, , Yth. Ibu Wali Kelas serta teman-teman sekalian yang saya cintai,, Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT karena berkah dankarunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat pada hari yang cerah ini, Teman-teman yang saya banggakan,, Pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua,umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntunganbagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikanbencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan, Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihanlingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan dimana lingkungantersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, di mana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat tterjaga. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dansejahtera., Teman-teman yang berbahagia,, Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai padamusim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkansekolah kita tercinta, SMPN 49 Jakarta. Apabila sekolah kita bersih maka orang lain pun tak segan untukmencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Kita sebagai penghuni sekolahini juga terkena dampak positifnya, yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungansekolah kita bersih., Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada dilingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teraturdan PSN 30 menit setiap hari jumat dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari Sarang nyamukaedes aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah., Teman-teman sekalian,, Sebagai penutup saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa, kebersihan adalah sebagian dariiman, maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan, maka ia sesungguhnya bukan merupakanorang yang beriman penuh. Ke depannya saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giatlagi dalam menjaga kebersihan lingkungan., Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf.

soal yang ada di artikel ini sering kita temukan pada tugas buku sekolah yang diberikab oleh bapak/ibu guru. sering kali kita mengingatnya waktu disekolah tetapi setelah di rumah kita lupa mengerjakan karna kesulitan dengan soal-soalnya.

kalau kita kerjakan sendiri sering sekali tidak menemukan jawaban yang tepat. lalu kita mencarinya diinternet sebagai cara cepatnya. nah, jawabanbukupaket.com saat ini membuat jawaban yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

kunci jawaban ini dapat dijadikan media referensi dan sumber belajar siswa, guru dan orangtua di rumah yang ikut membantu mengerjaknya. baik langsung saja kita lihat pembahasan soal dan caranya beserta penjelasanya dibawah ini

PERTANYAAN :

Bacalah teks pidato bertemakan lingkungan hidup berikut ini dengan saksama!
 

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Yth. Ibu Wali Kelas serta teman-teman sekalian yang saya cintai,

    Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat pada hari yang cerah ini

    Teman-teman yang saya banggakan,

    Pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan

    Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, di mana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat tterjaga. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Baca Selanjutnya :  Bagaimana struktur poster?,

    Teman-teman yang berbahagia,

    Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta, SMPN 49 Jakarta. Apabila sekolah kita bersih maka orang lain pun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya, yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

    Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur dan PSN 30 menit setiap hari jumat dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari Sarang nyamuk aedes aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.

    Teman-teman sekalian,

    Sebagai penutup saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa, kebersihan adalah sebagian dari iman, maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan, maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Ke depannya saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

    Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf.

    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

(Diadaptasi dari: http://pidato.net/2406_teks-tentang-lingkungan-hidup)space 

Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. Teks pidato berisi pernyataan berupa pendapat atau gagasan yang disertai dengan argumen-argumen yang mendukung. Berikut pengertian dari gagasan, pikirann, pandangan, arahan, dan pesan.

1. Arti dari kata gagasan/pikiran menurut KBBI adalah hasil pemikiran atau ide.

2. Arti dari kata pandangan menurut KBBI adalah sesuatu atau seseorang yang dipandang (disegani, dihormati, dan sebagainya) atau hasil perbuatan memandang (memperhatikan, melihat, dan sebagainya).

Baca Selanjutnya :  Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini., Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMP ini.,

3. Arti dari kata arahan menurut KBBI adalah petunjuk untuk melaksanakan sesuatu atau perintah resmi seorang pemimpin perusahaan kepada bawahannya yang berupa petunjuk untuk melaksanakan sesuatu dan jika tidak dilaksanakan akan mendapat sanksi.

4. Arti dari kata pesan menurut KBBI adalah perintah, nasihat, permintaan, amanat yang disampaikan lewat orang lain.

Dengan demikian, identifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan, dan pesan adalah sebagai berikut.

1. Gagasan/pikiran: Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan. Berdasarkan kutipan tersebut, ide yang disampaikan adalah menjaga kebersihan lingkungan merupakan cara terhindar dari bencana. Oleh karena itu, menjaga kebersihan sangatlah penting dan wajib dilakukan.

2. Pandangan: Kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan di mana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, di mana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga. Pandangan merupakan hasil memperhatikan atau melihat. Dalam pidato dijelaskan bahwa kebersihan lingkungan adalah lingkungan yang layak ditinggali, di mana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga. Hal tersebut merupakan hasil pengamatan seperti lingkungan yang bersih.

4. Arahan: Langkah menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur dan PSN 30 menit setiap hari jumat dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari Sarang nyamuk aedes aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah. Berdasarkan pengertiannya, arahan adalah petunjuk atau tata cara melakukan sesuatu. Dalam pidato dijelaskan cara-cara menjaga lingkungan bersih di sekolah, seperti membuang sampah pada tempatnya, piket kelas di sekolah secara teratur, dan PSN 30 menit.

Baca Selanjutnya :  Sudut A dan sudut B saling berpenyiku. Jika perbandingan sudut A dan dan sudut B adalah 2 : 3. Tentukan besar sudut A!

5. Pesan: Berharap umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dalam pidato persuasif, pesan merupakan informasi penting yang harus disampaikan. Pidato tersebut memiliki pesan yang disampaikan oratornya, yaitu manusia (masyarakat) harus lebih giat menjaga kebersihan lingkungan.space



Demikian penjelasan yang dapat jawabanbukupaket.com berikan kepada para pembaca dan pengunjung semua. alangkah baiknya siswa, guru, ataupun orangtua mengoreksi ulang jawaban nya. jika dirasa sudah benar siswa menyalin dibuku sekolah, kemudian mengumpulkan tugasnya dengan guru

CATATAN :

soal yang berasal dari situs ini bersumber dari berbagai macam buku dan diiternet. admin merangkumnya menjadi satu agar lebih rapih dan enak dibaca. insyallah jawaban ini akurat. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai bagus hehe.

Tinggalkan komentar