, , Saudara-saudara yang terhormat,, Saudara pasti pernahmendengar keelokan budaya Indonesia. Kebudayaan Indonesia terdiri atas baik kebudayaan lisan maupun kebudayaan tulis. Kebudayaan lisan Indonesia biasanya diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Contohdari kebudayaan lisan adalah dongeng, cerita rakyat, dan lagu daerah. Indonesia juga kaya akan kebudayaan yang bersifat fisik. Kebudayaan tersebut meliputi kesenian daerah, misalnya seni tari, seni musik, dan hasil kerajinan kbas suatu daerah. Sebagai generasi penerus bangsa, kita mempunyai kewajiban dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan tersebut. Kita bisa melakukan banyak tindakan untuk menjaga kebudayaan tersebut. Ayo, bersama-sama mempelajari kebudayaan daerah yang menopang negara Indonesia. Pelajari kebudayaan daerah secara serius dan berkesinambungan., Hadirin yang berbahagia,, Budaya adalah cermin suatu bangsa. Indonesia memiliki budaya ketimuran yang memiliki sopan santun. Pada zaman sekarang ini, para pemuda lebih menyukai kebudayaan asing. Kebudayaan asing dirasa lebih menarik daripada kebudayaan dalam negeri. 1) Padahal, kebudayaan Indonesia mengajarkan tatakrama dan sopan santun dalam bertutur kata. Sikap sopan santun sepertinya sudahmenjadi barang langka ditemui dalam kehidupan sehari-hari. 2) Agar dibilang gaul, generasi muda melakukan tindakan-tindakan negatif yang tidak mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Pemuda sering tawuran agar dibilang jago. Pemuda memakai obat-obatan terlarang agar dibilang keren. 3) Namun, kita harus menjaga generasi muda kita untuk lebihmengenal budaya ketimuran yang adiluhung. Caranya bagaimana? Caranya, dari kecil anak-anak kita sudahdiperkenalkan dengan sopan santun dan tata krama. 4) Jika terbiasa, pemuda akan tumbuhmenjadi pemuda yang santun. Ayo, bersama-sama menjaga generasi muda kita agar tidak terjerumus dalam pengaruhnegatif budaya asing!

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Perhatikan kutipan pidato berikut!
 

Kutipan pidato 1  

    Saudara-saudara yang terhormat,

  Saudara pasti pernah mendengar keelokan budaya Indonesia. Kebudayaan Indonesia terdiri atas baik kebudayaan lisan maupun kebudayaan tulis. Kebudayaan lisan Indonesia biasanya diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Contoh dari kebudayaan lisan adalah dongeng, cerita rakyat, dan lagu daerah. Indonesia juga kaya akan kebudayaan yang bersifat fisik. Kebudayaan tersebut meliputi kesenian daerah, misalnya seni tari, seni musik, dan hasil kerajinan kbas suatu daerah. Sebagai generasi penerus bangsa, kita mempunyai kewajiban dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan tersebut. Kita bisa melakukan banyak tindakan untuk menjaga kebudayaan tersebut. Ayo, bersama-sama mempelajari kebudayaan daerah yang menopang negara Indonesia. Pelajari kebudayaan daerah secara serius dan berkesinambungan.

Kutipan pidato 2

    Hadirin yang berbahagia,

  Budaya adalah cermin suatu bangsa. Indonesia memiliki budaya ketimuran yang memiliki sopan santun. Pada zaman sekarang ini, para pemuda lebih menyukai kebudayaan asing. Kebudayaan asing dirasa lebih menarik daripada kebudayaan dalam negeri. 1) Padahal, kebudayaan Indonesia mengajarkan tata krama dan sopan santun dalam bertutur kata. Sikap sopan santun sepertinya sudah menjadi barang langka ditemui dalam kehidupan sehari-hari. 2) Agar dibilang gaul, generasi muda melakukan tindakan-tindakan negatif yang tidak mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Pemuda sering tawuran agar dibilang jago. Pemuda memakai obat-obatan terlarang agar dibilang keren. 3) Namun, kita harus menjaga generasi muda kita untuk lebih mengenal budaya ketimuran yang adiluhung. Caranya bagaimana? Caranya, dari kecil anak-anak kita sudah diperkenalkan dengan sopan santun dan tata krama. 4) Jika terbiasa, pemuda akan tumbuh menjadi pemuda yang santun. Ayo, bersama-sama menjaga generasi muda kita agar tidak terjerumus dalam pengaruh negatif budaya asing!space

 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.space


Baca Selanjutnya :  Perhatikan gambar berikut!, , Di atas merupakan gambar slinki yang bergetar. Hitunglah periodepada slinki tersebut!

Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. lsi pidato persuasif menghadirkan berbagai macam argumen dari sudut pandang pembicara. Jadi, pembicara menyatakan beberapa argumen untuk mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar dengan kata-kata yang diucapkannya.

Pidato persuasif memiliki kaidah kebahasaan yang harus diperhatikan. Salah satu kaidah kebahasaan pidato persuasif aadalah konjungsi atau kata hubung. Konjungsi atau kata hubung merupakan bagian dari kaidah kebahasaan teks pidato persuasif. Konjungsi adalah kata hubung yang berfungsi untuk menghubungkan antarkata, antarklausa, atau antarkalimat. Contoh konjungsi adalah dan, atau, tetapi, agar, jika, ketika, padahal, namun, dan sebagainya. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat yang memiliki kesalahan konjungsi terletak pada kalimat 1) Padahal, kebudayaan Indonesia mengajarkan tata krama dan sopan santun dalam bertutur kata. Sikap sopan santun sepertinya sudah menjadi barang langka ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Konjungsi padahal merupakan kata sambung untuk menunjukkan pertentangan antara bagian-bagian yang dirangkaikan. Contohnya: Ia pura-pura berani, padahal tangannya gemetar.

Penggunaan konjungsi pada kalimat 1) tidak tepat karena tidak diikuti induk kalimatnya. Selain itu, kesalahan lainnya terletak pada penggunaan koma setelah konjungsi padahal. Konjungsi intrakalimat seperti padahal, agar, dan jika tidak diikuti koma. Tanda koma hanya digunakan apabila anak kalimat mendahului induk kalimat atau penggunaan konjungsi antarkalmat, seperti namun, dengan demikian, jadi, oleh karena itu, dan sebagainya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar