Advertisement
BAB 3 Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 12 PKN Uji Kompetensi Bab 3 Halaman 92 Semester 2

Advertisement
Published by
Azirah Ristin
Advertisement

Kunci Jawaban Kelas 12 PKN Uji kompetensi bab 3 Halaman 92 Semester 2 – pada kunci jawaban ini bersumber dari buku siswa pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (pkn) edisi revisi 2018. untuk artikel ini kita akan dibawa pada materi BAB 3 Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

 

Kunci Jawaban PKN kelas 12 sma/smk semester 2 halaman 92 ini terdiri dari soal tabel mengenai Uji kompetensi bab 3 yang terdapat pada buku siswa kurikulum 2013. artikel ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal soal yang terdapat didalam buku siswa, diharapkan dengan adanya kunci jawaban ini dapat meningkatkan kekampuan dan minat belajar siswa. 

Di dalam pembahasan PKN Kelas XII semester 2 ini terdapat berbagai macam soal yang harus dikerjakan siswa dirumah maupun disekolah. nah, untuk siswa yang belum menemukan kunci jawaban tersebut bisa langsung mengujungi jawabanbukupaket.com untuk mendapatkan kunci jawaban alternatif pada halaman 92 ini.

 

Kunci Jawaban Kelas 12 Halaman 92

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat!

1. Jelaskan pengaruh negatif kemajuan iptek yang paling berbahaya bagi bangsa Indonesia!

Jawaban :

Pengaruh iptek yang paling berbahaya bagi bangsa Indonesia adalah arus deras informasi yang tidak terkendali dengan baik dan tidak sesuai dengan kultur bangsa Indonesia.

Hal ini dapat berakibat pada semakin rendahnya minat bangsa Indonesia untuk mengenali jati dirinya serta Pancasila. Pada akhirnya, hal ini berdampak pada tergerusnya Pancasila dan mendominasinya ideologi asing.

2. Bagaimana perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara?

Jawaban :

Perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara antara lain adalah penerapan teknologi informasi (TI) dalam penyelenggaraan pemerintahan. Misalnya adalah: 

1.    Tes Calon Pegawai Negeri Sipil dengan komputer,

2.    Pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) melalui internet (e-filling) dan

3.    Pengurusan tilang secara online

4.    Pelaporan kondisi jalan rusak melalui aplikasi

5.    Keterbukaan penyelenggaraan pemerintahan dengan adanya situs lembaga negara.

3. Pada saat ini, hampir semua orang sudah memanfaakan jaringan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya untuk berbagai kepentingan. Akan ada pula orang yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan kejahatan. Tidak jarang saat ini, sering terdengar kasus penipuan, penculikan dan sebagainya yang berawal dari interaksi di media sosial. Berkaitan dengan uraian tersebut analisislah penyebab dan solusi untuk mengatasi persoalan itu.

Jawaban :

Perkembangan teknologi internet berupa media sosial yang berperan penting sebagai media interaksi sosial jarak jauh, media sosial secara umum digunakan untuk mempermudah interaksi dengan orang jarak jauh melalui chat maupun interaksi di status sosial dan cara lainnya. Pentingnya media sosial tersebut tidak selalu digunakan untuk hal-hal seharusnya sebagai fungsi media sosial, dari hal tersebut menyebabkan banyak penyimpangan seperti penipuan, penculikan serta penganiayaan dan hal lainnya. Maka berikut analisis penyebabnya dan solusinya:

  • Analisis penyebab penyimpangan

Penipuan, pembunuhan dan penculikan bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti penipuan disertai berita hal-hal bohong untuk tujuan mendapatkan uang maupun tujuan tertentu, pembunuhan bisa disebabkan oleh kebencian melalui interaksi media sosial maupun dari pribadi yang menyimpang pelaku dan untuk penculikan disebabkan oleh beberapa hal seperti penipuan dari media sosial untuk tujuan mencuri, dendam pribadi. Penyebab semua tersebut secara umum dikarenakan tidak digunakan fungsi media sosial secara bijak dan baik.

  • Solusi

Gunakan media sosial dengan bijak dan baik agar tidak terjadi penyimpangan melalui interaksi jarak jauh dengan media sosial.

Waspada terhadap berita-berita yang menarik dengan mengecek faktanya terlebih dahulu sehingga meminimalisisr terjadinya penipuan.

Kurangi dan gunakan media sosial secukupnya, hal ini dikarenakan media sosial bisa membuat orang semakin malas karena hiburan dan informasi baik maupun yang menipu mudah didapat.

 

BACA JUGA : Kunci Jawaban Kelas 11 PKN Uji Kompetensi Bab 6 Halaman 204 Semester 2

 

BACA JUGA : Kunci Jawaban Kelas 11 PKN Uji Kompetensi Bab 4 Halaman 143 Semester 2

 

BACA JUGA : Kunci Jawaban Kelas 11 PKN Uji Kompetensi Bab 5 Halaman 172 Semester 2

 

4. Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek?

Jawaban :

Perwujudan Sikap Tanggung Jawab dalam Pengembangan IPTEK :

1. Memperhatikan Etika Pengembangan IPTEK

IPTEK itu penting, tetapi pengembangannya harus memperhatikan etika. Sikap ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK. Tujuannya adalah agar IPTEK tidak menabrak nilai-nilai moral yang berlaku dalam masyarakat. Pengembangan dan pemanfaatan IPTEK harus memperhatikan etika sosial kemanusiaan atau etika moral.

