Advertisement
BAB 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PKN Uji Kompetensi 4 Halaman 93 94 Semester 2

Advertisement
Published by
Azirah Ristin
Advertisement

Kunci Jawaban Kelas 8 PPKN Uji kompetensi 4 Halaman 93 94 Semester 2 – pada kunci jawaban ini bersumber dari buku siswa pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (pkn) edisi revisi 2017. untuk artikel ini kita akan dibawa pada materi BAB 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908.

 

 

Kunci Jawaban PKN kelas 8 smp/mts semester 2 halaman 93 94 ini terdiri dari soal tabel mengenai Uji kompetensi 4 yang terdapat pada buku siswa kurikulum 2013. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kekampuan dan minat belajar siswa. 

Di dalam pembahasan PKN Kelas VIII semester 2 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi jawabanbukupaket.com untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada halaman 93 94 ini.

 

 

Kunci Jawaban Kelas 8 Halaman 93 94

 

Suatu bangsa tidak akan berubah mana kala bangsa tersebut tidak mau mengubah dirinya sendiri. Bangsa Indonesia tidak mungkin menjadi bangsa yang bebas merdeka seperti yang dirasakan saat ini apabila tidak ada usaha untuk bangkit dan melepaskan diri dari penjajahan. Kesadaran bangsa Indonesia untuk bangkit tumbuh seiring lahirnya generasi muda terdidik dan peduli terhadap

kemerdekaan Indonesia. Penjajah Belanda dapat menguasai bangsa Indonesia dalam waktu yang lama karena bangsa Indonesia mudah dipecah belah dan perjuangan yang dilakukan bangsa Indonesia masih bersifat kedaerahan. Boedi Oetomo sebagai organisasi nasional pertama meletakan semangat kebangkitan nasional bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!

1. Berikan pendapatmu mengapa bangsa Eropa termasuk Belanda melakukan penjajahan ke negara-negara di Asia?

Jawaban :

Jatuhnya konstantinopel ke tangan Turki Usmani pada tahun 1453 merupakan titik balik bagi perkembangan ekonomi dan politik di Eropa karena peristiwa ini menyebabkan terputusnya jalur perdagangan rempah-rempah yang melewati Konstantinople.

Kondisi ini mendorong negara Eropa seperti Portugal dan Spanyol, serta kemudian Belanda, untuk mencari jalur perdagangan alternatif ke tempat asal rempah-rempah.

Bangsa Eropa pertama yang mencapai Nusantara, yang merupakan sumber penting rempah-rempah, adalah bangsa Portugis yang sampai pada tahun 1512. Kedatangan dan kesuksesan Portugis dalam menemukan jalur pelayaran rempah-rempah ini ditiru oleh bangsa Eropa lainnya, termasuk Belanda.

Proses kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia dimulai dengan keinginan Belanda menemukan jalur langsung perdagangan rempah-rempah. Belanda melakukan penjelajahan dengan memanfaatkan rute yang ditemukan oleh Portugal, yang mana peta rute ini berhasil didapatkan Belanda melalui para pedagang yang sebelumnya berdagang di Lisabon. 

Dengan berbekal informasi tentang rute pelayaran Portugis ini, Belanda mengirim ekspedisi pertama mereka. Ekspedisi ini dipimpin oleh Cornelis de Houtman, yang sampai di Banten pada Juni 1596. Ekspedisi ini menempuh rute yang dilewati pelaut Portugis, yaitu, mengitari benua Afrika di Tanjung Harapan.

Ekspedisi ini adalah ekpedisi pertama yang berhasil mencapai Indonesia dari Belanda. Dari kesuksesan ekspedisi ini, Belanda akhirnya mendirikan kongsi dagang mereka, yaitu VOC, yang kemudian meluaskan kekuasaannya hingga menjajah Indonesia selama sekitar 3 abad.

2. Bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia?

Jawaban :

Masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia dengan menyadari bahwa bangsa Indonesia tidak akan berubah apabila tidak ada kesadaran untuk membebaskan diri dari penjajahan yang telah menguasai Indonesia dan peduli terhadap nasib bangsa.

3. Berikan alasanmu mengapa organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan nasional?

Jawaban :

Organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak kebangkitan nasional karena dengan terbentuknya Boedi Oetomo, kesadaran pentingnya perjuangan untuk kepentingan nasional dalam membebaskan diri dari penjajahan.

Selain itu, organisasi Boedi Oetomo mempelopori organisasi-organisasi kebangsaan lainnya yang mementingkan perjuangan nasional berdasarkan pendidikan daripada perjuangan yang bersifat kedaerahan dalam mencapai kemerdekaan.

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 7 PPKN Uji Kompetensi 1 Halaman 30 31 Semester 1

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 7 PPKN Uji Kompetensi 2 Halaman 61 Semester 1

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 7 PPKN Uji Kompetensi 6 Halaman 167 Semester 2

 

4. Apakah pada masa kini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti pada tahun 1908?

Jawaban :

Tentu saja, hingga sekarang ini jelas masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti pada tahun 1908. Sebab sampai sekarang, Indonesia masih belum sepenuhnya merdeka. Penjajahan gaya baru baik dari bidang ekonomi, politik, budaya, serta agama masih menjajah negeri kita. Oleh karena itu, hingga sekarang ini kita masih membutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti pada tahun 1908 guna mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia.

5. Ceritakan berdasarkan yang kalian ketahui bagaimana seorang pelajar mampu mengubah nasib suatu bangsa!

Jawaban :

Seorang pelajar mampu mengubah nasib suatu bangsa dengan cara menekuni, memahami, serta mengimplementasikan hasil pembelajaran yang telah dilakukannya di sekolah. Selain itu, pelajar mampu mengubah nasib suatu bangsa dengan cara belajar dengan sungguh-sungguh, sehingga kelak pelajar tersebut mampu masuk ke dalam bidang-bidang tertentu (bidang politik, bidang ekonomi, bidang agrikultur, bidang teknologi, dsb) yang akhirnya akan berdampak positif guna mengubah nasib kelangsungan hidup suatu bangsa.

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PPKN Uji Kompetensi 1 Halaman 23 Semester 1

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 7 PKN Uji Kompetensi Bab 2 Halaman 68 Semester 1

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 7 PPKN Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 32 Semester 1

 

Kesimpulan

 

Demikian Kunci Jawaban buku paket siswa SMP/MTS PPKN kelas 8 semester 2 halaman 93 94. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket. 

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi Frequently Asked Questions dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban PKN kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

 

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 8
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 93
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 94
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 kurikulum 2013
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 semester 2
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 terbaru
  • Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 8
  • Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 8 buku ppkn
  • Kunci Jawaban Buku Paket SMP/MTS
  • Kunci Jawaban Buku Paket semester 2
  • Kunci Jawaban Buku Paket lengkap
  • Kunci Jawaban Buku Paket terbaru
  • Kunci Jawaban Uji kompetensi 4
  • Kelas 8 BAB 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908
Advertisement
Azirah Ristin

Recent Posts

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia Tugas 1 Halaman 111 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia Tugas 1 Halaman 111 Semester 1 kurikulum…

4 jam ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 172 173 Semester 2

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 172 173 Semester 2 kurikulum…

2 hari ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 130 131 132 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 130 131 132 Semester 1…

2 hari ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 153 154 155 156 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 153 154 155 156 Semester…

2 hari ago
Advertisement