Advertisement
BAB 5 Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PKN Uji Kompetensi Bab 5 Halaman 145 146 Semester 2

Advertisement
Published by
Azirah Ristin
Advertisement

Kunci Jawaban Kelas 9 PKN Uji kompetensi bab 5 Halaman 145 146 Semester 2 – pada kunci jawaban ini bersumber dari buku siswa pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (pkn) edisi revisi 2018. untuk artikel ini kita akan dibawa pada materi BAB 5 Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia.

 

 

Kunci Jawaban PKN kelas 9 smp/mts semester 2 halaman 145 146 ini terdiri dari soal tabel mengenai Uji kompetensi bab 5 yang terdapat pada buku siswa kurikulum 2013. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kekampuan dan minat belajar siswa. 

Di dalam pembahasan PKN Kelas IX semester 2 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi jawabanbukupaket.com untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada halaman 145 146 ini.

 

Kunci Jawaban Kelas 9 Halaman 145

 

Jawablah pertanyaan di bawan ini dengan benar!

1. Apa yang dimaksud dengan harmoni dalam keberagaman sosial budaya?

Jawaban :

Harmoni dalam keberagaman sosial budaya adalah adanya hubungan yang selaras dan serasi antar anggota masyarakat yang memiliki perbedaan budaya sehingga tercipta kesatuan dan persatuan.

2. Jelaskan permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi!

Jawaban :

Keberagaman usaha ekonomi bisa menimbulkan beberapa masalah seperti:

  • Persaingan tidak sehat
  • Sulitnya bersaing bagi perusahaan kecil
  • Meningkatnya kesenjangan sosial dan ekonomi

3. Bagaimana dampak positif dan dampak negatif dari sistem teknologi saat ini?

Jawaban :

Dampak positif dari sistem teknologi saat ini adalah:  

  1. Pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.
  2. Banyak ilmu pengetahuan yang dapat diserap dari manapun.
  3. Menghilangkan batas jarak untuk berkomunikasi.
  4. Hidup manusia menjadi lebih mudah.
  5. Pertukaran informasi menjadi lebih singkat dan mudah.

4. Jelaskan upaya yang harus dilakukan supaya sistem teknologi bermanfaat bagi masyarakat!

Jawaban :

Upaya yang harus dilakukan supaya sistem teknologi bermanfaat bagi masyarakat adalah:

  • Mengembangkannya dengan membuat sistem yang dapat diakses masyarakat secara umum.
  • Merawat bila di lingkungan masyarakat terdapat sistem teknologi agar tidak mengalami kerusakan.
  • Melakukan seminar tentang bagaiamana cara memafaatkan teknologi dengan baik dan benar.

5. Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya!

Jawaban :

Akibat yang di timbulkan dari keberagaman sosial budaya yaitu ada 2 dampak :

  1. dampak positifnya yaitu terbentuknya masyarakat yang penuh toleransi, kekayaan kearifan lokal yang luar biasa, dan menjadi daya tarik bagi orang luar
  2. dampak negatifnya yaitu masyarakat menjadi apatis akan kebudayaan yang ada, muncul kelompok radikal yang tidak sepaham dengan keberagaman dan timbulnya rasisme atau dibedakan berdasarkan golongan tertentu

6. Bangsa Indonesia sejak dahulu dikenal dengan bangsa agraris. Namun, untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri terpaksa harus mengimpor dari negara lain. Mengapa hal itu terjadi? Apa yang seharusnya dilakukan bangsa Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pangannya?

Jawaban :

Bangsa Indonesia sejak dulu dikenal sebagai bangsa agraris namun untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri terpaksa harus mengimpor dari negara lain.  Hal ini terjadi karena beras masih menjadi bahan makanan pokok utama bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, berkurangnya lahan pertanian, jumlah masyarakat Indonesia yang semakin bertambah setiap tahunnya dan faktor cuaca. Hal-hal yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan antara lain meningkatkan kualitas budidaya pertanian dengan teknik yang lebih maju, pemenuhan kebutuhan produksi pertanian, pasar untuk mendistribusikan hasil pertanian, perluasan lahan pertanian, penyelesaian konflik yang berkaitan dengan lahan pertanian, pembatasan atau penghentian penanaman tanaman perkebunan.

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PPKN Uji Kompetensi 1 Halaman 23 Semester 1

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 7 PKN Uji Kompetensi Bab 2 Halaman 68 Semester 1

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 7 PPKN Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 32 Semester 1

 

 

Kunci Jawaban Kelas 9 Halaman 146

 

7. Apa yang dimaksud dengan gender, kesetaraan gender, dan ketidakadilan gender?

Jawaban :

Gender adalah serangkaian karakteristik yang terikat kepada dan membedakan maskulinitasdan femininitas. Karakeristik tersebut dapat mencakup jenis kelamin (laki-laki, perempuan, atau interseks), hal yang ditentukan berdasarkan jenis kelamin (struktur sosialsepeti peran gender), atau identitas gender.Orang-orang yang tidak mengidentifikasi dirinya sebagai pria atau wanita umumnya dikelompokkan ke dalam masyarakat nonbiner atau genderqueer. 

Kesetaraan gender, dikenal juga sebagai keadilan gender, adalah pandangan bahwa semua orang harus menerima perlakuan yang setara dan tidak didiskriminasi berdasarkan identitas gender mereka.[1] Ini adalah salah satu tujuan dari Deklarasi Universal Hak asasi Manusia, PBB yang berusaha untuk menciptakan kesetaraan dalam bidang sosial dan hukum, seperti dalam aktivitas demokrasi dan memastikan akses pekerjaan yang setara dan upah yang sama.

Dalam prakteknya, tujuan dari kesetaraan gender adalah agar tiap orang memperoleh perlakuan yang sama dan adil dalam masyarakat, tidak hanya dalam bidang politik, di tempat kerja, atau bidang yang terkait dengan kebijakan tertentu. 

Ketidakadilan gender merupakan bentuk perbedaan perlakuan berdasarkan alasan gender, seperti pembetasan peran, penyingkiran atau pilih kasih yang mengakibatkan pelanggaran atas pengakuan hak asasi, persamaan hak antara laki-laki dan perempuan maupun hak dasar dalam bidang sosial, politik, ekonomi, budaya, dan lain-lain .

8. Jelaskan faktor penyebab terjadinya permasalahan gender!

Jawaban :

Faktor penyebab terjadinya permasalahan gender, adanya tindakan dimana lelaki merasa bahwa dirinya lebih tinggi kedudukannya dari pada wanita. sehingga wanita dianggap lemah.

Munculnya anggapan bahwa wanita dianggap kaum marginilisasi atau kaum piinggiran. Dimana tugas wanita hanya seputar dapur danmelayani suma sebagai kaum lelaki saja. Pada zaman dahulu wanita hanya berpendidikan rendah.

Faktor kelemahan wanita yakni dimana wanita lemah secara fisik sehinga sangat rentan timbulnya tindakan kekerasan terhadap kaum wanita. Bentuk kekerasan pada wanita bermacam – macam secara fisik dan non fisik berupa godaan dari lelaki.

Ketidakadilan antara wanita dan lelaki. Dimana seorang lelaki hanya melakukan pekerjaan saja sedangkan wanita melkaukan semua tugas dirumah termasuk mengurus suami dan segala keperluannya.  Apalagi masyarakat yang masih mneganut adat dengan membedakan antara kaum lelaki dan perempuan dimana kaum lelaki hanya memiliki tugas sebagai pencari nafkah saja dan selain itu tugas akan dibebankan kepada istri dan adanya larangan membantu seorang istri.

9. Upaya apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya?

Jawaban :

Upaya yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya, yaitu:

1. Mengembangkan industri kecil di pedesaan

2. Meningkatkan mobilitas tenaga kerja serta mobilitas modal

3. Menanamkan nilai moralitas

10. Mengapa dalam masyarakat yang memiliki keberagaman diperlukan harmoni?

Jawaban :

Masyarakat yang memiliki keberagaman diperlukan adanya harmoni karena kita hidup di wilayah yang memiliki keanekaragaman baik dari segi budaya, agama, ras, suku, dll. Agar tidak terjadi konflik konflik yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga kita dapat hidup berdampingan walaupun ada perbedaan. Serta,

Masyarakat yang memiliki keberagaman diperlukan adanya harmoni karena dengan itu dapat menciptakan suatu kedamaian dan ketentraman dalam hidup. Oleh karena itu kita harus menjaga keberagaman itu serta menumbuhkan sikap toleran antar sesama.

Dengan adanya harmoni dalam keberagaman akan muncul sikap saling menghargai dan menghormati hak hak orang lain dan setiap perbedaan yang ada.

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PKN Uji Kompetensi 5 Halaman 125 Semester 2

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PKN Uji Kompetensi 3 Halaman 73 Semester 1

 

BACA JUGA : BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 8 PKN Uji Kompetensi 2 Halaman 48 Semester 1

 

 

Kesimpulan

 

Demikian Kunci Jawaban buku paket siswa SMP/MTS PKN kelas 9 semester 2 halaman 145 146. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket. 

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi Frequently Asked Questions dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban PKN kelas 9 semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

 

 

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 9
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 145
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 146
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 9 kurikulum 2013
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 9 semester 2
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 9 terbaru
  • Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 9
  • Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 9 buku ppkn
  • Kunci Jawaban Buku Paket SMP/MTS
  • Kunci Jawaban Buku Paket semester 2
  • Kunci Jawaban Buku Paket lengkap
  • Kunci Jawaban Buku Paket terbaru
  • Kunci Jawaban Uji kompetensi bab 5
  • Kelas 9 BAB 5 Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia
Advertisement
Azirah Ristin

Recent Posts

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia Tugas 1 Halaman 111 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia Tugas 1 Halaman 111 Semester 1 kurikulum…

4 jam ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 172 173 Semester 2

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 172 173 Semester 2 kurikulum…

2 hari ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 130 131 132 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 130 131 132 Semester 1…

2 hari ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 153 154 155 156 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 153 154 155 156 Semester…

2 hari ago
Advertisement