Advertisement
BAB 4 Hubungan Struktural Dan Fungsional Pemerintah Pusat Dan Daerah

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 PKN Uji Kompetensi Bab 4 Halaman 142 Semester 1

Advertisement
Published by
Azirah Ristin
Advertisement

Kunci Jawaban Kelas 10 PKN Uji kompetensi bab 4 Halaman 142 Semester 1 – pada kunci jawaban ini bersumber dari buku siswa pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (pkn) edisi revisi 2016. untuk artikel ini kita akan dibawa pada materi BAB 4 Hubungan Struktural Dan Fungsional Pemerintah Pusat Dan Daerah.

 

Kunci Jawaban PKN kelas 10 sma/smk semester 1 halaman 142 ini terdiri dari soal tabel mengenai Uji kompetensi bab 4 yang terdapat pada buku siswa kurikulum 2013. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kekampuan dan minat belajar siswa. 

Di dalam pembahasan PKN Kelas X semester 1 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi jawabanbukupaket.com untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada halaman 142 ini.

 

 

Kunci Jawaban Kelas 10 Halaman 142

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat.

1. Pada hakikatnya Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik Jelaskan apa yang dimaksud dengan negara kesatuan. Jelaskan penerapan konsep negara kesatuan dengan sistem desentralisasi!

Jawaban :

Pengertian dari negara kesatuan dan konsep dari negara skesatuan dengan sistem desentralisasi adalah

Negara kesatuan adalah sebuah bentuk negara yang dimana akan dilakukan penyelenggaraan sebagai sebuah bentuk dari kesatuan yang tunggal. Dalam hal ini pemerintah pusat memiliki kekuasaan yang tertinggi serta dengan berabgai macam satuan sobnasionalnya yang dimana hanya akan melakukan penjalanan dari berabgai macam bentuk kekuasaan yang akan dipilih melalui pemerintah pusat.

Konsep yang akan dilaksanakan dilaksanakan dengan sistem desetralisasi dengan negara kesatuan adalah pemerintah pusat akan memberikan sebuah wewenang yang diberikan secara langsung kepada sebuah daerah guna unuk mealkukan pengaturan dari pemerintah yang berada di wilayah itu sendiri. Dalam hal ini wewenang yang diberikan adalah otonomi daerah.

2. Apakah yang dimaksud dengan otonomi daerah? Jelaskan penerapan otonomi daerah dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia!

Jawaban :

Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Berdasarkan Pasal 1 UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah bahwa otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Otonomi daerah tidak hanya sekedar pemecahan penyelenggaraan pemerintahan. Akan tetapi, bertujuan untuk mengubah tatanan ketatanegaraan yang bersifat sentralistik yang otoriter menjadi desentralisasi dan demokratis. Otonomi daerah yang mandiri dan demokratis akan dapat mendekatkan pemerintah dengan rakyat, karena kepentingan rakyat dapat dilayani dengan baik.

 

3. Dalam penerapan otonomi daerah pada NKRI terdapat hubungan yang tidak terpisahkan antara pemerintah pusat dan daerah. Jelaskan kedudukan dan peran pemerintah pusat dalam penerapan otonomi daerah pada Negara Kesatuan Republik Indonesia!

Jawaban :

Kepala dan wakil kepala di suatu daerah memiliki wewenang, kewajiban serta larangan dalam mengolah daerah yang dipimpin serta kepala daerah memiliki kewajiban untuk memberikan sebuah laporan kepada pemerintah pusat sebagai pertanggungjawaban kepada DPRD dalam mengelola daerah yang dipimpin. Maka dari penjelasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa pemerintah daerah memiliki hak untuk menerapkan otonomi daerah untuk mengatur daerah yang dipimpin, peran pemerintah daerah dalam penerapan otonomi daerah di Indonesia adalah sebagai penyelenggara urusan pemerintahan melalui pemerintah daerah dan DPRD yang sesuai dengan asas otonomi serta tugas pembantuan yang mana tetap dengan menggunakan prinsip otonomi secara luas di sistem, prinsip NKRI.

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PKN Uji Kompetensi Bab 3 Halaman 94 Semester 1

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PKN Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 29 30 Semester 1

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PKN Uji Kompetensi 6 Halaman 147 Semester 2

 

4. Dalam penerapan otonomi daerah pada NKRI terdapat hubungan yang tidak terpisahkan antara pemerintah pusat dan daerah. Jelaskan kedudukan dan peran pemerintah daerah dalam penerapan otonomi daerah di Indonesia!

Jawaban :

Kedudukan pemerintah daerah dalam penerapan otonomi daerah di Indonesia adalah mengatur daerah di bawah naungan pemerintah pusat. Peran pemerintah daerah dalam penerapan otonomi daerah di Indonesia adalah sebagai komponen yang melaksanakan otonomi daerah.

5. Dalam penerapan otonomi daerah pada NKRI terdapat hubungan yang tidak terpisahkan antara pemerintah pusat dan daerah. Jelaskan hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat dan daerah dalam penerapan otonomi daerah di Indonesia.

Jawaban :

Hubungan struktural antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah adalah hubungan yang menyangkut kedudukan keduanya dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia. Dalam hal ini pemerintah pusat merupakan penyelenggara urusan pemerintahan ditingkat nasional sedangkan pemerintahan daerah merupakan penyelanggara urusan pemerintahan didaerah masing-masing.

Hubungan fungsional antara pemerintah pusat dan daerah menyangkut atas pembagian tugas dan kewenangan masing-masing dalam penyelenggaraan pemerintah yang baik (good goverment), yang artinya dengan pembagian kinerja tersebut dapat diusahakan pemaksimalan hasil.

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PKN Uji Kompetensi 4 Halaman 93 94 Semester 2

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PKN Uji Kompetensi 5 Halaman 125 Semester 2

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PKN Uji Kompetensi 3 Halaman 73 Semester 1

 

Kesimpulan

 

Demikian Kunci Jawaban buku paket siswa SMA/SMK PKN kelas 10 semester 1 halaman 142. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket. 

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi Frequently Asked Questions dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban PKN kelas 10 semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2016.

 

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 10
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 142
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 10 kurikulum 2013
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 10 semester 1
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 10 terbaru
  • Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 10
  • Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 10 buku pkn
  • Kunci Jawaban Buku Paket SMA/SMK
  • Kunci Jawaban Buku Paket semester 1
  • Kunci Jawaban Buku Paket lengkap
  • Kunci Jawaban Buku Paket terbaru
  • Kunci Jawaban Uji kompetensi bab 4
  • Kelas 10 BAB 4 Hubungan Struktural Dan Fungsional Pemerintah Pusat Dan Daerah
Advertisement
Azirah Ristin

Recent Posts

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia Tugas 1 Halaman 111 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia Tugas 1 Halaman 111 Semester 1 kurikulum…

4 jam ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 172 173 Semester 2

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 172 173 Semester 2 kurikulum…

2 hari ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 130 131 132 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 130 131 132 Semester 1…

2 hari ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 153 154 155 156 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 153 154 155 156 Semester…

2 hari ago
Advertisement