Advertisement
BAB 1 Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Pandangan Hidup Bangsa

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PKN Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 29 30 Semester 1

Advertisement
Published by
Azirah Ristin
Advertisement

Kunci Jawaban Kelas 9 PKN Uji kompetensi bab 1 Halaman 29 30 Semester 1 – pada kunci jawaban ini bersumber dari buku siswa pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (pkn) edisi revisi 2018. untuk artikel ini kita akan dibawa pada materi BAB 1 Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Pandangan Hidup Bangsa.

 

 

Kunci Jawaban PKN kelas 9 smp/mts semester 1 halaman 29 30 ini terdiri dari soal tabel mengenai Uji kompetensi bab 1 yang terdapat pada buku siswa kurikulum 2013. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kekampuan dan minat belajar siswa. 

Di dalam pembahasan PKN Kelas IX semester 1 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi jawabanbukupaket.com untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada halaman 29 30 ini.

 

Kunci Jawaban Kelas 9 Halaman 29 30

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Bagaimana penerapan Pancasila sebagai dasar negara pada masa awal

kemerdekaan?

Jawaban : Penerapan Pancasila pada awal kemerdekaan sangat dipatuhi karena kerja keras yang telah dilakukan oleh pahlawan bangsa Indonesia dan sebagai dasar negara Indonesia yang baru merdeka.

2. Jelaskan latar belakang Pemberontakan DI/TII dan RMS di Indonesia!

Jawaban : Gerakan NII ini bertujuan untuk menjadikan Republik Indonesia sebagai sebuah Negara yang menerapkan dasar Agama Islam sebagai dasar Negara. Waktu perkembangannya, DI TII menyebar hingga di beberapa wilayah, terutama Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan dan Aceh. Untuk melindungi kereta api, Kavaleri Kodam VI Siliwangi (sekarang Kodam III) mengawal kereta api dengan panzer tak bermesin yang didorong oleh lokomotif uap D-52 buatan Krupp Jerman Barat. Panzer tersebut berisi prajurit TNI yang siap tempur dengan senjata mereka. Bila ada pertempuran antara TNI dan DI/TII di depan, maka kereta api harus berhenti di halte terdekat. Pemberontakan bersenjata yang selama 13 tahun itu telah menghambat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Ribuan ibu-ibu menjadi janda dan ribuan anak-anak menjadi yatim-piatu. Diperkirakan 13.000 rakyat Sunda, anggota organisasi keamanan desa (OKD) serta tentara gugur. Anggota DI/TII yang tewas pun tak diketahui pasti jumlahnya. Pemerintah menganggap jika gerakan ini akan membahayakan stabilitas dan kedaulatan negara. Oleh karenanya, negara pun mengeluarkan perintah untuk menumpas gerakan ini agar tidak semakin merajalela. Kemudian setelah Kartosoewirjo ditangkap TNI dan dieksekusi mati pada 1962, gerakan ini menjadi terpecah, namun tetap eksis secara diam-diam meskipun dinyatakan sebagai organisasi ilegal oleh pemerintah Indonesia

– RMS diproklamasikan oleh sekelompok orang mantan prajurit KNIL dan masyarakat Pro-Belanda yang di antaranya ialah Dr. Christian Robert Steven Soumokil, mantan jaksa agung Negara Indonesia Timur

RMS ini merupakan suatu gerakan yang bertujuan untuk memisahkan diri dari Negara Indonesia Timur dan untuk membentuk Negara sendiri yang terpisah dari wilayah RIS. Andi Azis, Westerling, dan Soumokil tidak puas terhadap proses kembalinya RIS ke Negara Kesatuan Republik Indoneisa (NKRI). Mereka merasa bahwa status kenegaraan rakyat maluku tidak jelas setelah KMB. Pada tanggal 20 April tahun 1950, kabinet NIT dibubarkan dan bergabung ke dalam wilayah NKRI. Kegagalan pemberontakan yang di lakukan oleh Andi Abdoel Azis (Andi Azis) menyebabkan berakhirnya Negara Indonesia Timur.

