Sepulang sekolah Syila mengajakku untuk pergi ke toko antik dekat sekolah., “Aisyah kita pergi ke toko antik, yuk!” seru Syila kepada sahabatnya Aisyah., “Emang mau apa kamu ke sana?” jawab Aisyah., “Ya, aku ingin beli buku harian (, ). Aku suka mencurahkan isi hatiku ke dalam buku harian,” kata Syila., Syila bisa dikatakan tidak pernah curhat kepada siapa pun bahkan kepada Aisyah. Meskipun dia sangat dekat., “Ahh, kamu toko antik saja harus kamu kunjungi. Kalau gitu ayo kita ke sana,” kata Aisyah., Mereka pun masuk ke dalam toko dan memilih barang. Setelah memilih dan membayar barang, Syila dan Aisyah pulang bersama. Setibanya di rumah, Syila langsung pergi ke kamar dan segera menulis curahan hatiku pada buku , yang baru dibelinya. Ketika Syila sedang menulis tiba-tiba cahaya datang menerangi ruangan kamarnya. Syila juga mendengar suara, “Jangan menulis di buku itu!” Suara aneh yang menyeramkan terdengar. Syila sangat terkejut dan ketakutan mendengarnya., Esok harinya Syila menceritakan kejadian aneh itu kepada Aisyah. Ia juga merasa takut tetapi Aisyah mengetahui sesuatu tentang cerita bahwa buku , dikutuk. Mereka berencana pergi ke alamat yang tertera di internet. Kebetulan ada ayah Syila yang mau mengantarkan mereka. Setibanya di alamat itu, mereka melihat seorang bapak tua yang berdiri di samping pohon. Mereka pun menanyakan hal tentang buku , itu. Ternyata buku itu milik bapak tua itu. Si bapak tua menceritakan segalanya., “Sebenarnya buku itu dikutuk karena saya telah menghina dan mengusir anak yatim dari kampung ini. Tiba-tiba kejadian aneh datang kepada buku itu dan buku itu kini menjadi misterius,” kata si bapak tua. Syila pun mengembalikannya kepada bapak tua. Bapak tua lalu mengubur buku misterius itu di dalam tanah. Mereka pun pulang dengan perasaan lega dan gembira.,

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Bacalah teks berikut dengan saksama!

Misteri Buku Diary

    Sepulang sekolah Syila mengajakku untuk pergi ke toko antik dekat sekolah.

    “Aisyah kita pergi ke toko antik, yuk!” seru Syila kepada sahabatnya Aisyah.

    “Emang mau apa kamu ke sana?” jawab Aisyah.

    “Ya, aku ingin beli buku harian (diary). Aku suka mencurahkan isi hatiku ke dalam buku harian,” kata Syila.

    Syila bisa dikatakan tidak pernah curhat kepada siapa pun bahkan kepada Aisyah. Meskipun dia sangat dekat.

    “Ahh, kamu toko antik saja harus kamu kunjungi. Kalau gitu ayo kita ke sana,” kata Aisyah.

    Mereka pun masuk ke dalam toko dan memilih barang. Setelah memilih dan membayar barang, Syila dan Aisyah pulang bersama. Setibanya di rumah, Syila langsung pergi ke kamar dan segera menulis curahan hatiku pada buku diary yang baru dibelinya. Ketika Syila sedang menulis tiba-tiba cahaya datang menerangi ruangan kamarnya. Syila juga mendengar suara, “Jangan menulis di buku itu!” Suara aneh yang menyeramkan terdengar. Syila sangat terkejut dan ketakutan mendengarnya.

    Esok harinya Syila menceritakan kejadian aneh itu kepada Aisyah. Ia juga merasa takut tetapi Aisyah mengetahui sesuatu tentang cerita bahwa buku diary dikutuk. Mereka berencana pergi ke alamat yang tertera di internet. Kebetulan ada ayah Syila yang mau mengantarkan mereka. Setibanya di alamat itu, mereka melihat seorang bapak tua yang berdiri di samping pohon. Mereka pun menanyakan hal tentang buku diary itu. Ternyata buku itu milik bapak tua itu. Si bapak tua menceritakan segalanya.

    “Sebenarnya buku itu dikutuk karena saya telah menghina dan mengusir anak yatim dari kampung ini. Tiba-tiba kejadian aneh datang kepada buku itu dan buku itu kini menjadi misterius,” kata si bapak tua. Syila pun mengembalikannya kepada bapak tua. Bapak tua lalu mengubur buku misterius itu di dalam tanah. Mereka pun pulang dengan perasaan lega dan gembira.

Cerpen karangan Khoirotunnisa yang diunggah di http://cerpenmu.com/cerpen-fantasi-fiksispace 

Pembahasan

Teks cerita fantasi adalah teks cerita yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita fantasi tidak nyata atau fiksi. Struktur teks cerita fantasi terdiri dari orientasi, komplikasi, dan resolusi. Teks cerita fantasi disusun berdasarkan kaidah kebahasaan tertentu. Ciri kebahasaan pada teks cerita fantasi sebagai berikut:

  1. Menggunakan kata ganti orang.
  2. Menggunakan kata sifat.
  3. Menggunakan kata metafora (kiasan) dan perumpamaan.
  4. Menggunakan konjungsi penanda urutan waktu.
  5. Menggunakan kalimat langsung.

Berdasarkan penjelasan di atas, struktur cerita fantasi berjudul ”Misteri Buku Diary” sebagai berikut:

Orientasi (pengenalan tokoh, latar)

Berdasarkan kutipan: 

Sepulang sekolah Syila mengajakku untuk pergi ke toko antik dekat sekolah.

“Aisyah kita pergi ke toko antik, yuk!” seru Syila kepada sahabatnya Aisyah.

“Emang mau apa kamu ke sana?” jawab Aisyah.

“Ya, aku ingin beli buku harian (diary). Aku suka mencurahkan isi hatiku ke dalam buku harian,” kata Syila.

Komplikasi (permasalahan yang terjadi)

Berdasarkan kutipan:

Setibanya di rumah, Syila langsung pergi ke kamar dan segera menulis curahan hatiku pada buku diary yang baru dibelinya. Ketika Syila sedang menulis tiba-tiba cahaya datang menerangi ruangan kamarnya. Syila juga mendengar suara, “Jangan menulis di buku itu!” Suara aneh yang menyeramkan terdengar. Syila sangat terkejut dan ketakutan mendengarnya.

Resolusi (penyelesaian masalah)

Berdasarkan kutipan:

Syila pun mengembalikannya kepada bapak tua. Bapak tua lalu mengubur buku misterius itu di dalam tanah. Mereka pun pulang dengan perasaan lega dan gembira.

Adapun ciri kebahasaan dalam cerita fantasi berjudul ”Misteri Buku Diary” sebagai berikut:

Menggunakan kata ganti orang.

Berdasarkan kutipan:

Syila bisa dikatakan tidak pernah curhat kepada siapa pun bahkan kepada Aisyah. Meskipun dia sangat dekat.

Kata “dia” adalah kata ganti orang yang merujuk kepada Syila.

Menggunakan kata sifat.

Berdasarkan kutipan:

Tiba-tiba kejadian aneh datang kepada buku itu dan buku itu kini menjadi misterius

Kata “misterius” dikategorikan sebagai kata sifat.

Menggunakan konjungsi penanda urutan waktu.

Berdasarkan kutipan:

Ketika Syila sedang menulis tiba-tiba cahaya datang menerangi ruangan kamarnya.

Kata “ketika” dan “tiba-tiba” merupakan konjungsi penanda urutan waktu.

Menggunakan kalimat langsung

Berdasarkan kutipan:

“Aisyah kita pergi ke toko antik, yuk!” seru Syila kepada sahabatnya Aisyah.

Kalimat tersebut merupakan kalimat langsung karena memakai tanda petik dua dan merupakan ucapan tokoh Syila.space 



Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.