, Sepulang sekolah Syila mengajakku untuk pergi ke toko antik dekat sekolah., “Aisyah kita pergi ke toko antik, yuk!” seru Syila kepada sahabatnya Aisyah., “Emang mau apa kamu ke sana?” jawab Aisyah., “Ya, aku ingin beli buku harian (, ). Aku suka mencurahkan isi hatiku ke dalam buku harian,” kata Syila., Syila bisa dikatakan tidak pernah curhat kepada siapa pun bahkan kepada Aisyah. Meskipun dia sangat dekat., “Ahh, kamu toko antik saja harus kamu kunjungi. Kalau gitu ayo kita ke sana,” kata Aisyah., Mereka pun masuk ke dalam toko dan memilih barang. Setelah memilih dan membayar barang, Syila dan Aisyah pulang bersama. Setibanya di rumah, Syila langsung pergi ke kamar dan segera menulis curahan hatiku pada buku , yang baru dibelinya. Ketika Syila sedang menulis tiba-tiba cahaya datang menerangi ruangan kamarnya. Syila juga mendengar suara, “Jangan menulis di buku itu!” Suara aneh yang menyeramkan terdengar. Syila sangat terkejut dan ketakutan mendengarnya., Esok harinya Syila menceritakan kejadian aneh itu kepada Aisyah. Ia juga merasa takut tetapi Aisyah mengetahui sesuatu tentang cerita bahwa buku , dikutuk. Mereka berencana pergi ke alamat yang tertera di internet. Kebetulan ada ayah Syila yang mau mengantarkan mereka. Setibanya di alamat itu, mereka melihat seorang bapak tua yang berdiri di samping pohon. Mereka pun menanyakan hal tentang buku , itu. Ternyata buku itu milik bapak tua itu. Si bapak tua menceritakan segalanya., “Sebenarnya buku itu dikutuk karena saya telah menghina dan mengusir anak yatim dari kampung ini. Tiba-tiba kejadian aneh datang kepada buku itu dan buku itu kini menjadi misterius,” kata si bapak tua. Syila pun mengembalikannya kepada bapak tua. Bapak tua lalu mengubur buku misterius itu di dalam tanah. Mereka pun pulang dengan perasaan lega dan gembira.,

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 1-5!

Misteri Buku Diary

    Sepulang sekolah Syila mengajakku untuk pergi ke toko antik dekat sekolah.

    “Aisyah kita pergi ke toko antik, yuk!” seru Syila kepada sahabatnya Aisyah.

    “Emang mau apa kamu ke sana?” jawab Aisyah.

    “Ya, aku ingin beli buku harian (diary). Aku suka mencurahkan isi hatiku ke dalam buku harian,” kata Syila.

    Syila bisa dikatakan tidak pernah curhat kepada siapa pun bahkan kepada Aisyah. Meskipun dia sangat dekat.

    “Ahh, kamu toko antik saja harus kamu kunjungi. Kalau gitu ayo kita ke sana,” kata Aisyah.

    Mereka pun masuk ke dalam toko dan memilih barang. Setelah memilih dan membayar barang, Syila dan Aisyah pulang bersama. Setibanya di rumah, Syila langsung pergi ke kamar dan segera menulis curahan hatiku pada buku diary yang baru dibelinya. Ketika Syila sedang menulis tiba-tiba cahaya datang menerangi ruangan kamarnya. Syila juga mendengar suara, “Jangan menulis di buku itu!” Suara aneh yang menyeramkan terdengar. Syila sangat terkejut dan ketakutan mendengarnya.

Baca Selanjutnya :  , Bapak/Ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman semua yang saya banggakan. Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nyalah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun., Hadirin yang berbahagia, di zaman globalisasi sekarang ini kita seakan semakin dimanjakan oleh teknologi yang semakin canggih. Meskipun kita mendapatkan banyak kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita, namun kemudahan-kemudahan itulah yang kadang justru membawa dampak buruk bagi kita., Marilah sejenak kita melihat kehidupan di sekitar kita yang semakin terpengaruh oleh perkembangan teknologi. Saya beri contoh saja internet, teknologi ini sekarang semakin mudah diakses oleh siapapun baik tua ataupun muda. Jika kita mau berpikir lebih terbuka, sebenarnya ada sejuta manfaat yang bisa kita peroleh dari internet. Contohnya saja kita bisa mendapatkan banyak informasi, komunikasi yang semakin mudah, bahkan telah banyak orang yang menjadi kaya karena internet. Namun sayangnya banyak pihak yang menyalahgunakan teknologi internet ini, contohnya saja semakin maraknya pornografi, penipuan, pembajakan, dan masih banyak lagi., Internet juga menjadi salah satu gerbang masuknya budaya-budaya asing yang kadang tidak sesuai dengan budaya kita. Kita bisa lihat generasi muda kita yang sudah semakin teracuni oleh budaya barat yang sangat bertolak belakang dengan budaya Indonesia sebagai negeri timur yang sangat menjunjung tinggi norma kesopanan. Kita bisa lihat pemuda-pemuda kita yang sepertinya sangat bangga mengenakan pakaian-pakaian yang serba minim yang sebenarnya tidak sopan menurut budaya kita., Oleh karena itu, hadirin yang saya hormati, kita harus pandai-pandai menyaring segala hal yang kita dapat di era globalisasi sekarang ini. Budaya asing sebenarnya tak semuanya buruk, namun kita harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas perhatian hadirin. Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang menyinggung perasaan hadirin., Terima kasih, , .,

    Esok harinya Syila menceritakan kejadian aneh itu kepada Aisyah. Ia juga merasa takut tetapi Aisyah mengetahui sesuatu tentang cerita bahwa buku diary dikutuk. Mereka berencana pergi ke alamat yang tertera di internet. Kebetulan ada ayah Syila yang mau mengantarkan mereka. Setibanya di alamat itu, mereka melihat seorang bapak tua yang berdiri di samping pohon. Mereka pun menanyakan hal tentang buku diary itu. Ternyata buku itu milik bapak tua itu. Si bapak tua menceritakan segalanya.

    “Sebenarnya buku itu dikutuk karena saya telah menghina dan mengusir anak yatim dari kampung ini. Tiba-tiba kejadian aneh datang kepada buku itu dan buku itu kini menjadi misterius,” kata si bapak tua. Syila pun mengembalikannya kepada bapak tua. Bapak tua lalu mengubur buku misterius itu di dalam tanah. Mereka pun pulang dengan perasaan lega dan gembira.

Cerpen karangan Khoirotunnisa yang diunggah di http://cerpenmu.com/cerpen-fantasi-fiksispace 

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan D.space 


Pembahasan

Teks cerita fantasi adalah teks cerita yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita fantasi tidak nyata atau fiksi. Salah satu kaidah kebahasaan pada teks cerita fantasi adalah menggunakan kalimat langsung. Kalimat langsung adalah kalimat yang berisi ucapan langsung dari seseorang yang sama persis dengan apa yang diucapkannya. Ciri-ciri kalimat langsung sebagai berikut:

  1. Ditandai dengan tanda petik (“…..”)
  2. Huruf pertama kalimat dalam tanda petik harus kapital.
  3. Apabila kalimat petikan berupa kalimat berita, maka antara kalimat petikan dengan kalimat pengiring dipisahkan dengan tanda baca koma (,)

Berdasarkan pilihan jawaban:

Baca Selanjutnya :  Suatu campuran es dan air pada suhu 0°C memiliki massa total 1 kg danmengandung 0,50 kg es. Suatu pemanas celup meleburkan seluruh es dalam168 s dan memerlukan waktu 84 s lagiuntuk memanaskan campuran ke suhu20°C. Tentukan kalor lebur es!,

Mereka pun pulang dengan perasaan lega dan gembira.

Dapat disimpulkan, pilihan jawaban tersebut adalah kalimat tidak langsung, karena tidak sesuai dengan ciri-ciri kalimat langsung.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.space 


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar