Advertisement
BAB 2 Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 PKN Uji Kompetensi Bab 2 Halaman 74 Semester 1

Advertisement
Published by
Azirah Ristin
Advertisement

Kunci Jawaban Kelas 10 PKN Uji kompetensi bab 2 Halaman 74 Semester 1 – pada kunci jawaban ini bersumber dari buku siswa pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (pkn) edisi revisi 2016. untuk artikel ini kita akan dibawa pada materi BAB 2 Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara.

 

 

Kunci Jawaban PKN kelas 10 sma/smk semester 1 halaman 74 ini terdiri dari soal tabel mengenai Uji kompetensi bab 2 yang terdapat pada buku siswa kurikulum 2013. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kemampuan dan minat belajar siswa. 

Di dalam pembahasan PKN Kelas X semester 1 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi jawabanbukupaket.com untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada halaman 74 ini.

 

Kunci Jawaban Kelas 10 Halaman 74

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat.

1. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara. Jelaskan makna yang terkandung dalam Pasal 25 A UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tentang wilayah negara Indonesia!

Jawaban :

Pasal 25 A UUD 1945  yang berbunyi:

“Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang”.

Makna:

Pasal tersebut menjelaskan mengenai wilayah Indonesia, dan dapat kita ketahui bahwa wilayah merupakan syarat berdirinya sebuah negara. Wilayah tersebut harus mempunyai batas-batas yang di tetapkan oleh pemerintah.

2. Batas wilayah pada dasarnya menunjukkan luas yang dimiliki oleh wilayah tersebut. Bentuk dari batas wilayah ada yang dibatasi oleh sungai, laut, hutan, atau juga hanya berupa tugu perbatasan. Berdasarkan hal tersebut uraikan batas-batas negara Indonesia baik di wilayah daratan maupun lautan yang berbatasan dengan negara tetangga RI!

Jawaban :

Negara Indonesia adalah negara kepulauan, sehingga terdiri dari pulau dan perairan. Berikut ini batas-batas negara Indonesia baik di wilayah daratan maupun lautan yaitu:

  • Bagian utara. Daratan Indonesia bagian utara yaitu Kalimantan berbatasan dengan negara Malaysia. Sedangkan perairan Indonesia bagian utara berbatasan dengan Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Filipina yang meliputi perairan Selat Malaka dan Laut Cina Selatan.
  • Bagian Timur. Daratan Indonesia bagian timur yaitu Papua berbatasan dengan daratan Papua Nugini dan perairan Samudra Pasifik.
  • Bagian Selatan. Daratan Indonesia bagian selatan berbatasan dengan daratan Timor Leste. Batas perairannya dengan Perairan Australia dan Samudera Hinda.
  • Bagian Barat. Indonesia bagian barat berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Perairan Negara India.

3. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa negara mempunyai hak penguasaan atas kekayaan alam Indonesia. Bagaimana pengelolaan kekayaan alam yang terkandung di wilayah negara Indonesia?

Jawaban :

Pengeloaan kekayaan alam sudah diatur dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 3 yaitu bahwa bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

4. Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang beragama. Kehidupan beragama merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan seluruh masyarakat Indonesia. Jelaskan makna kemerdekaan beragama bagi bangsa Indonesia?

Jawaban :

Kemerdekaan beragama dan berkepercayaan mengandung makna bahwa setiap manusia bebas memilih, melaksanakan ajaran agama menurut keyakinan dan kepercayaannya, dan dalam hal ini tidak boleh dipaksa oleh siapapun, baik itu oleh pemerintah, pejabat agama, masyarakat, maupun orang tua sendiri. Kemerdekaan beragama dan berkepercayaan muncul dikarenakan secara prinsip tidak ada tuntunan dalam agama apa pun yang mengandung paksaan atau menyuruh penganutnya untuk memaksakan agamanya kepada orang lain, terutama terhadap orang yang telah menganut salah satu agama.

5. Pertahanan dan keamanan negara Indonesia pada dasarnya merupakan tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia. Berdasarkan hal tersebut jelaskan sistem pertahanan dan keamanan yang dikembangkan oleh Negara Indonesia!

Jawaban :

Sistem pertahanan dan keamanan yang dikembangkan oleh negara Indonesia adalah Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Sistem pertahanan dan keamanan negara Indonesia melibatkan seluruh warga negara Indonesia. Sistem pertahanan dan keamanan negara Indonesia memiliki komponendasar yaitu rakyat, dan komponen pendukung yaitu TNI dan Polri.

 

Kesimpulan

 

Demikian Kunci Jawaban buku paket siswa SMA/SMK PKN kelas 10 semester 1 halaman 74. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket. 

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi Frequently Asked Questions dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban PKN kelas 10 semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2016.

 

 

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 10
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 74
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 10 kurikulum 2013
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 10 semester 1
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 10 terbaru
  • Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 10
  • Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 10 buku pkn
  • Kunci Jawaban Buku Paket SMA/SMK
  • Kunci Jawaban Buku Paket semester 1
  • Kunci Jawaban Buku Paket lengkap
  • Kunci Jawaban Buku Paket terbaru
  • Kunci Jawaban Uji kompetensi bab 2
  • Kelas 10 BAB 2 Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara.
Advertisement
Azirah Ristin

Recent Posts

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia Tugas 1 Halaman 111 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia Tugas 1 Halaman 111 Semester 1 kurikulum…

4 jam ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 172 173 Semester 2

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 172 173 Semester 2 kurikulum…

2 hari ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 130 131 132 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 130 131 132 Semester 1…

2 hari ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 153 154 155 156 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 153 154 155 156 Semester…

2 hari ago
Advertisement