Total kandungan sukrosa pada gula aren diuji menggunakan hidrolisa enzimatik dan HCI yang kemudian diikuti dengan analisis Lane-Eynon yang dilakukan dengan cara titrasi. Pada awal penelitian ini dilakukan pengembangan metoda terlebih dahulu dengan sampel yang digunakan. Sukrosa sebanyak 10 g ditambah 1 g dekstrosa sehingga volume total brix pada sampel adalah 11 dan pH buffer 4,6. Selanjutnya, dilakukan titrasi pada sampel yang menggunakan enzim dan tidak menggunakanenzim. Titrasi dengan enzim digunakan beberapa variasi konsentrasi enzim dan lama waktu inkubasi dengan tiga kali ulangan. Enzim glukoamilase sebanyak 0,4 mg dilarutkan ke dalam 50 mL akuades. Larutan ini menjadi larutan baku untuk enzim. Variasi konsentarsi enzim yang diuji dengan melarutkan masing-masing sebanyak 200, 400, 600, 800 dan 1.000 uL larutan enzim ke dalam larutan gula.

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Kutipan teks berikut untuk soal nomor 1-3.

Total kandungan sukrosa pada gula aren diuji menggunakan hidrolisa enzimatik dan HCI yang kemudian diikuti dengan analisis Lane-Eynon yang dilakukan dengan cara titrasi. Pada awal penelitian ini dilakukan pengembangan metoda terlebih dahulu dengan sampel yang digunakan. Sukrosa sebanyak 10 g ditambah 1 g dekstrosa sehingga volume total brix pada sampel adalah 11 dan pH buffer 4,6. Selanjutnya, dilakukan titrasi pada sampel yang menggunakan enzim dan tidak menggunakan enzim. Titrasi dengan enzim digunakan beberapa variasi konsentrasi enzim dan lama waktu inkubasi dengan tiga kali ulangan. Enzim glukoamilase sebanyak 0,4 mg dilarutkan ke dalam 50 mL akuades. Larutan ini menjadi larutan baku untuk enzim. Variasi konsentarsi enzim yang diuji dengan melarutkan masing-masing sebanyak 200, 400, 600, 800 dan 1.000 uL larutan enzim ke dalam larutan gula.

Sumber: https://web.archive.org/web/20160603153546/https:// ejournal.unsrat.ac.id/lndex.phplchemprog/article/viewFile/2068/1641, diakses 16 Februari 2021space 

- Daftar Isi -

Jawaban

struktur bagian kutipan teks tersebut merupakan bagian hasil percobaan.space 


Pembahasan

Teks laporan percobaan merupakan teks yang berisi penjelasan mengenai suatu percobaan meliputi alat dan bahan yang digunakan, tujuan percobaan, langkah-langkah yang dilakukan, dan hasil percobaan. 

Struktur umum teks laporan percobaan adalah sebagai berikut:

  1. Pendahuluan yang berisi latar belakang, masalah, dan tujuan percobaan.
  2. Landasan teori yang berisi teori-teori untuk mendukung percobaan atau penelitian.
  3. Metode penelitian yang berisi uraian prosedur kerja, alat dan bahan, dan waktu pelaksanaan percobaan atau penelitian.
  4. Hasil percobaan yang berisi data hasil pengamatan yang biasanya dituangkan dalam bentuk tabel dan pembahasan hasil percobaan dengan mensinkronkan antara hasil eksperimen dengan teori.
  5. Simpulan yang berisi penegasan konsep hasil percobaan secara singkat dan disesuaikan dengan tujuan percobaan dengan berlandaskan hasil percobaan.

Kutipan teks laporan percobaan di atas termasuk bagian langkah-langkah. Pada kutipan tersebut dijelaskan langkah-langkah pengujian kandungan sukrosa pada gula aren.

Dengan demikian, struktur bagian kutipan teks tersebut merupakan bagian hasil percobaan.space 


Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar