Sebuah ketel dengan kapasitas kalor 150 J/K mengandung 0,5 kg air pada 20°Cdan memiliki sebuah pemanas listrik yang memberikan daya 200 W. Anggap tidakada kalor yang hilang ke lingkungan sekitar. Berapa lama waktu yang diperlukanpemanas untuk meningkatkan suhu air sampai dengan 100°C?

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya. …

Photo of author

Written by: Guru Fisika

Published on:

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN SOAL:

Sebuah ketel dengan kapasitas kalor 150 J/K mengandung 0,5 kg air pada 20°C dan memiliki sebuah pemanas listrik yang memberikan daya 200 W. Anggap tidak ada kalor yang hilang ke lingkungan sekitar. Berapa lama waktu yang diperlukan pemanas untuk meningkatkan suhu air sampai dengan 100°C?

Jawaban

jawaban yang benar adalah 900 s.


Diketahui:

C subscript k e t e l end subscript equals 150 space straight J divided by straight K m subscript a i r end subscript equals 0 comma 5 space kg c subscript a i r end subscript equals 4.200 space straight J divided by kg degree straight C T subscript 0 equals 20 degree straight C T subscript a equals 100 degree straight C P equals 200 space straight W        

Ditanya: t equals... ?  

Penyelesaian:

Pada kasus ini terjadi perubahan energi dari energi listrik oleh pemanas menjadi kalor yang diterima oleh ketel dan air.

W subscript l i s t r i k end subscript equals Q subscript k e t e l end subscript plus Q subscript a i r end subscript P cross times t equals open parentheses C subscript k e t e l end subscript cross times capital delta T subscript k e t e l end subscript close parentheses plus open parentheses m subscript a i r end subscript cross times c subscript a i r end subscript cross times capital delta T subscript a i r end subscript close parentheses 200 cross times t equals open parentheses 150 cross times open parentheses 100 minus 20 close parentheses close parentheses plus open parentheses 0 comma 5 cross times 4200 cross times open parentheses 100 minus 20 close parentheses close parentheses 200 cross times t equals 12000 plus 168000 t equals 180000 over 200 t equals 900 space straight s.       

Dengan demikian, waktu yang diperlukan pemanas adalah 900 s.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah 900 s.


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar

Previous

Suatu kumparan pemanas memerlukan 28 menit untuk memanaskan 0,20 kg airdari 20°C ke titik didihnya (100°C). Berapa lamawaktu yang diperlukan oleh pemanas untuk menguapkan 0,02 kg air mendidih? (kalor uap air = 2.270.000 J/kg)

Next

Sebuah bejana tembaga bermassa 0,10 kg mengandung 0,10 kg terpentin. Jikabejana dipanaskan selama 109 s oleh sebuah pemanas listrik100 W, tentukan kenaikan suhunya!(Ambil data kalor jenis tembaga = 390 J/kg°C dan kalor jenis terpentin= 1.800 J/kg°C)