2. Memperhatikan Aspek Pelestarian Lingkungan

Salah satu bentuk sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK adalah memperhatikan segala aspek yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan dalam proses pengembangan IPTEK. IPTEK yang sedang dikembangkan jangan sampai menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan hidup, pencemaran yang berakibat kerusakan ekosistem.

3. Memperhatikan Nilai Guna IPTEK

Sikap bertanggung jawab dalam pengembangan IPTEK bisa ditunjukkan dengan memperhatikan kegunaan IPTEK terhadap kemaslahatan masyarakat untuk kepentingan bersama. Dengan kata lain, pengembangan IPTEK harus terarah pada peningkatan kesejahteraan rakyat. Secara umum, ciri-ciri IPTEK yang memiliki nilai guna antara lain:

• Bisa meringankan masalah manusia

• Bisa menjadikan sesuatu lebih efektif dan efisien

• Dapat meningkatkan kesejahteraan manusia

• Dapat membantu manusia mencapai kemakmuran

• Dapat menciptakan rasa aman bagi manusia

4. Meminimalisir Dampak Negatif IPTEK

Sikap penting lainnya yang harus diperhatikan dalam proses pengembangan IPTEK adalah dampak negatif dari IPTEK itu sendiri. Para pengembang sebisa mungkin harus meminimalisir, bahkan kalau bisa menghilangkan segala dampak negatif yang mengiringi pengembangan IPTEK. Sikap ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dalam proses pengembangan IPTEK.

5. Memperhatikan Nilai-Nilai Budaya

IPTEK adalah produk budaya manusia, maka sudah seharusnya pengembangan IPTEK juga harus memperhatikan nilai-nilai budaya. Dengan kata lain, terjadi hubungan timbal balik, nilai-nilai budaya mempengaruhi IPTEK dan IPTEK mempengaruhi nilai-nilai budaya. Maka, sudah seharusnya proses pengembangan IPTEK jangan sampai melanggar nilai-nilai budaya.

6. Memperhatikan Nilai-Nilai Agama

Salah satu sikap yang juga harus diperhatikan dalam proses pengembangan IPTEK adalah memperhatikan nilai-nilai agama. IPTEK memang penting bagi pembangunan untuk menuju pada tingkat kesejahteraan umat manusia, tetapi tanpa memperhatikan nilai-nilai agama, akan muncul suatu pemujaan terhadap IPTEK. Selain itu, pengembangan IPTEK yang tidak memperhatikan agama ditakutkan akan menabrak nilai-nilai suci yang diajarkan oleh agama.

5. Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapi persoalan yang memerlukan kewaspadaan agar dirimu dan orang lain selaras. Perhatikan situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Apa yang akan Anda lakukan apabila terjadi tawuran? Kemukakan pula perasaan Anda sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampung Anda.

Jawaban :

Sebagai masyarakat Indonesia pastinya mengenal akan hukum dan mengenal adanya lembaga hukum. Jika kejadian tawuran itu sudah sering terjadi di sekolah maupun di masyarakat,sebaiknya menghubungi kejadian kepada Polisi setempat untuk mencegah kejadian seperti itu terjadi. 

 

BACA JUGA : Kunci Jawaban Kelas 11 PKN Uji Kompetensi Bab 3 Halaman 117 Semester 1

 

BACA JUGA : Kunci Jawaban Kelas 11 PKN Uji Kompetensi Bab 2 Halaman 75 Semester 1

 

BACA JUGA : Kunci Jawaban Kelas 11 PKN Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 35 Semester 1

 

 

Kesimpulan

Demikian Kunci Jawaban buku paket siswa SMA/SMK PKN kelas 12 semester 2 halaman 92. semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sudah mampir di jawaban buku paket. 

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa Kunci Jawaban PKN kelas 12 semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

 

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Kunci Jawaban Buku Paket Kelas 12
  • Kunci Jawaban Buku Paket halaman 92
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 12 kurikulum 2013
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 12 semester 2
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 12 terbaru
  • Kunci Jawaban Buku Paket Buku Siswa Kelas 12
  • Kunci Jawaban Buku Paket buku siswa
  • Kunci Jawaban Buku Paket kelas 12 buku pkn
  • Kunci Jawaban Buku Paket SMA/SMK
  • Kunci Jawaban Buku Paket semester 2
  • Kunci Jawaban Buku Paket lengkap
  • Kunci Jawaban Buku Paket terbaru
  • Kunci Jawaban Uji kompetensi bab 3
  • Kelas 12 BAB 3 Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Advertisement
Azirah Ristin

Recent Posts

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia Tugas 1 Halaman 111 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 10 Bahasa Indonesia Tugas 1 Halaman 111 Semester 1 kurikulum…

4 jam ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 172 173 Semester 2

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 172 173 Semester 2 kurikulum…

2 hari ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 130 131 132 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 130 131 132 Semester 1…

2 hari ago

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 153 154 155 156 Semester 1

BOCORAN !!! Kunci Jawaban Kelas 9 PAI Ayo Berlatih Halaman 153 154 155 156 Semester…

2 hari ago
Advertisement