3. Bagaimana penerapan Pancasila pada masa Orde Baru?

Jawaban : Penerapan pancasila pada masa orde baru saat itu penanaman nilai-nilai Pancasila dilakukan secara indoktrinatif dan birokratis. Akibatnya, bukan nilai-nilai Pancasila yang meresap ke dalam kehidupan masyakat, tetapi kemunafikan yang tumbuh subur dalam masyarakat. Sebab setiap ungkapan para pemimpin mengenai nilai-nilai kehidupan tidak disertai dengan keteladanan serta tindakan yang nyata sehingga Pancasila yang berisi nilai-nilai luhur bangsa dan merupakan landasan filosofi untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, bagi rakyat hanyalah omong kosong yang tidak mempunyai makna apapun. Lebih-lebih pendidikan Pancasila dan UUD 45 yang dilakukan melalui metode indoktrinasi dan unilateral, yang tidak memungkinkan terjadinya perbedaan pendapat, semakin mempertumpul pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai Pancasila.

4. Jelaskan tantangan bangsa Indonesia dalam menerapkan Pancasila sebagai dasar negara pada masa Reformasi!

Jawaban : Di era reformasi ini, Pancasila seakan tidak memiliki kekuatan mempengaruhi dan menuntun masyarakat. Pancasila tidak lagi populer seperti pada masa lalu. Elit politik dan masyarakat terkesan masa bodoh dalam melakukan implementasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila memang sedang kehilangan legitimasi, rujukan dan elan vitalnya. Sebab utamannya sudah umum kita ketahui, karena rejim Orde Lama dan Orde Baru menempatkan Pancasila sebagai alat kekuasaan yang otoriter. Maka tantangan yang diperoleh dari bangsa Indonesia dalam menerapkan pancasila adalah suatu pengaruh tentang perubahan jaman yang dapat mempengaruhi untuk lupa terhadap nilai nilai pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PKN Uji Kompetensi Bab 3 Halaman 94 Semester 1

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PKN Uji Kompetensi Bab 2 Halaman 51 Semester 1

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PKN Uji Kompetensi Bab 5 Halaman 145 146 Semester 2 

5. Jelaskan arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara?

Jawaban : Arti penting mempertahankan pancasila sebagai dasar negara merupakan hal yang penting karena pancasila merupakan pedoman hidup untuk nilai nilai kemanusiaan yang ada pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Tanpa pancasila, suatu negara Indonesia tidak akan hidup sesuai dengan nilai – nilai yang ditetapkan. Maka dari itu perlu adanya mempertahankan pancasila.

6. Jelaskan kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka!

Jawaban : Kedudukan PANCASILA sebagai ideologi yang terbuka adalah pandangan hidup bangsa Indonesia yang menjadi acuan dasar dalam menyelanggarakan kehidupan bangsa Indonesia yang memiliki sifat terbuka pada hal-hal baru sesuai dengan tuntutan zaman namun dengan tanpa menghilangkan atau mengubah nilai-nilai dasar yang termuat dalam pacasila itu sendiri.

7. Berikan masing-masing 1 (satu) contoh perilaku dalam mewujudkan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban : Contoh perilaku dalam mewujudkan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan dalam kehidupan sehari hari.

Nilai Ketuhanan :

• Percaya dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai ajaran agama yang dianut masing-masing.

• Menjalankan perintah agama sesuai ajaran yang dianut masing-masing individu.

• Saling menghormati antar umat beragama.

• Tidak memaksakan seseorang atas agama.

Nilai Kemanusiaan :

• Tidak boleh membeda bedakan teman berdasarkan suku, agama, warna kulit, serta ras.

• Menegakkan kebenaran dan keadilan sesama manusia.

• Menyadari bahwa kita mempunyai hak dan kewajiban yang sama.

• Tidak melakukan diskriminatif terhadap sesama manusia.

Nilai Persatuan:

• bergotong royong

• Ikut serta dalam ketertiban dunia

• Menjunjung tinggi persatuan bangsa.

• Mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Nilai Kerakyatan :

• Selalu mengedepankan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan suatu masalah.

• Tidak memaksakan kehendak pada orang lain.

• Mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa, dan Negara

• Menghormati hasil musyawarah bersama.

• Ikut serta dalam pemilihan umum.

Nilai Keadilan:

• Berusaha menolong orang lain sesuai kemampuan kita.

• Menghargai hasil karya orang lain dengan tidak mengejek karyanya.

• Menjunjung tinggi nilai kekeluargaan.

• Menghormati hak dan kewajiban orang lain.

8. Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik di lingkungan sekolah!

Jawaban : Tiga contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai bidang politik di lingkungan sekolah adalah:

  1. Pemilihan ketua OSIS.
  2. Pembagian jadwal piket kelas.
  3. Musyawarah tata tertib yang akan dilaksanakan di dalam kelas.

9. Bagaimana perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang pertahanan keamanan di lingkungan masyarakat?

Jawaban : Perwujudan nyata nilai-nilai Pancasila dalam bidang pertahanan dan keamanan di lingkungan masyarakat adalah terlihat pada pelaksanaan SISKAMLING yang adalah kependekan dari Sistem Keamanan Lingkungan.

10. Keteladanan apa saja yang patut dicontoh dari tokoh nasional dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara? Jelaskan!

Jawaban : Keteladanan yang patut dicontoh dari tokoh nasional dalam mewujudkan nilai nilai pancasila sebagai dasar negara .

1. Semangat persatuan dan kesatuan

Sikap ini dimiliki oleh para tokoh pejuang kita pada saat merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Hal ini tercermin dari sidang BPUPKI para peserta sidang diberi kesempatan untuk menyampaikan pidatonya tentang rumusan dasar negara. Mereka tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan meskipun berasal dari berbagai daerah dan mempunyai latar belakang yang berbeda dan juga memiliki perbedaan pendapat, namunbmereka saling menghargai satu sama lain sehingga terhindar dari perpecahan.

2. Memperjuangkan hak asasi manusia

Dalam pembukaan undang-undang Dasar 1945 menyatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Pernyataan tersebut mempunyai makna bahwa bangsa Indonesia mengakui kemerdekaan sebagai hak asasi manusia. Pada masa penjajahan para pemuda berusaha memperjuangkan hak asasinya bahkan memperjuangkan kepentingan bangsa dalam proses perumusan Pancasila. Para tokoh mencerminkan sikap menghargai hak asasi manusia dan saling menghormati satu sama lain.

3. Cinta tanah air

Sikap yang harus di teladai dari para tokoh perumusan Pancasila sebagai dasar negara adalah kecintaan terhadap tanah air Indonesia. Sikap ini ditunjukkan dengan usaha keras dan rasa tulus dalam melakukan kebaikan dan kejayaan bangsa dan negara Pernyataan cinta tanah air juga tertuang dalam ikrar Sumpah Pemuda. Salah satu perwujudan nya adalah dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

4. Mendahulukan kepentingan umum

Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara tidak mengenal waktu. Sikap ini harus kita teladai. Sebagai hasil jerih payah mereka lahirlah UUD 1945 dalam pembukaan yang memuat tujuan negara, bentuk negara, dan dasar negara. Semua itu dilakukan untuk kepentingan Indonesia bukan untuk dirinya sendiri.

5. Jiwa kepahlawanan

Jiwa kepahlawanan sangat tercemin dari sikap para pejuang dalam proses perumusan Pancasila. Mereka memiliki sikap rela berkorban tanpa pamrih dalam mewujudkan Indonesia merdeka. Para pendiri bangsa selalu memikirkan masa depan bangsa dengan menata sistem pemerintahan Indonesia.

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PKN Uji Kompetensi 4 Halaman 93 94 Semester 2

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PKN Uji Kompetensi 5 Halaman 125 Semester 2

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PKN Uji Kompetensi 3 Halaman 73 Semester 1

 

 

Kesimpulan

Demikian Kunci Jawaban buku paket siswa SMP/MTS PKN kelas 9 semester 1 halaman 29 30. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket. 

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi Frequently Asked Questions dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban PKN kelas 9 semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

 

 

 

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 9
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 29
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 30
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 9 kurikulum 2013
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 9 semester 1
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 9 terbaru
  • Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 9
  • Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 9 buku pkn
  • Kunci Jawaban Buku Paket SMP/MTS
  • Kunci Jawaban Buku Paket semester 1
  • Kunci Jawaban Buku Paket lengkap
  • Kunci Jawaban Buku Paket terbaru
  • Kunci Jawaban Uji kompetensi bab 1
  • Kelas 9 BAB 1 Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Pandangan Hidup Bangsa.
Advertisement
Azirah Ristin

Recent Posts

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia Tugas 1 Halaman 111 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia Tugas 1 Halaman 111 Semester 1 kurikulum…

4 jam ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 172 173 Semester 2

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 172 173 Semester 2 kurikulum…

2 hari ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 130 131 132 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 130 131 132 Semester 1…

2 hari ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 153 154 155 156 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 153 154 155 156 Semester…

2 hari ago
Advertisement