Setelah melewati pegunungan salju dan pegunungan api selama tiga hari tiga malam, barulah ia sampai di Bukit Matahari, sebuah istana yang indah sekali., Dengan perlahan-lahan, ia memasuki pintu gerbang. Sepi sekali. Di sebelah timur pintu gerbang ada sebuah pintu masuk ke sebuah ruangan. Dengan mantap, ia masuk ke dalam ruangan itu., Di dalam ruangan tampak beberapa wanita cantik sedang menenun. Ia mengira itulah yang disebut bidadari. Si Bungsu melemparkan pandangan ke seluruh ruangan. Tiba-tiba hatinya berdesir, di tengah ruangan tergantung permadani kepunyaan ibunya.,

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Bacalah kutipan teks berikut!

    Setelah melewati pegunungan salju dan pegunungan api selama tiga hari tiga malam, barulah ia sampai di Bukit Matahari, sebuah istana yang indah sekali.

    Dengan perlahan-lahan, ia memasuki pintu gerbang. Sepi sekali. Di sebelah timur pintu gerbang ada sebuah pintu masuk ke sebuah ruangan. Dengan mantap, ia masuk ke dalam ruangan itu.

    Di dalam ruangan tampak beberapa wanita cantik sedang menenun. Ia mengira itulah yang disebut bidadari. Si Bungsu melemparkan pandangan ke seluruh ruangan. Tiba-tiba hatinya berdesir, di tengah ruangan tergantung permadani kepunyaan ibunya.space

 

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan A.space 


Pembahasan

Teks cerita fantasi adalah teks cerita yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita fantasi tidak nyata atau fiksi. Teks cerita fantasi dibangun oleh unsur intrinsik yang terdiri dari:

  1. Tema: ide cerita
  2. Tokoh dan penokohan: pemain dalam cerita beserta karakternya masing-masing.
  3. Alur: urutan peristiwa dalam cerita.
  4. Sudut pandang: cara pengarang memposisikan diri dalam cerita.
  5. Latar: tempat, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerita.
  6. Amanat: pesan yang ingin disampaikan pengarang dalam cerita.
  7. Gaya bahasa: pemakaian ragam bahasa untuk memperoleh efek tertentu dari cerita yang dibaca.
Baca Selanjutnya :  Di antara reaksi berikut yang merupakan reaksi redoks adalah . . ..

Berdasarkan kutipan:

Setelah melewati pegunungan salju dan pegunungan api selama tiga hari tiga malam, barulah ia sampai di Bukit Matahari, sebuah istana yang indah sekali.

Dapat disimpulkan, unsur teks cerita fantasi yang menonjol pada kutipan tersebut adalah latar karena setiap peristiwa dalam cerita selalu menunjukkan dan menggambarkan latar yang berbeda-beda secara detail.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.space 


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar