, Saudara-saudara yang terhormat,, Saudara pasti pernahmendengar keelokan budaya Indonesia. Kebudayaan Indonesia terdiri atas baik kebudayaan lisan maupun kebudayaan tulis. Kebudayaan lisan Indonesia biasanya diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Contohdari kebudayaan lisan adalah dongeng, cerita rakyat, dan lagu daerah. Indonesia juga kaya akan kebudayaan yang bersifat fisik. Kebudayaan tersebut meliputi kesenian daerah, misalnya seni tari, seni musik, dan hasil kerajinan kbas suatu daerah. Sebagai generasi penerus bangsa, kita mempunyai kewajiban dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan tersebut. Kita bisa melakukan banyak tindakan untuk menjaga kebudayaan tersebut. Ayo, bersama-sama mempelajari kebudayaan daerah yang menopang negara Indonesia. Pelajari kebudayaan daerah secara serius dan berkesinambungan., Hadirin yang berbahagia,, Budaya adalah cermin suatu bangsa. Indonesia memiliki budaya ketimuran yang memiliki sopan santun. Pada zaman sekarang ini, para pemuda lebih menyukai kebudayaan asing. Kebudayaan asing dirasa lebih menarik daripada kebudayaan dalam negeri. 1) Padahal, kebudayaan Indonesia mengajarkan tatakrama dan sopan santun dalam bertutur kata. Sikap sopan santun sepertinya sudahmenjadi barang langka ditemui dalam kehidupan sehari-hari. 2) Agar dibilang gaul, generasi muda melakukan tindakan-tindakan negatif yang tidak mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Pemuda sering tawuran agar dibilang jago. Pemuda memakai obat-obatan terlarang agar dibilang keren. 3) Namun, kita harus menjaga generasi muda kita untuk lebihmengenal budaya ketimuran yang adiluhung. Caranya bagaimana? Caranya, dari kecil anak-anak kita sudahdiperkenalkan dengan sopan santun dan tata krama. 4) Jika terbiasa, pemuda akan tumbuhmenjadi pemuda yang santun. Ayo, bersama-sama menjaga generasi muda kita agar tidak terjerumus dalam pengaruhnegatif budaya asing!

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Perhatikan kutipan pidato berikut!

Kutipan pidato 1

    Saudara-saudara yang terhormat,

  Saudara pasti pernah mendengar keelokan budaya Indonesia. Kebudayaan Indonesia terdiri atas baik kebudayaan lisan maupun kebudayaan tulis. Kebudayaan lisan Indonesia biasanya diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Contoh dari kebudayaan lisan adalah dongeng, cerita rakyat, dan lagu daerah. Indonesia juga kaya akan kebudayaan yang bersifat fisik. Kebudayaan tersebut meliputi kesenian daerah, misalnya seni tari, seni musik, dan hasil kerajinan kbas suatu daerah. Sebagai generasi penerus bangsa, kita mempunyai kewajiban dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan tersebut. Kita bisa melakukan banyak tindakan untuk menjaga kebudayaan tersebut. Ayo, bersama-sama mempelajari kebudayaan daerah yang menopang negara Indonesia. Pelajari kebudayaan daerah secara serius dan berkesinambungan.

Kutipan pidato 2

    Hadirin yang berbahagia,

  Budaya adalah cermin suatu bangsa. Indonesia memiliki budaya ketimuran yang memiliki sopan santun. Pada zaman sekarang ini, para pemuda lebih menyukai kebudayaan asing. Kebudayaan asing dirasa lebih menarik daripada kebudayaan dalam negeri. 1) Padahal, kebudayaan Indonesia mengajarkan tata krama dan sopan santun dalam bertutur kata. Sikap sopan santun sepertinya sudah menjadi barang langka ditemui dalam kehidupan sehari-hari. 2) Agar dibilang gaul, generasi muda melakukan tindakan-tindakan negatif yang tidak mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Pemuda sering tawuran agar dibilang jago. Pemuda memakai obat-obatan terlarang agar dibilang keren. 3) Namun, kita harus menjaga generasi muda kita untuk lebih mengenal budaya ketimuran yang adiluhung. Caranya bagaimana? Caranya, dari kecil anak-anak kita sudah diperkenalkan dengan sopan santun dan tata krama. 4) Jika terbiasa, pemuda akan tumbuh menjadi pemuda yang santun. Ayo, bersama-sama menjaga generasi muda kita agar tidak terjerumus dalam pengaruh negatif budaya asing!space

 

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.space


Baca Selanjutnya :  If you ever find yourself stuck in the middle of the sea, "Ill sail the world to find you", "If you ever find yourself lost in the dark and you cant see", "Ill be the light to guide you", "Well find out what were made of", When we are called to help our friends in need, You can count on me like one, two, three, "Ill be there", And I know when I need it, I can count on you like four, three, two, "And youll be there", "Cause thats what friends are supposed to do, oh, yeah", Ooh-ooh-ooh-ooh, Ooh-ooh-ooh-ooh, ooh, yeah, yeah, "If you tossin and youre turnin and you just cant fall asleep", "Ill sing a song beside you", And if you ever forget how much you really mean to me, Every day I will remind you, oh, "Well find out what were made of", When we are called to help our friends in need, You can count on me like one, two, three, "Ill be there", And I know when I need it, I can count on you like four, three, two, "And youll be there", "Cause thats what friends are supposed to do, oh, yeah", Ooh-ooh-ooh-ooh, Ooh-ooh-ooh-ooh, ooh, yeah, yeah, "Youll always have my shoulder when you cry", "Ill never let go, never say goodbye", You know..., You can count on me like one, two, three, "Ill be there", And I know when I need it I can count on you like four, three, two, "And youll be there", "Cause thats what friends are supposed to do, oh, yeah", Ooh-ooh-ooh-ooh, Ooh-ooh-ooh-ooh, ooh, "You can count on me cause I can count on you"

Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. lsi pidato persuasif menghadirkan berbagai macam argumen dari sudut pandang pembicara. Jadi, pembicara menyatakan beberapa argumen untuk mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar dengan kata-kata yang diucapkannya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kedua kutipan pidato di atas sama-sama bertujuan untuk mengajak pendengarnya, tetapi ajakan tersebut memiliki perbedaan, yaitu kutipan pidato 1 berisi ajakan untuk mempelajari budaya daerah, kutipan pidato 2 berisi ajakan untuk menjaga diri agar menghindari pengaruh negatif budaya asing. Perbedaan ajakan tersebut dapat dilihat pada kalimat ajakan di setiap akhir kutipan.

Pada pidato 1 ajakan untuk mempelajari budaya daerah ditunjukkan pada kalimat: Ayo, bersama-sama mempelajari kebudayaan daerah yang menopang negara Indonesia. Kalimat tersebut jelas mengajak pendengarnya untuk mempelajari kebudayaan daerah. Pada pidato 2 ajakan untuk menjaga diri agar menghindari pengaruh negatif budaya asing ditunjukkan pada kalimat: Ayo, bersama-sama menjaga generasi muda kita agar tidak terjerumus dalam pengaruh negatif budaya asing! Kalimat tersebut jelas mengajak pendengarnya untuk tidak terjerumus pengaruh negatif budaya asing.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar