penyebaran hoax melalui media sosial. Hoax sangat berbahaya bagi keharmonisan bangsa Indonesia. Hoax dapat menimbulkan perpecahan antarwarga. Lebih parah lagi, hoax dapat menimbulkan keributan yang dapat mengganggu kepentingan orang banyak. Sebenarnya perihal hoax sudah diatur dalam undang-undang. Penyebar hoax dapat dijerat Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang ITE. Dalam pasal tersebut disebutkan penyebar hoax dapat diancam pidana berdasarkan Pasal 45A Ayat (1) UU19/2016. Berdasarkan pasal tersebut, tersangka penyebar hoax dapat diancam hukuman penjara paling lama enam tahun dan denda paling banyak satu miliar rupiah. Walaupun hukumannya berat, hoax masih saja sering dijumpai.

    Saudara-saudara yang saya hormati,

    Pada kesempatan ini saya ingin mengajak Saudara-saudara memerangi hoax. Hoax dapat diatasi dari diri kita sendiri. Kita dapat menyaring informasi yang berkembang melalui media massa. Pahami terlebih dahulu informasi sebelum menyebarkannya. Pastikan kebenaran informasi tersebut. Jangan sampai tergiring oleh kabar yang belum pasti kebenarannya. Mari lebih teliti, mari hindari menyebarkan berita palsu. Bersama-sama, kita pasti dapat menghilangkan hoax di Indonesia.

    Saudara-saudara yang saya hormati,

    Saya kira hanya ini yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Saudara-saudara, saya mengucapkan terima kasih. Apabila ada ucapan atau tindakan yang tidak berkenan di hati Saudara-saudara, saya mohon maaf.

    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.space 

- Daftar Isi -

Jawaban

informasi penting pidato persuasif tersebut adalah bahaya hoax, hukum undang-undang terkait hoax, cara menghindari hoax, dan ajakan tidak menyebarkan hoax.space


Pembahasan

Pidato persuasif memuat informasi penting. Informasi tersebut dapat ditemukan pada bagian isi pidato. lnformasi penting dapat berupa data atau opini pembicara. Dalam pidato persuasif juga terdapat pesan pembicara. Pembicara sering menyelipkan pesan informasi yang disampaikannya. Adapun langkah langkah menemukan informasi dalam pidato persuasif sebagai berikut.
a. Membaca atau mendengarkan pidato persuasif dengan saksama.
b. Mencatat informasi penting dalam pidato persuasif yang dibaca atau didengarkan.
c. Menyimpulkan pesan dari informasi penting dalam pidato persuasif yang dibaca atau didengarkan.

Berdasarkan isi pidato, informasi penting yang dibahas berkaitan dengan bahaya hoax. Pembahasan tersebut dapat dilihat pada kalimat: …. Hoax dapat menimbulkan perpecahan antarwarga. Lebih parah lagi, hoax dapat menimbulkan keributan yang dapat mengganggu kepentingan orang banyak. ….

informasi penting lainnya berkaitan dengan hukum hoax dibahas pada: … Sebenarnya perihal hoax sudah diatur dalam undang-undang. Penyebar hoax dapat dijerat Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang ITE. Dalam pasal tersebut disebutkan penyebar hoax dapat diancam pidana berdasarkan Pasal 45A Ayat (1) UU19/2016. Berdasarkan pasal tersebut, tersangka penyebar hoax dapat diancam hukuman penjara paling lama enam tahun dan denda paling banyak satu miliar rupiah. ….

Selain itu, informasi tentang cara menghindari hoax dan ajakan tidak menyebarkan hoax terdapat pada:

…. Hoax dapat diatasi dari diri kita sendiri. Kita dapat menyaring informasi yang berkembang melalui media massa. Pahami terlebih dahulu informasi sebelum menyebarkannya. Pastikan kebenaran informasi tersebut. Jangan sampai tergiring oleh kabar yang belum pasti kebenarannya. Mari lebih teliti, mari hindari menyebarkan berita palsu. Bersama-sama, kita pasti dapat menghilangkan hoax di Indonesia. ….

Dengan demikian, informasi penting pidato persuasif tersebut adalah bahaya hoax, hukum undang-undang terkait hoax, cara menghindari hoax, dan ajakan tidak menyebarkan hoax.space


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar